7 tempat wisata di majalengka yang wajib dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata di majalengka yang bisa dikunjungi

Posted on

Whandi.Net ~ Ada beberapa tempat wisata di Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat. Secara geografis, Kabupaten Majalengka terbagi atas 2 dataran, yaitu dataran rendah juga dataran tinggi. Secara detail, bagian utara dari Majalengka berupa dataran rendah, bagian tengah berupa perbukitan serta bagian selatan berupa pegunungan, yaitu area dari Gunung Cirema.

7 tempat wisata di majalengka yang wajib dikunjungi

Kabupaten ini begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya saat telah memasuki waktu liburan sekolah para pelajar. Tak heran memang, karena di Kabupaten Majalengka ini terdapat banyak destinasi wisata yang menarik yang bisa dikunjungi oleh keluarga. Karena juga memang kondisi geografis Majalengka yang bervariasi, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu, telah diulas beberapa tempat wisata pilihan bagi kalian yang hendak berlibur ke Kabupaten Majalengka. Berikut di antaranya :

1. Bukit Mercury Sayang Kaak

Bukit Mercury Sayang Kaak merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan panorama yang begitu memukau. Uniknya, para pengunjung dipersilakan untuk menikmati hidangan yang disajikan di ketinggian dan akan melihat betapa indahnya lembah dari Gunung Ciremai yang gagah hingga puncaknya ketika cuaca sedang cerah. Selain itu, terdapat beberapa spot foto berupa rumah dengan bahan ranting, taman bunga dan gardu pandang. Pengelola Bukit Mercury Sayang Kaak juga memberi fasilitas yang memadai, yaitu shelter, aliran listrik, musjola, air bersih, dan fasilitas lainnya. Bukit Mercury Sayang Kaak berlokasi di Cibuluh Blok, Tejamulya, Argapura.

2. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya atau bisa juga dikenal dengan Curug Apuy berlokasi di aliran Sungai Muara Jaya, lereng Gunung Ciremai, Kampung Apuy, Argamukti. Curug Muara Jaya tergolong air terjun bertingkat dengan ketinggian mencapai kurang lebih 73 meter.
Kombinasi suasana alam yang asri nan apik, pepohonan yang begitu rindang, udara yang amat sejuk, dan kicauan para burung yang menyatu dengan alam mampu menarik perhatian pengunjung setiap harinya. Maka tak heran bila tempat ini tak pernah sepi. Di tempat ini terdapat juga beberapa tanaman sayur mayur dan hamparan kebun palawija.
Fasilitas yang disediakan oleh Curug Muara Jaya cukup lengkap dan memadai seperti halnya tersedia warung yang menjual berbagai makanan dan minuman, toilet, area perkemahan, mushola, tempat parkir yang cukup luas, dan area taman bermain anak-anak.

Baca juga :  Inilah Tempat Wisata Di Semarang Yang Unik Dan Menarik

3. Situ Cipanten

Situ Cipanten lokasinya berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang. Tempat wisata satu ini merupakan danau yang mempunyai luas kurang lebih sekitar satu hektar dengan panorama alam yang menarik mata. Air danau yang ada di Situ Cipanten ini tak pernah kering di musim kemarau, alasannya karena air danau ini berasal dari tujuh mata air.
Situ Cipanten mempunyai panorama alam yang begitu asri, hutan alami yang memberikan rasa sejuk, pepohonan yang rindang, air danaunya yang terlihat sangat jernih saat cuaca sedang cerah, membuat salah satu destinasi wisata di Majalengka ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.
Terdapat juga beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti sepeda air, arena outbond, dan fasilitas lainnya.
Tak hanya itu, Situ Cipanten juga menyuguhkan spot foto yang cocok bagi para wisatawan yang memiliki kegemaran mengabadikan momen berkunjung ke tempat wisata dengan berfoto. Salah satu di antaranya ialah Perahu Titanic.

4. Gunung Batu Karang

Desitinasi wisata alam Gunung Batu Karang yang terletak di Blok Pancurendang Landeuh, Kelurahan Babakanjawa ini merupakan destinasi wisata kawasan perbukitan yang dilengkapi dengan batuan-batuan besar dan diselingi oleh kawasan hutan pinus yang menyejukkan mata. Apabila diamati dengan seksama, bebatuan besar tersebut terlihat seperti tertata di puncak Gunung Batu Karang.
Dari atas puncak Gunung Batu Karang ini, para wisatawan dapat melihat dan menikmati panorama Lembah Sungai Cilutung yang menjadi batas alam antara wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang.
Terdapat juga gardu pandang yang mempunyai latar belakang lembah pegunungan yang mengalir Sungai Cilutung.

5. Terasiring Panyaweuyan

Terasiring Panyawueyan berlokasi tepat di daerah Sukasari Kidul, Argapura, tepatnya di Sukasari kidul, Argapura.Tempat wisata satu ini menyajikan pemandangan sawah terasering yang begitu memukau. Hamparan perbukitan yang berupa sawah terasiring, tanaman padi yang segar berwarna hijau, udara yang begitu sejuk khas perbukitan Majalengka, memiliki suasana yang damai, dan tenang mampu membuat para wisatawan begitu menikmati kemewahan pesona alam di Terasiring Pamyaweuyan ini dengan nyaman. Tak heran apabila tempat wisata satu ini dijadikan sebagai spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung.
Para pengunjung nantinya akan dibandrol harga tiket masuk dengan tarif hanya Rp. 5.000 saja. Lalu, untuk parkir kendaraan roda dua Rp. 2000 dan Rp. 5.000 bagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat.

Baca juga :  Pesona Keindahan Alam Air Terjun Riam Merasap Bengkayang

6. Situ Sangiang

Situ Sangiang merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Danau ini memiliki suasana alam yang begitu asri dengan adanya banyaknya pepohonan yang rindang, air danau yang tenang, serta hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat para pengunjung nyaman berlama-lama di tempat wisata satu ini.
Di balik keindahannya yang eksotis dan memukau tempat wisata ini terdapat cerita bersejarah di dalamnya. Danau Situ Sangiang memiliki luas sekitar 14 hektar. Danau ini mempunyai sejarah yang amat erat dengan legenda Prabu Talaga Manggung dan juga kedua anaknya.
Talaga Manggung adalah kerajaan di Majalengka yang diperkirakan ada pada abad ke-15. Menurut kepercayaan masyarakat, ikan-ikan yang ada di Situ Sangiang adalah jelmaan dari para prajurit Talaga Manggung. Karena kepercayaan itulah, ikan-ikan di daerah tersebut diberi aturan untuk tidak boleh diambil dan jika mati akan dikebumikan layaknya seorang manusia.
Meskipun mengandung hal mistis, destinasi wisata alam Situ Sangiang ini tak pernah sepi oleh pengunjung karena keindahan panorama alam Situ Sangiang memangla menyejukkan mata para pengunjung.

7. Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa air terjun dan aliran sungai yang diapit dengan dua tebing tinggi. Diberi nama Ibun Pelangi karena embun air sungainya jatuh terkena oleh cahaya matahari, sehingga muncul pelangi di sekitar curug tersebut. Namun pelangi ini hanya akan muncul ketika hari masih cerah. Hal ini membuat Curug Ibun Pelangi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Curug Ibun pelangi ini berlokasi di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura.
Selain itu, para wisatawan di Curug Ibun Pelangi ini juga disuguhkan dengan pemandangan lain berupa goa serta tebing yang menyerupai Grand Canyon di kawasan Pangandaran, Jawa Barat yang begitu memukau. Alangkah lebih baik bila hendak mengunjungi destinasi wisata alam Curug Ibun Pelangi ini pada saat musim kemarau. Karena dikhawatirkan saat hujan akan mendatangkan air bah dan tidak bisa melihat munculnya bias pelangi.