pengertian unsur dan prinsip seni rupa

Pengertian Seni Rupa

Ada dua jenis seni rupa yakni seni rupa dua dimensi yaitu adalah karya seni yang mempunyai ukuran panjang dan lebar dan seni rupa tiga dimensi yaitu karya seni yang mempunyai ukuran panjang lebar dan tebal. Karya seni adalah ciptaan manusia yang mengandung keindahan. Ada beberapa prinsip-prinsip seni rupa yang terdiri dari unsur ritme keseimbangan dan kesatuan. Ritme adalah pengulangan gambar garis bentuk bidang dan warna yang sama. Keseimbangan bagian kiri kanan atas dan bawah gambar atau benda seimbang. Dan kesatuan adalah kerja sama antara semua unsur seni rupa yang saling mendukung. Menggambar ekspresi adalah menggambar berdasarkan perasaan dan keinginan seseorang. Media gambar cetak disebut juga cetak tinggi atau relief yang merupakan proses membuat gambar dengan menggunakan alat cetak yang mempunyai permukaan yang tinggi. Bahan yang dipergunakan untuk gambar cetak adalah daun kering, kertas, ubi, pelepah pisang, cat air, tinta dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Unsur-unsur Seni Rupa

pengertian unsur dan prinsip seni rupa

  1. Titik dan bintik. Bila titik-titik dihubungkan maka gambar akan terlihat jelas sehingga dapat membuat sebuah garis dan gambar bidang, bentuk dan benda.
  2. Garis. Pada sebuah gambar terdiri dari garis, kumpulan titik-titik jika digabungkan akan menjadi sebuah garis yang bias memperlihatkan sebuah gambar.
  3. Bidang. Sebuah garis bila dipertemukan akan membentuk bidang. Tiga garis bila dipertemukan akan membentuk bidang namanya bidang segitiga. Demikian juga bila banyak garis akan membentuk bidang yang bermacam-macam. Bidang mempunyai panjang dan lebar tetapi tidak mempunyai tebal.
  4. Warna. Semua orang pasti menyukasi warna. Kalian juga pastinya menyukai benda yang berwarna, lantas warna apakah yang kamu sukai? Semua benda di muka bumi ini bila berwarna akan lebih menarik. Apabila bunga berwarna, maka kupu-kupu pun datang. Warna merah, kuning dan biru adalah warna pokok. Warna memiliki fungsi simbol dan arti. Dari warna pokok, bila kita campurkan akan menghasilkan warna baru, seperti warna biru dan kuning jika dicampur akan menghasilkan warna hijau, merah dan kuning jika dicampur akan menghasilkan warna jingga, merah dan biru jika dicampur akan menghasilkan warna ungu.
  5. Bentuk. Coba kalian perhatikan kelereng, penggaris, dan pensil. Bagaimana bentuk benda-benda tersebut? Kelereng berbentuk bulat, penggaris berbentuk persegi dan pensil berbentuk panjang. Ada juga benda yang berbentuk kubus. Bentuk merupakan bangun suatu benda atau gambar.
  6. Tekstur. Saat kita mereba sebuah kain katun atau sapu tangan kamu akan merasakan permukaan benda yang halus namun ketika kita meraba sebuah batu maka kita akan merasakan permukaan benda yang kasar. Nah, bentuk permukaan benda yang halus, kasar, rata, kusam dan licin itu disebut dengan tekstur.

 Prinsip-prinsip seni rupa

Unsur ritme atau irama. Ritme atau irama disebut juga sebagai pengulangan pembuatan garis, bentuk, bidang atau juga warna.

  • Pengulangan bentuk yang sama
  • Pengulangan warna
  • Pengulangan dengan bentuk dan warna
  • Pengulangan bentuk, tekstur dan warna

Unsur keseimbangan. Disebut dengan seimbang apabila bagiankiri dan kanan gambar sama bobotnya baik warna, bentuk maupun bidang. Begitu pula bagian atas dan bawah gambar, jika gambar itu dibelah menjadi dua seakan terlihat seperti dua bagian yang sama.

Unsur kesatuan. Kesatuan merupakan kerja sama antara unsur-unsur rupa yang saling mendukung. Unsur-unsur rupa tersebut terdiri dari unsur warna, garis dan bentuk yang menjadi satu gambaran yang selaras.

Gambar Ekpresi dan Gambar Cetak

Gambar ekspresi adalah menggambar berdasarkan perasaan dan keinginan seseorang. Benda yang akan digambar bebas bentuknya, warnanya, bidangnya dan teksturnya. Bebas menurut keinginan orang yang akan menggambar, perpaduan ritme, keseimbangan dan kesatuan untuk menggambar ekspresi dapat menggunakan media atau bahan pewarna seperti pensil warna krayon, spidol atau pastel.

Contoh:

  1. Wandi dan Winda sedang bermain diteras rumah. Wandi bermain mobil-mobilan sedangkan winda bermain boneka. Mobil-mobilan wandi adalah mobil sedan berwarna merah dan boneka winda memakai busana adat melayu. Apa pendapatmu tentang mobil-mobilan wandi dan boneka winda? Silahkan beri nama boneka winda dan ceritakan ciri-ciri mobil-mobilan milik wandi.
  2. Pernahkah kamu pergi kekebun binatang? Disana kamu bias melihat banyak binatang ada harimau, monyet, gajah, zebra, jerapah, burung dan lain sebagainya. Coba kamu berlatih menggambar sambil membayangkan binatang yang kamu lihat dikebun binatang.

Gambar cetak adalah proses membuat gambar dengan menggunakan alat cetak yang mempunyai permukaan tinggi. Jika dikenakan pada bahan pewarna akan terbentuklah gambar yang dimaksud. Gambar cetak disebut juga cetak tinggi atau relief. Cetak tinggi ini seperti cap yang biasa digunakan dikantor, bahan yang digunakan untuk cetak tinggi bermacam-macam seperti daun-daunan, irisan pelepah pisang, sayur-sayuran atau cungkilan dari umbi-umbian dan lain sebagainya.

About the author: WhandiNet

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *