Inilah Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Mau Sukses Dan Lancar Skripsi, Ikuti 7 Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Posted on

Whandi.Net ~ Mungkin bagi beberapa mahasiswa mempunyai trik cara menyelesaikan skripsi tepat waktu dengan menggunakan cara mereka masing-masing. Namun, ternyata masih ada beberapa mahasiswa yang belum bisa menerapkannya dengan baik yang mana berakibat skripsi bukannya selesai tapi malah terbengkalai. Padahal setiap mahasiswa dituntut untuk bisa lulus tepat waktu.

Memang iya sih skripsi menjadi salah satu tugas akhir yang tidak mudah bagi mahasiswa dan memerlukan waktu yang lama. Tapi, kalau Anda bisa menerapkan tips menyelesaikan skripsi yang akan dibahas pada penjelasan kali ini, pasti akan membuat Anda lebih mudah dalam mengerjakan skripsi dan skripsi akan selesai dengan tepat waktu. Penasaran, kan? Yuk langsung baca aja penjelasan berikut ini.

Kunci Sukses Cara  Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Kapan kamu lulus? pastinya itu adalah  pertanyaan yang sering ditanyakan kepada mahasiswa tingkat akhir. Ada banyak loh  mahasiswa yang sudah hampir habis masa studinya tapi skripsinya tidak kunjung selesai. Sebenarnya sih masalahnya?

Skripsi saat ini masih aja menjadi salah satu momok yang ditakuti oleh sebagian besar mahasiswa. Banyak mahasiswa  yang  harus merelakan untuk menunda kelulusannya karena skripsinya belum selesai.

Ada beragam alasan yang mendasari mengapa kok skripsi mereka tidak bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Alasannya mulai dari kesibukan organisasi kampus, pekerjaan, bisnis, dan malas buat cari referensi skripsi alias gak ada ide sama sekali.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan loh agar bisa mencapai target selesai skripsi tepat waktu. Kalau Anda menerapkan kunci sukses cara menyelesaikan skripsi tepat waktu berikut ini, dijamin deh segera dapat gelar sarjana.

1. Kumpulkan niat

Pada dasarnya, niat menjadi salah satu hal yang bisa mendorong Anda untuk mewujudkan segala sesuatu yang Anda ingin. Tanpa adanya niat, sangat mustahil Anda bisa meraih apa yang Anda inginkan. Tidak terkecuali niat untuk mengerjakan skripsi.

Di awal dimulainya Anda mengerjakan skripsi, Anda harus sudah mengumpulkan niat dari diri Anda sendiri. Tanamkan pada diri Anda untuk tidak bermalas-malasan dan harus bisa lulus kuliah tepat waktu. Jika tekat itu sudah tertanam dalam diri Anda maka secara otomatis Anda akan tergugah untuk selalu rajin dalam mengerjakan skripsi. Jangan lupa juga ya, untuk menghindari segala macam hal yang mungkin bisa menggoyahkan niat Anda.

2. Pilih tema skripsi berdasarkan passion Anda  dan benar-benar harus Anda pahami

Segala sesuatu yang dikerjakan memang harus didasari dengan rasa suka. Tidak terkecuali dalam mengerjakan skripsi. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih tema yang Anda suka dan Anda pahami.

Memahami sebuah tema skripsi ini menjadi hal yang vital dalam skripsi. Pada saat Anda bisa memahami tema skripsi Anda dengan mudah, maka pasti akan sangat lebih bisa menikmati selama proses pengerjaan skripsi. Jangan sampai Anda mengajukan judul skripsi dengan tema yang tidak Anda kuasai. Hal itulah yang akan mempersulit Anda dalam menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu.

3. Selalu buat deadline

Mau lancar dan cepat dalam skripsi, salah satu kuncinya adalah Anda harus mempunyai target. Anda harus mempunyai deadline agar skripsi yang Anda kerjakan cepat selesai. Jadi, di sini Anda dituntut untuk selalu bersikap disiplin. Anda bisa membuat catatan-catatan kecil yang ditempelkan pada dinding kamar supaya bisa mengingatkan Anda selalu akan deadline untuk mengejakan skripsi.

4. Buatlah catatan kecil tentang kerugian apa saja yang akan ketika telat lulus sarjana

Tidak semua mahasiswa yang pada saat ini sedang mengerjakan skripsi  semangat yang sangat menggebu-gebu untuk bisa selesai kuliah tepat waktu. Adakalanya mereka juga akan merasa down sampai berakibat enggan buat menyelesaikan skripsi. Ya, alhasil skripsi akan jadi terbengkalai.

Di dalam kondisi tersebut, Anda harus perlu mengingat akan kerugian apa saja yang bakalan timbul saat Anda tidak bisa lulus sarjana dengan tepat waktu. Anda bisa menuliskannya dalam catatan kecil dan membukanya kembali pada saat Anda malas mengerjakan skripsi. Tulisan tersebut akan menjadi dorongan semangat bagi Anda untuk kembali rajin mengerjakan skripsi dan bisa lulus tepat waktu.

5. Kenali bagaimana dosen pembimbing skripsi Anda

Tidak bisa selesai skripsi dengan tepat waktu ternyata tidak hanya faktor dari mahasiswanya saja. Akan tetapi, dosen pembimbing skripsi juga mempunyai peranan juga. Terkadang ada mahasiswa yang kurang beruntung mendapatkan dosen yang terkenal sulit untuk bimbingan atau mendapat dosen yang sangat perfeksionis sehingga skripsi akan lama.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengenali bagaimana dosen pembimbing skripsi Anda. Cara ini dianggap sebagai cara yang sangat efektif pada saat  bimbingan dengan dosen pembimbing dengan mengetahui hal apa sih yang disukai dosen pembimbing. Coba deh Anda sesekali saat bimbingan bisa membicarakan tentang hobi dan kesukaan beliau.

Anda juga bisa membawakan makanan kesukaan dosen pada saat bimbingan. Nah, kalau cara ini bisa menarik hati dosen pembimbing, dijamin deh skripsi akan cepat selesai.

6. Pilihlah lingkungan yang tepat

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi dalam menyelesaikan skripsi adalah lingkungan. Bagi Anda yang saat ini sedang mengejar wisuda dan memiliki deadline buat menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu, maka Anda sangat disarankan untuk pandai dalam memilih lingkungan dimana Anda berada.

Pilihan lingkungan yang sekiranya yang selalu memberikan motivasi Anda untuk mengerjakan skripsi tepat waktu. Dan tinggalkan lingkungan yang sekiranya bisa menghambat Anda dan memberi dampak negatif dalam pencapaian tujuan untuk selesai skripsi dengan tepat waktu.

7. Kurangi melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan agar skripsi bisa selesai tepat waktu adalah dengan mengurangi melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat. Anda bisa mengurangi kegiatan seperti travelling, nonton film, ngegame, dan sebagainya. Ganti sementara kegiatan tersebut untuk fokus mengejakan skripsi hingga target Anda tercapai. Anda juga harus sadar jika tidak ada waktu banyak untuk bersenang-senang selama mengejakan skripsi.

Boleh sih Anda sesekali pergi atau mencari hiburan. Asalkan jangan terlalu keseringan. Anda harus bisa membagi waktu dan membatasi hal yang bersifat kurang bermanfaat. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan skripsi sesuai dengan deadline yang Anda inginkan dan bisa lulus tepat waktu deh.

Itulah tadi tujuh tips sukses cara menyelesaikan skripsi tepat waktu yang perlu Anda coba. Jangan sampai ya, Anda telat buat lulus kuliah atau terkena Drop Out hanya karena malas mengerjakan skripsi. Hal ini tentu saja akan membuat Anda merasa menjadi mahasiswa yang sia-sia. Jadi, yuk selalu semangat untuk lulus tepat waktu dan membuat orang tua bangga kepada Anda. Semangat ya buat Anda yang saat ini sedang berjuang lulus tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *