Tujuan Perguruan Tinggi untuk Pendidikan yang Lebih Baik

Tujuan Perguruan Tinggi untuk Pendidikan yang Lebih Baik

Posted on

Whandi.Net ~ Pada dasarnya setiap lembaga pendidikan memiliki alasan mengapa harus terbentuk dan berdiri. Tidak hanya berkaitan dengan peran dan tugasnya saja, akan tetapi memiliki harapan yang hendak dicapai. Salah satunya adalah tujuan perguruan tinggi yang ada kini. Dalam kehidupan kita setiap harinya, perguruan tinggi memang bukan hal yang asing lagi. Pasalnya, hampir sebagian generasi muda memilih perguruan tinggi sebagai jenjang pendidikan yang lebih baik.

Bahkan, terbesit sebuah harapan, dengan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, maka dapat mempersiapkan masa depan yang jauh lebih baik lagi. Perguruan tinggi dan pendidikan tinggi, merupakan satu rangkaian yang tidak dapat kita pisahkan.

Dengan kata lain, bila kita ingin mendapatkan dan memperoleh pendidikan yang tinggi, maka perguruan tinggi adalah salah satu pilihannya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan yang tinggi.

Yang mana, peserta didik yang belajar di dalamnya kita kenal sebagai mahasiswa. Sedangkan untuk tenaga pendidikannya sendiri kita sebut sebagai dosen.

Dari aspek penting yang satu ini, kita dapat melihat perbedaan bahwa perguruan tinggi dengan lembaga pendidikan lainnya tidaklah sama. Dengan begitu, kita juga dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa tujuan yang akan perguruan tinggi pun juga berbeda.

Selain itu, dampak dan pengaruhnya pun juga akan lebih besar. Baik itu dalam lingkup masyarakat, berbangsa, maupun bernegara.

Tujuan Perguruan Tinggi dan Sistem Pendidikan Indonesia

Sistem pendidikan kita sudah tersusun dengan sistematis dalam undang-undang. Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional ini tertuang pada nomor 20 Tahun 2003. Isi dari undang-undang tersebut yakni tentang sistem pendidikan nasional kita yang dapat menjadi lebih baik. Terutama bila kita bandingkan dengan sistem pendidikan sebelumnya.

Selain itu, undang-undang tersebut juga dapat kita jadikan pedoman. Sehingga kita dapat mempunyai suatu sistem pendidikan nasional yang lebih baik. Sistem pendidikan ini bisa memberikan jaminan akan terpenuhinya kebutuhan masyarakat dengan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Apalagi saat ini kita sudah sangat dekat dengan era digitalisasi.

Tentu saja hal tersebut sejatinya harus menjadi bentuk kekhawatiran bagi kita semua. Mengingat kualitas sumber daya manusia kita berada di bawah negara-negara lainnya. Bahkan termasuk juga negara-negara tetangga ASEAN. Maka dari itulah, kita membutuhkan sebuah platform berupa sistem pendidikan nasional yang mampu menciptakan sumber daya manusia.

SDM yang memiliki kemampuan untuk bersaing dalam dunia internasional, khususnya era digital saat ini. Inilah salah satu tujuan perguruan tinggi yang mampu menciptakan sumber daya manusia berkualitas.

Perguruan Tinggi dalam Undang-Undang

Bila kita berbicara mengenai lembaga maupun organisasi sekolah, terdapat sistem elemen pada sekolah tersebut yang saling berhubungan. Hubungan ini berkaitan dengan kegiatan bersama guna memberikan kemudahan mendapatkan informasi, materi maupun energi dalam sekolah tersebut.

Yang mana memiliki tujuan untuk mendapatkan satu kesamaan informasi. Bukan hanya itu saja, melainkan juga untuk mendapatkan keputusan bersama, pendapat, tujuan dan juga sasaran dalam membangun kehidupan sekolah.

Baik itu secara menyeluruh maupun secara utuh. Kita sangat berharap bahwa semua elemen tersebut mempunyai kesamaan mengenai keputusan, pendapat, tujuan, informasi, dan juga sasaran.

Terutama dalam melaksanakan sistem kehidupan sekolah pada kondisi yang utuh. Jika kita berbicara mengenai hal tersebut, maka perguruan tinggi akan masuk ke dalamnya.

Perguruan tinggi adalah bagian dari sekolah dan sistem pendidikan tersebut. Apalagi kita akan mendapatkan cakupan pendidikan yang lebih luas.

Dengan sistem pendidikan yang jauh lebih kompleks. Pasalnya, perguruan tinggi ini terbagi dalam dua jenis.

Pertama adalah perguruan tinggi negeri atau sering kita sebut sebagai PTN. Perguruan tinggi ini menyelenggarakan pendidikan karena campur tangan dari pihak pemerintah.

Sedangkan yang kedua yakni perguruan tinggi swasta atau sering kita singkat sebagai PTS. Perguruan tinggi ini menyelenggarakan pendidikan berdasarkan keterlibatan pihak-pihak swasta.

Mari kita tegaskan sekali lagi bahwa tujuan perguruan tinggi itu benar dan sangat nyata. Dengan kata lain, perguruan tinggi terbentuk bukan tanpa alasan dan tujuan begitu saja.

Hal tersebut terlihat sangat jelas pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, pada pasal 1 poin ke 2. Dalam undang-undang tersebut tertulis secara jelas bahwa perguruan tinggi memiliki tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi ini mencakup program sarjana, program diploma, program magister, program doktor, program profesor, hingga program spesialis. Tentu saja, program-program ini berdasarkan dengan kebudayaan bangsa Indonesia.

Tujuan Pendidikan Tinggi Secara Umum

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perguruan tinggi memiliki tujuan untuk menciptakan dan membentuk pendidikan yang tinggi. Sekarang timbul satu pertanyaan lagi, lalu apa sejatinya tujuan dari pendidikan tinggi itu sendiri?

Tak lepas pula dari ingatan kita bahwa pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Bila kita membahas mengenai peningkatan taraf kehidupan, maka pendidikan ini menjadi salah satunya.

Sudah selayaknya dan sepantasnya bila masyarakat kita mulai mengedepankan yang namanya pendidikan. Ini akan menjadi salah satu unsur yang ada dalam diri kita untuk mendapatkan pedoman hidup lebih terarah.

Sementara itu, pendidikan sendiri bisa kita lihat dari pengertiannya. Bahwa pendidikan adalah upaya dan usaha yang kita lakukan dengan sadar dan juga terencana.

Tentu saja dengan adanya tujuan untuk mewujudkan sebuah proses belajar mengajar. Sehingga setiap peserta didik dapat menjadi pribadi yang aktif dan juga berkembang.

Terutama dalam memajukan potensi yang ada dalam dirinya. Bukan hanya itu tujuan dari pendidikan tinggi saat ini.

Akan tetapi, juga membuat peserta didik untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan, pengendalian diri, akhlak yang mulai, dan juga keterampilan. Semua ini adalah kemampuan yang sangat masyarakat, bangsa, dan negara butuhkan dari peserta didik.

Yang khususnya adalah para mahasiswa. Tujuan perguruan tinggi dengan pendidikan tinggi adalah satu rangkaian yang tak terpisahkan.

Jika perguruan tinggi mampu memenuhi tujuannya, maka tujuan dari pendidikan tinggi ini pun juga akan menuai kesuksesannya. Maka dari itulah, kita harus dapat memberikan pemahaman yang lebih baik untuk keduanya.

Tujuan Pendidikan Tinggi Berdasarkan Undang-Undang

Perguruan tinggi adalah bentuk dari kelanjutan pendidikan menengah. Yang mana telah terselenggara demi mempersiapkan peserta didik atau mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat.

Pastinya dengan memiliki kemampuan akademis dan juga profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan juga menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, maupun kesenian. Bila ini dapat terwujud dengan sangat baik, maka tujuan pendidikan tinggi pun akan tercapai dengan baik pula.

Sementara itu, dalam Peraturan Perundang-undangan Nomor 30 Tahun 1990, pasal 1 Ayat 1 telah memberikan penjelasan yang sangat detail mengenai pendidikan tinggi. Bahwa pendidikan tinggi merupakan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi pula.

Apalagi jika kita bandingkan dengan pendidikan menengah jalur pendidikan sekolah. Tentu saja ini menjadi suatu hal yang sangat baik untuk mencapai tingkat kemajuan kehidupan berbangsa.

Inilah tujuan dari pendidikan tinggi yang tentunya wajib anda pahami dan anda ketahui dengan baik. Pertama adalah untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga profesional yang memiliki kemampuan dalam menerapkan, mengembangkan dan juga menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi serta kesenian. Sedangkan untuk tujuan yang kedua, pendidikan tinggi juga mengembangkan dan juga menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian tersebut.

Demi memberikan perubahan yang lebih baik, tujuan dari pendidikan tinggi ini pun juga turut mengoptimalkan penggunanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat maupun memperkaya kebudayaan tingkat nasional.

Apabila tujuan pendidikan tinggi ini dapat tercapai dengan baik, maka tujuan perguruan tinggi pun juga akan ikut terealisasi secara menyeluruh. Dengan begitu, perguruan tinggi dan pendidikan tinggi, menjadi komponen dalam kehidupan kita sangat memiliki peran penting.

Tujuan Menempuh Pendidikan di Perguruan Tinggi

Kita sudah memberikan bahasan yang sangat detail mengenai apa sebenarnya perguruan tinggi capai dalam peranannya bagi bangsa dan negara ini. Selain itu, kita juga telah berupaya untuk memahami tujuan dari pendidikan tinggi yang kita dapatkan dari perguruan tinggi.

Kini saatnya kita mencoba untuk menelaah tujuan sebenarnya dengan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tentu saja selain mendapatkan pendidikan yang tinggi.

Sejatinya, menempuh pendidikan di perguruan tinggi bukan sebuah perkara yang mudah bagi setiap orang. Akan tetapi, ini tidak menjadi halangan bagi kita untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Sebab, memutuskan untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi bukan tanpa alasan begitu saja. Terdapat beberapa hal yang menjadi latar belakangnya. Mau tahu apa sajakah tujuan tersebut? Berikut ini adalah penjabaran selengkapnya.

Memperoleh Pekerjaan yang Lebih Baik

Bagi kita seorang mahasiswa, tentu saja memiliki persepsi bahwa dengan menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi, maka akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Bahkan, pekerjaan yang sangat kita inginkan.

Meskipun pada dasarnya, pekerjaan tidak harus dan tidak selalu berjalan beriringan dengan ilmu apa yang kita pelajari selama menjadi mahasiswa. Akan tetapi, dengan mempunyai beberapa prestasi tentu saja akan menjadi lirikan dan incaran dari sejumlah perusahaan yang ada.

Dengan kata lain, pekerjaan tersebut akan datang dengan sendirinya. Tentu saja ini akan menjadi point plus yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.

Meningkatkan Sumber Daya Manusia atau SDM

Tujuan perguruan tinggi juga meningkatkan sumber daya manusia. Begitu pula dengan menempuh pendidikan perguruan tinggi, maka akan menjadi pribadi yang lebih berkualitas lagi.

Dengan masuk ke jenjang perkuliahan, maka akan secara otomatis memperoleh beberapa pengetahuan yang baru. Sehingga, pola pikir kita pun juga akan menjadi berkembang secara maksimal.

Perkembangan pola pikir tersebut akan memberikan akibat dari peningkatan kualitas dari sumber daya manusia itu sendiri. Terutama ketika mengatasi berbagai permasalahan yang sering kali muncul dan menghampiri.

Bisa kita bayangkan dengan semakin banyaknya mahasiswa yang memiliki kualitas diri yang baik, maka sumber daya manusia pun juga akan turut berkembang. Dengan demikian, kehidupan yang kita jalani saat ini juga akan lebih bermakna.

Memiliki Status Sosial yang Baik

Pendidikan dalam perguruan tinggi merupakan ajang bagi diri kita untuk mendapatkan status sosial maupun gelar pendidikan. Seperti yang kita tahu bahwa perguruan tinggi akan memberikan gelar kepada setiap lulusannya.

Bila kita hidup bermasyarakat dengan menyandang gelar sarjana, magister maupun doktor, tentu saja dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Akan tetapi, terdapat satu hal penting yang harus kita pahami bahwa tidak boleh ada kesombongan.

Kita tetap harus berperilaku dan bersikap rendah hati dan menjaga sikap dengan sebaik-baiknya. Satu hal yang kemudian juga menjadi bagian terpenting bahwa kita tidak boleh merasa menjadi yang lebih baik. Ini menandakan bahwa kualitas diri dengan status sosial harus berjalan seirama. Agar nantinya keduanya dapat saling melengkapi satu sama lain.

Memberikan Kesempatan Kepada Diri Sendiri untuk Menjadi Pribadi yang Bertanggungjawab

Tujuan perguruan tinggi salah satunya adalah melahirkan generasi yang bertanggungjawab. Kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi pun juga mengharapkan tujuan yang sama. Dalam sebuah perguruan tinggi untuk dapat menciptakan rasa tanggungjawab ini, maka akan menemukan yang namanya organisasi. Bagi sebagian mahasiswa, organisasi menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan luar kuliah sangat mereka perlukan.

Tidak hanya dapat melatih rasa tanggungjawab saja, akan tetapi juga membentuk karakter. Selain itu, juga menumbuhkan sikap positif ketika kita berada dalam lingkungan bermasyarakat.

Tidak hanya itu saja, bagi mahasiswa yang turut menjadi aktivis, bisa jadi justru mengesampingkan belajar di bawah kepentingan organisasi. Akan tetapi, efek negatifnya yakni prestasi perkuliahan yang akan semakin menurun karena tidak adanya prioritas. Satu hal yang menjadi penting, meskipun dengan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, dengan tujuan melatih rasa tanggungjawab dan pembentukan karakter, akan tetapi proses belajar pun tidak boleh dikesampingkan.

Menjalin Relasi yang Lebih Luas

Menempuh pendidikan dalam sebuah perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta, maka dapat mempertemukan kita dengan banyaknya teman. Tentu saja juga berasal dari ragam suku, ras, agama, budaya, dan bahasa yang tidak sama.

Keberagaman inilah yang kemudian menjadi sebuah hal indah untuk kita hargai. Perguruan tinggi dapat kita jadikan sebagai salah satu tempat yang sangat strategis.

Terutama dalam membangun sebuah hubungan maupun relasi. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga hubungan yang saling mengenal satu sama lain. Dengan demikian, jika suatu saat kita membutuhkan bantuan, maka seseorang akan datang untuk memberikan bantuan. Bahkan tidak akan ada masalah yang berarti dalam hidup kita.

Begitu pula ketika mencari berbagai macam pekerjaan yang layak. Dengan kata lain, menempuh pendidikan di perguruan tinggi akan menjadikan kita pribadi yang selalu dapat menjalin hubungan kerja sama. Tujuan perguruan tinggi pun sama yakni dapat memberikan rasa saling menolong dan bergotong-royong. Sehingga kita akan menjadi pribadi yang memiliki kepekaan terhadap sesamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *