rekomendasi tempat wisata di yogyakarta yang populer saat ini

rekomendasi tempat wisata di yogyakarta yang populer saat ini

Posted on

Whandi.Net ~ Memiliki luas keseluruhan 3.185,8 km², Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi terkecil nomor dua setelah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu julukan yang paling terdengar di telinga para wisatawan dari kota ini ialah Kota Pariwisata. Bagaimana tidak? Lantaran di Provinsi Yogyakarta ini terdapat berbagai jenis objek wisata, mulai dari wisata alam, bahari, kuliner, sejarah, ekowisata, budaya hingga religi. Daerah Istimewa Yogyakarta juga merupakan daerah tujuan wisata terbesar nomor dua setelah Bali. Bagi para pengunjung yang hendak menikmati indahnya Kota Pariwisata satu ini, berikut kami ulaskan beberapa tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi :

Rekomendasi 10 tempat wisata di yogyakarta yang populer saat ini

1. Tempat wisata Taman Pintar Jogja

Taman Pintar yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati Nomor 3, Yogyakarta ini merupakan salah satu destinasi wisata yang mengungsung tema wisata pendidikan bagi keluarga. Taman ini dibangun dengan luas sekitar 12.000 m². Di teman ini pengunjung disajikan dengan wahana belajar. Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan tempat rekreasi yang komplit bagi anak-anak, mulai dari usia prasekolah hingga tingkat sekolah menengah.
Salah satu wahana yang terkenal di tempat ini ialah Wahana Indonesiaku. Di sana, para pengunjung akan diperkenalkan oleh budaya Indonesia secara geografis. Wahana ini terbagi dari 3 bagian, yaitu Warisan Leluhur, Kekayaan Alam Indonesia, serta Teknologi Indonesia Modern. Akses untuk ke Taman Pintar tidaklah sukar. Bagi para wisatawan yang berangkat dari Bandara Adi Sucipto dapat menggunakan Bus Trans-Jogja trayek 3A atau 3B, apabila dari Terminal Giwangan, bisa menggunakan bus kota jalur 4 atau 10.

2. Jalan Malioboro

Tak afdol rasanya bila berkunjung ke Yogyakarta namun tak mampir ke salah satu kawasan legend satu ini. Jalan Malioboro dijadikan pusat pariwisata oleh Yogyakarta karena mempunyai banyak hal yang begitu menarik untuk dijelajahi.
Di Malioboro, terdapat pusat berbelanjaan yang di dalamnya terdapat banyak penjual yang menjual berbagai model batik dan kerajinan batik, lokasi persisnya berada di Pasar Beringharjo. Tak hanya bisa membeli batik saja, namun para pengunjung Malioboro juga bisa membatik bersama pengrajin local di sana. Selain dapat membeli dan mencuci mata dengan berbagai jenis batik, malioboro juga menyajikan kuliner khas Yogyakarta yang terletak di pinggiran jalan, salah satu contohnya ialah gudeg. Harga yang dipatok juga terjangkau.

Baca juga :  Wisata Rumah Radakng Rumah Adat Dayak Kalimantan Barat

3. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Tempat wisata ini terletak di Jl. Rorowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Di tempat wisata satu ini, para wisatawan akan disajikan dengan beberapa peninggalan sejarah kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.
Berbagai jenis benda-benda khas keraton dipajang bersama oleh abdi dalem yang masih mempertahankan budaya hingga saat ini. Keraton ini tidak hanya menjadi rumah raja beserta keluarganya, para pengunjung juga bisa menyaksikan pagelaran seni khas Jawa. Bangunan yang telah terbilang tua ini pun masih tetap terlihat indah meski sudah termakan usia.

4. Tempat Wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta

Dikarenakan letak taman ini tak begitu jauh dari lokasi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, para pengunjung bisa melanjutkan wisata ke Taman Sari Yogyakarta. Kawasan ini dulunya dipercayai menjadi tempat pemandian bagi permaisuri serta putri raja. Oleh karena itu para pengunjung akan mendapati kolam pemandian, pulau buatan, danau buatan, jembatan gantung, lorong bawah tanah, taman, dan kanal air.
Terdapat juga ruangan yang dulunya digunakan sebagai masjid dan kamar peristirahatan raja dan para keluarganya. Taman Sari selalu menarik minat wisatawan dengan bangunannya yang eksotis, sehingga tak heran bila selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

5. Jogja Bay Waterpark

Memiliki luas 7,7 hektar, Jogja Bay Waterpark dinobatkan sebagai waterpark terbesar di Indonesia, bahkan diklaim juga sebagai wahana air terbesar di Asia. Tempat wisata ini berlokasi tepat di daerah Maguwoharjo. Terdapat wahana Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coastor, Timo Rider, Jolie Raft River, Brando Boomeranggo, Ziggy Giant Barrel, Mimi Family, Hip Playground, South Beach, Donte Wild River, Kula Playpool, Harbour Theater, dan Grand Lobby. Setidaknya terdapat 15 wahana atraktif yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Selain disuguhkan dengan wahana yang menarik, Jogja Bay menyajikan fasilitas berupa klinik kesehatan, loker, nursery room (bagi pengunjung yang membawa bayi), toilet, mushola dan toko souvenir.

6. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko dibangun saat masa pemerintahan Rakai Panangkaran, yang diketahui menjadi salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Candi ini memiliki multifungsi, yaitu sebagai benteng keraton, gua, dan tempat ibadah. Candi Ratu Boko juga terkenal dengan spot untuk menikmati indahnya senja, karena tempat wisata ini terletak di dataran tinggi. Puing-puing bangunannya memiliki nilai seni yang akan mempercantik hasil potret dari kamera para pengunjung.
Candi Ratu Boko ini terletak di sekitar 17 km sebelah timur Kota Yogyakarta. Tepatnya di Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman. Bila hendak berkunjung ke candi ini, para wisatawan dapat menggunakan bus Trans-Jogja trayek 1A dan 1B. Setelah sampai di Terminal Prambanan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi candi dengan naik ojek.

Baca juga :  tempat wisata di surabaya yang indah dan unik terbaru

7. Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Wisata Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1991. Candi Hindu ini juga dinobatkan sebagai candi terbesar di Indonesia, juga dinilai menjadi candi terindah yang ada di kawasan Asia Tenggara. Di dalam kompleks Candi Prambanan, terdapat beberapa fasilitas, seperti audio visual, wartel, warnet, museum arkeologi, hotel, toko cindera mata, tempat ibadah, dan taman bermain. Tak heran bila kompleks Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati.

8. Tebing Breksi Sleman

Berlokasi di Dusun Groyokn, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Tebing Breksi dulunya tidak terbentuk secara alami, asalnya dari bukit batu biasa. Bukit batu ini kemudian menjadi tempat wisata karena akibat terkikis oleh aktivitas penambangan bahan material bangunan oleh warga sekitar. Tempat wisata satu ini banyak digunakan sebagai salah satu spot foto favorit, tak heran bila tak pernah sepi oleh pengunjung.

9. Pantai Timang Gunungkidul

Pantai timang adalah salah satu pantai yang letaknya di kawasan pantai indah di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di Padukuhan Danggolo, Purwodadi, Tepus. Salah satu daya tarik dari Pantai Timang ini ialah, pengunjung yang hendak mengunjungi Pulau Timang harus terlebih dahulu berjalan melewati ombak dengan gondola dengan ketinggian 9-11 meter dari permukaan laut.

10. Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Parangtritis Bantul

Bila mengunjungi Kota Yogyakarta maka tak afdol rasanya bila tak mengunjungi pantai legend satu ini. Walaupun memiliki pasir yang hitam, tetapi pantai ini tak pernah sepi oleh para wisatawan lokal, bahkan mancanegara. Walaupun memiliki larangan untuk berenang, para wisatawan masih dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan kaki menyusuri pantai. Atau bisa juga menyewa bendi ataupun kuda. Pantai ini berlokasi di Desa Parangtristis, Kretek, Bantul.