Universitas Terbaik di Kalimantan dengan Reputasi dan Akreditasi Unggul

Universitas Terbaik di Kalimantan dengan Reputasi dan Akreditasi Unggul

Posted on

Whandi.Net ~ Bingung mencari kampus di Provinsi Kalimantan? Banyak universitas terbaik di Kalimantan yang bisa menjadi salah satu alternatif pendidikan masa kini. Memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan memang tak bisa sembarangan. Demi masa depan yang cerah harus benar-benar mantap dengan pilihan perguruan tinggi. Menentukan perguruan tinggi yang sesuai dengan diri masing-masing memang butuh waktu dan proses yang sangat panjang.

Sebelum masuk kampus, perlu mengetahui adanya track record sebuah universitas. Hal ini untuk mengantisipasi diri dalam mencari cadangan kampus. Terlebih bagi yang memiliki nilai dibawah rata-rata penting sekali mengetahui informasi lengkap sebelum masuk kampus.

Universitas Terbaik di Kalimantan

Provinsi Kalimantan yang merupakan calon ibukota Indonesia merupakan kawasan yang memiliki fasilitas pendidikan yang bagus. Tidak kalah dengan provinsi lainnya. Misalnya saja dengan Jogja yang merupakan kota pelajar. Kampus yang ada di Kalimantan mampu bersaing dengan kampus lainnya di seluruh Indonesia. Sarana dan prasarana yang unggul juga turut melengkapinya. Disana terdapat kampus negeri dan swasta. Calon mahasiswa akan lebih leluasa ketika memilih perguruan tinggi yang dikehendaki.

Kebanyakan orang-orang menganggap bahwa universitas negeri lebih favorit jika dibandingkan dengan swasta. Namun, tidak sedikit universitas swasta lebih unggul dari PTN. Semua kampus itu sama saja, tinggal bagaimana seseorang menjalani masa hidup menjadi mahasiswa.

Bagi yang tidak atau belum bisa masuk kuliah jangan berkecil hati. Masih akan ada jalan yang menghampiri diri anda. Ketika memilih perguruan tinggi harus benar-benar yakin. Sebab salah jurusan bisa berakibat fatal saat ditengah jalan.

Terdapat banyak sekali universitas terbaik di Kalimantan yang memiliki kualitas juara. Mampu menjadi wadah dalam menggapai sebuah cita-cita. Banyak mahasiswa negeri jika dibandingkan dengan kota lain.

Secara umum memang boleh dilakukan. Namun, ketika di forum besar seperti tadi, ucapan harus lebih lembut dari biasanya. Harapannya juga sangat luar biasa. Universitas terbaik di Kalimantan akan membuat anda benar-benar menuju ke Kalimantan.

Tiap provinsi Kalimantan pasti memiliki perguruan tinggi. Walaupun begitu, tetap membutuhkan informasi terkait perguruan tinggi. Merupakan provinsi besar dengan jumlah perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Yang pertama akan menjadi ikon sebagian kampus di Kalimantan adalah Universitas Tanjungpura. Merupakan pilihan yang tepat menjadikan Pers sebagai ketua suhu. Universitas ini berdiri pada 20 Mei 1959.

Kampus ini terletak di wilayah Kalimantan Barat. Terkenal sebagai salah satu kampus terbaik karena memiliki visi menjadi preservasi dan pusat informasi ilmiah. Keberadaannya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang ahli dalam teknologi. Mahasiswa lulusan kampus ini diharapkan mampu bersaing dengan daerah luar baik nasional maupun internasional.

Dulu kampus ini hanya terdiri dari dua fakultas yaitu Hukum dan Tata Niaga. Beriringan dengan waktu dan semakin majunya zaman, kini sudah menjadi sembilan fakultas.

Sebagai salah satu universitas terbaik di Kalimantan, banyak yang menyebutnya dengan UNTAN. Banyak orang yang mengenal kampus ini karena terdapat Tugu Digulis yang ada di bagian muka kampus. Tugu ini dikenal dengan Bundaran UNTAN.

Universitas Tanjungpura kini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019. UNTAN menempati posisi ke 56 kampus nasional.

UNTAN juga termasuk universitas yang bekerjasama dengan pusat tes kemampuan bahasa tingkat Internasional. Hal ini membuktikan bahwa kampus ini sangat berkualitas karena sudah bisa merangkul Pearson Test of English Academic (PTE-A).

Universitas Tanjungpura memiliki empat program pendidikan yaitu program diploma, sarjana, profesi, dan doktor. Terdapat 63 program studi yang ada di kampus ini.

Biaya Kuliah UNTAN

Sejak tahun 2013/2014 kampus ini sudah menerapkan biaya kuliah berdasarkan formula uang kuliah tunggal (UKT). Sebelum adanya sistem UKT, biaya yang harus ditanggung oleh mahasiswa terdiri dari SPP dan Dana Partisipasi. Dengan adanya sistem UKT, maka mahasiswa tidak perlu lagi membayar Dana Partisipasi.

Besaran UKT diberlakukan sesuai dengan penghasilan orang tua. Tentu saja diperlukan lampiran yang mendukung atau dokumen pendukung. Merupakan universitas terbaik di Kalimantan yang memiliki UKT paling kecil kelompok I sejumlah Rp 500.000. Untuk UKT kelompok II s.d IV tergantung dengan program studi masing-masing. UKT terbesar ada di fakultas kedokteran yaitu Rp 10.000.000 per semester,

Untuk biaya kuliah jalur mandiri UNTAN dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas pagi dan kelas sore/malam. Perbedaan biaya terletak pada UKT dan SPI. Kelas pagi UKT ditentukan oleh penghasilan orang tua atau pihak yang membiayai. Sedangkan UKT kelas sore/malam sudah ditetapkan oleh pihak kampus.

Beasiswa UNTAN

Mendapatkan beasiswa adalah impian sebagian mahasiswa. Merupakan salah satu cara mengapresiasi prestasi yang dimiliki oleh mahasiswa. Dengan adanya beasiswa, bisa membantu meringankan beban ekonomi.

Baca juga :  pengertian, unsur dan prinsip-prinsip seni rupa

Universitas Tanjungpura menyediakan berbagai beasiswa yang bisa diperoleh bagi mahasiswa. Ada beasiswa bidikmisi yang diturunkan oleh pemerintah. Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa ini berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi yang unggul.

Ada juga bantuan belajar mahasiswa. Biasanya mahasiswa akan menerima bantuan biaya kuliah sebesar Rp 350.000 per bulan. Beasiswa diberikan pada kurun waktu 1 tahun atau 2 semester. Jika masa berlakunya sudah habis, maka mahasiswa bisa mengajukan kembali dengan ketentuan yang berlaku.

Universitas Lambung Mangkurat

Selain menjadi salah satu universitas terbaik di Kalimantan, kampus ini juga merupakan universitas tertua. Lambung Mangkurat memiliki motto “A Leading and Competitive University”. Universitas ini berada di posisi ke-51 perguruan tinggi se-Indonesia.

Berdiri pada 21 September 1958 dan diresmikan pada 1 November 1960. Lokasi kampus ini berpindah-pindah, namun kampus utama kini ada di Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat bisa dibilang sebagai kampus yang populer di Kalimantan Selatan.

Jika Semarang ada Undip, maka di Banjarmasin ada Unlam. Sebutan ini ada sejak tahun 2016. Nama kampus ini diambil dari nama Lambung Mangkurat yang merupakan seorang patih dari Kerajaan Negara Dipa. Kerajaan ini tidak terpisahkan dari sejarah Kerajaan Banjar di Kalimantan Selatan.

Universitas Lambung Mangkurat pantas disebut sebagai universitas terbaik di Kalimantan. Sebab telah mendapatkan penganugerahan dalam keterbukaan Informasi Badan dan Publik sebagai peringkat 8. Penganugerahan dalam kategori Perguruan Tinggi Negeri dari Komisi Informasi Pusat pada 15 Desember 2015.

Biaya Kuliah Lambung Mangkurat

Kuliah di Universitas Lambung Mangkurat tak perlu khawatir soal biaya. Karena sudah menerapkan sistem UKT sejak tahun akademik 2013. Biaya kuliah dengan menggunakan sistem UKT mengacu pada penghasilan orang tua atau pihak yang membiayai.

Universitas Lambung Mangkurat juga memberlakukan sistem keringanan UKT. Berlaku bagi mahasiswa jenjang S1 dan jenjang D3 pada kategori 3, 4, dan 5. Permohonan keringanan bisa diajukan melalui tim Verifikasi UKT masing-masing unit kerja/fakultas. Apabila permohonan yang diajukan memenuhi syarat, selanjutnya akan diajukan kepada rektor untuk mendapatkan persetujuan.

Sedangkan untuk mahasiswa yang masuk ke Universitas Lambung Mangkurat dengan jalur mandiri, tidak dikenakan biaya di luar UKT. Maksudnya, tidak ada tarikan biaya untuk uang gedung atau sumbangan pendidikan.

Universitas Mulawarman

Selanjutnya ada universitas terbaik di Kalimantan yang tak kalah menariknya, yaitu Universitas Mulawarman. Sudah berumur lebih dari setengah abad. Awal berdirinya kampus ini hanya terdiri dari empat fakultas. Kini sudah memiliki 15 fakultas.

Berdiri pada 27 September 1962, namun baru disahkan pada 12 April 1963 oleh Presiden Soekarno. Dulu nama kampus ini adalah Universitas Kalimantan Timur. Kini sudah berubah menjadi Universitas Mulawarman dan mendapatkan akreditasi A.

Universitas Mulawarman tidak hanya terkenal di Provinsi Kalimantan saja. Banyak mahasiswa dari luar pulau yang berbondong-bondong ke Kalimantan untuk menuntut ilmu. Secara nasional kampus ini menempati urutan ke-98. Kini kampus utamanya terletak di Gunung Kedua, sedangkan kampus lainnya ada di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris, dan Jalan Flores.

Biaya Kuliah Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman sudah menerapkan sistem pembayaran kuliah dengan UKT. Mengacu pada pendapatan penghasilan orang tua atau yang membiayai. UKT di kampus ini diklasifikasikan menjadi 6 kelompok dengan jurusan Pendidikan Dokter Umum dan Farmasi yang menempati urutan tertinggi.

UKT I mulai dari Rp 500.000, sedangkan kategori berikutnya lebih mahal. Sedangkan untuk jalur mandiri, Universitas Mulawarman menetapkan minimal pada kelompok IV. Berlaku bagi program S1, namun untuk DIII seperti Pertambangan dan Farmasi besaran UKT berdasarkan kondisi ekonomi keluarga.

Universitas Borneo Tarakan

Merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Termasuk dalam salah satu universitas terbaik di Kalimantan. Didirikan pertama kali oleh Yayasan Pinekindi pada tanggal 9 Oktober 1999. Telah diresmikan pada tanggal 30 Maret 2000. Diangkat menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2010.

Universitas Borneo memiliki 6 fakultas dan 14 program studi. Kampus ini bisa dibilang menjadi kampus termuda di Indonesia. Menempati peringkat 130 nasional dan peringkat 8.645 internasional.

Walaupun masih terbilang kampus muda tidak menutup kemungkinan kampus ini memiliki banyak fasilitas yang memadai. Aa perpustakaan pusat, gedung rusunawa, akses internet, laboratorium, dan masih banyak lagi. Kampus ini membuka program D3 hingga S2. Ada 20 jurusan yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat.

Beasiswa Universitas Borneo Tarakan

Di Universitas Borneo terdapat berbagai beasiswa. Ada bantuan beasiswa bagi warga lokal dan ada beasiswa bidikmisi dari pemerintah. Bidikmisi diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi namun kebutuhan ekonominya terbatas.

Beasiswa dari pemerintah Kota Tarakan sendiri ada dua jenis yaitu bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu. Masing-masing program pendidikan besaran beasiswa yang diberikan berbeda-beda sesuai kebutuhan mereka.

Ada juga Djarum Beasiswa Plus yang merupakan pemberian biaya insentif yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Mahasiswa yang menerima beasiswa ini harus memiliki sebuah prestasi. Mereka juga akan dibekali soft skill berupa nation building, character building, dan lain sebagainya.

Baca juga :  MaBa Harus Tahu, Apakah Bersosialisasi di Kampus Lebih Susah dari SMA?

Biaya Kuliah

Universitas Borneo sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang dibagi menjadi 5 kelompok. Hal ini mengacu pada penghasilan orang tua mahasiswa atau siapapun yang membiayai kuliah. Paling rendah berada di kelompok I dengan besaran Rp 500.000. UKT tertinggi pada jurusan D3 Kebidanan dan D3 Keperawatan.

Besaran UKT bisa ditentukan melalui dokumen yang diserahkan pada saat pendaftaran. Nanti akan diseleksi oleh panitia dan akan segera ditentukan berapa besaran UKT yang harus dibayarkan.

Untuk biaya kuliah jalur mandiri tidak mengenakan uang pangkal bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur mandiri. Biaya kuliah jalur mandiri tetap menggunakan sistem UKT berbasis penghasilan orangtua. Sama seperti kuliah umum UKT dibayarkan per semester.

Politeknik Negeri Pontianak

Merupakan perguruan tinggi yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Politeknik Negeri Pontianak adalah sistem pendidikan tinggi yang menekankan pada penguasaan dan pengembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi era industrialisasi.

Politeknik Negeri Pontianak merupakan salah satu universitas terbaik di Kalimantan. Awal berdirinya kampus ini hanya tersedia 2 jurusan yaitu teknik sipil dan teknik mesin.

Sarana dan prasarana yang ada di kampus ini sangat memadai. Tersedia laboratorium yang bisa digunakan untuk praktik. Karena terdapat jurusan yang memerlukan sebuah bengkel, maka Politeknik Negeri Pontianak menyediakan bengkel lengkap dengan fasilitas modern di dalamnya.

Selain di Pontianak kampus ini memiliki tiga lokasi kampus lainnya berupa Program Studi di Luar Domisili (PDD). Kampus di Kota Singkawang dibuka pada tahun 2012. Setelah itu bertahap secara berangsur-angsur mulai mendirikan banyak kampus di sekitar Pontianak.

Terdapat 8 jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa di kampus ini. Pada tahun 2019 ada lebih dari 8000 mahasiswa yang mendaftar di Politeknik Negeri Pontianak. Dari 8 jurusan tersebut yang paling banyak diminati adalah jurusan akuntansi.

Politeknik Negeri Pontianak menempati urutan ke 137 perguruan tinggi se- Indonesia. Memiliki tenaga pengajar berjumlah lebih dari 238 orang. Terdiri dari dosen dan instruktur yang telah memperoleh pendidikan politeknik baik dalam maupun luar negeri.

Beasiswa Polnep

Sebagai salah satu universitas terbaik di Kalimantan, Politeknik Negeri Pontianak menyediakan program beasiswa bidikmisi. Diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Tak hanya itu, mereka juga harus memiliki prestasi yang unggul.

Biasanya akan mendapatkan insentif bulanan kurang lebih Rp 700.000. Biaya itu diluar biaya kuliah. Karena biaya kuliah akan ditanggung penuh oleh pemerintah. Selagi laporan hasil perkuliahan konsisten dan tetap menunjukkan prestasi yang unggul.

Biaya Kuliah Polnep

Politeknik Negeri Pontianak membebankan biaya kuliah kepada mahasiswa. Biaya tersebut dibayarkan sekali selama satu semester. Adapun biaya yang dibayarkan sekali dalam menempuh pendidikan di Politeknik negeri Pontianak adalah dana partisipasi, dana pengembangan prodi, buku pedeoman, dan lain-lain.

Kampus ini juga sudah menerapkan biaya kuliah sistem UKT. Tergantung dengan penghasilan orang tua atau penghasilan orang yang membiayai kuliah. UKT digolongkan menjadi V kategori. Untuk UKT tingkat I adalah biaya yang paling rendah biasanya hanya Rp 500.000.

Tips Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Kalimantan

Jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi khususnya kawasan Kalimantan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Untuk bisa masuk ke universitas terbaik di Kalimantan tentu harus memiliki beberapa kemampuan khusus. Entah itu akademik maupun non akademik.

Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Reputasi dan Akreditasi Prodi

Hal utama yang harus dilihat sebelum memilih kampus idaman adalah memperhatikan reputasi dan akreditasi prodi. Informasi tersebut bisa dicari melalui website masing-masing perguruan tinggi.

Kualitas Dosen Pengajar

Kampus yang baik adalah yang menyediakan tenaga pendidik yang profesional. Bisa dilihat pada web resmi perguruan tinggi jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait tenaga pendidik.

Mengetahui Passion Diri

Selain hal di atas perlu juga memperhatikan skill dan passion yang dimiliki. Akan lebih mudah melanjutkan kuliah sesuai dengan skill yang ada.

Melihat Prospek Kerja

Setelah lulus dari perguruan tinggi pasti akan bekerja. Nah, alangkah baiknya dalam memilih kampus harus melihat prospek kerja setelahnya. Jangan sampai sia-sia memilih jurusan yang tidak tepat. Agar nantinya bisa menjadi bekal masa depan.

Nah, jika berniat untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi di daerah Kalimantan sangat disarankan untuk menengok Universitas Tanjungpura. Dimana statusnya merupakan universitas terbaik di Kalimantan. Dapatkan pendidikan yang berkualitas untuk siapkan kehidupan di kemudian hari.