Inilah Cara Jitu Mendapatkan Teman di Kampus

Kuper? Tidak lagi, Inilah Cara Jitu Mendapatkan Teman di Kampus!

Posted on

Whandi.Net ~ Cara jitu mendapatkan teman di kampus, sangat direkomendasikan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Terutama, di lingkungan baru yang masih terasa asing. Belum lagi, orang-orang yang akan kalian temui bisa saja berasal dari berbagai daerah yang berbeda. Kalian yang berhasil melewati rintangan untuk dapat beradaptasi dengan baik. Percayalah, ke depannya kalian akan lebih banyak memiliki teman atau bahkan mudah untuk memulai percakapan dengan orang asing sekalipun.

Cara Jitu Mendapatkan Teman di Kampus, dijamin Ampuh!

Memiliki banyak teman, merupakan dambaan setiap mahasiswa baru yang belum lama ini merasakan euforia di dalam dunia perkuliahan. Akan tetapi, sebagian maba ini, tidak mempunyai nyali yang cukup besar untuk segera mendapatkan teman di lingkungan barunya. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Open minded

Berfikir secara terbuka, adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam mendapatkan teman di kampus. Alih-alih memilih teman yang hanya berasal dari keluarga mampu ataupun golongan tertentu lainnya, lebih baik mencari teman secara acak. Hal ini lebih baik, karena seiring berjalannya waktu, kalian sendiri dapat mengevaluasi mana teman yang pantas untuk dipertahankan, ataupun teman yang sekedar kenal saja. Pemikiran kolot yang masih terbawa sejak menduduki bangku sekolah menengah, sebaiknya segera dihilangkan. Karena, menjadi seorang mahasiswa, sama halnya kalian sedang belajar menjadi orang dewasa.

Hilangkan rasa minder atau merendahkan diri sendiri

Seseorang yang sudah terbiasa menutup dirinya dari pengaruh dunia luar, menjadikan dirinya mudah sekali merasa minder. Sering menghabiskan waktu sendiri, merupakan salah satu faktor pemicu dirinya merasa rendah ketika sedang bersama dengan orang lain. Ingatlah, bahwa derajat yang dimiliki manusia, sama di hadapan Tuhan! Oleh sebab itu, banggalah dengan pencapaian yang dimiliki saat ini. Paras yang rupawan ataupun harta yang berlimpah, hanyalah titipan yang bersifat sementara. Jadi, berbahagialah dan selalu berfikir positif terhadap diri sendiri, agar rasa minder tersebut hilang secara perlahan-lahan.

Jangan mudah tersinggung

Terlalu sensitif terhadap hal-hal yang sepele, tidak membuat kalian selalu merasa aman. Justru, biasanya orang yang mudah merasa tersinggung akan dijauhi di kehidupan sosial. Pada umumnya, ketika kalian baru saja saling berkenalan satu sama lain, lawan bicara akan berusaha membuka jati dirinya. Saat seperti inilah, batasan pembicaraan tidak lagi tersaring sebagaimana mestinya. Terkadang, muncul perkataan yang dapat membuat orang yang mendengarnya merasa sakit hati. Namun, jika ingin memiliki teman di lingkungan baru, bijaklah untuk mengesampingkan perasaan sensitif tersebut. Berusahalah untuk berlapang dada dan memaafkan setiap tutur kata dari teman baru kalian yang kurang menyenangkan.

Baca juga :  Paket Internet OMG Telkomsel, Akses Streaming Kian Menarik

Tidak mengikuti gaya orang lain

Ingin memiliki teman di kampus, bukan berarti membuat kalian mengikuti gaya dari orang lain. Menjadi diri sendiri, dapat membuat orang lain melihat sisi unik yang hanya dimiliki oleh kalian. Namun, kalian tidak boleh berasumsi bahwa tidak masalah untuk membiarkan sisi buruk yang telah ada. Dalam hal ini, perubahan diri ke arah yang lebih baik, tentu sangat dibutuhkan. Terutama untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan dapat diterima oleh orang di sekitar. Sehingga, saat menjalin sebuah pertemanan nanti, kalian tidak perlu bertingkah palsu di hadapan teman kampus.

Saling menolong terhadap teman yang membutuhkan

Kejadian buruk, dapat dialami oleh siapa saja, bahkan dalam situasi yang tidak terduga sekalipun. Pada saat itulah, peran teman menjadi sangat penting dalam kehidupan. Kalian yang mengetahui kondisi temannya sedang mengalami kesulitan. Sebaiknya, cobalah untuk berjiwa besar dengan menawarkan sedikit bantuan. Walaupun tidak seberapa, ketulusan yang terpancarkan melalui bantuan tersebut, akan tersampaikan ke dalam hati teman kalian. Akan tetapi, jangan sampai kalian memiliki teman yang hanya ingin mengambil keuntungan dari kebaikan salah satu pihak.

Mengikuti beragam aktivitas kampus

Menjadi mahasiswa yang cukup aktif, tentu akan menguras banyak tenaga dan pikiran. Kalian harus pintar membagi waktu dengan jadwal perkuliahan dan organisasi yang diikuti. Tidak perlu, memaksakan diri untuk terus aktif dalam menjalani berbagai macam aktivitas yang diselenggarakan oleh kampus. Cukup ikuti satu atau dua buah acara, dan menjadi salah satu anggota dari komunitas di kampus. Jika kalian melakukannya, maka secara otomatis orang-orang yang berada di dalam ruang lingkup yang sama, akan menjalin hubungan pertemanan dengan diri Anda.

Hindari perselisihan akibat perebutan bangku kuliah

Sifat egois yang dimiliki oleh seseorang, terkadang sulit dihilangkan begitu saja. Meskipun dirinya sudah menyandang status sebagai seorang mahasiswa. Tidak semata-mata orang tersebut langsung berubah menjadi sosok yang dewasa. Sifat kekanak-kanakan di masa bangku sekolah SMA, biasanya akan terbawa hingga ke bangku kuliah. Oleh sebab itu, jika kalian menemukan salah satu teman seangkatan yang demikian. Terlebih jika sudah berurusan dengan posisi bangku kuliah, lebih baik kalian mengalah dan mencari tempat duduk yang masih kosong. Perdebatan yang diakibatkan karena perebutan bangku kuliah, terlihat seperti perselisihan dua orang yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Pastinya memalukan, bukan?

Baca juga :  begini cara setting keyboard hp xiaomi dengan tepat

Menjadi mahasiswa yang berprestasi

Cara paling mudah dan sangat ampuh untuk memiliki teman, yaitu dengan menjadikan diri kalian sebagai salah satu mahasiswa yang berprestasi di kampus. Mahasiswa lainnya yang mengetahui identitas kalian tersebut, justru akan berlomba-lomba untuk menjalin hubungan pertemanan dengan Anda. Tidak perlu repot kesana kemari berkenalan dengan mahasiswa lainnya. Cukup pertahankan prestasi yang telah dimiliki. Namun, jangan sampai karena hal tersebut, diri kalian menjadi sombong dan merendahkan orang yang tidak memiliki kemampuan atau prestasi sama sekali.

Tersenyumlah saat berpapasan dengan teman di kampus

Istilah 3S yang seringkali kalian dengar saat masih bersekolah SMA, tidak salah jika diterapkan ulang saat di bangku kuliah. Senyum, salam dan sapa yang dilakukan saat berhadapan dengan orang yang baru dikenal, meninggalkan kesan bahwa orang tersebut cukup ramah. Sehingga, orang lain tidak akan merasa ragu untuk memulai perkenalan diri. Langkah awal seperti ini, dapat memudahkan kalian menjalin pertemanan dengan banyak orang di kampus.
Jangan jadi orang yang terlalu pelit

Pelit, pada dasarnya memang dibutuhkan sebagai bentuk pertahanan diri agar tidak terlalu dimanfaatkan oleh orang sekitar. Tapi, pelit yang terbilang kelewatan, akan mempersulit kalian dalam mendapatkan teman di kampus. Dalam kasus ini, boleh pelit pada hal-hal tertentu dan sewajarnya saja. Akan lebih baik lagi jika kalian cukup menerapkan pelit tersebut terhadap diri sendiri. Sedangkan kepada orang lain, kalian akan berusaha bersikap royal.

Itulah beberapa cara jitu mendapatkan teman di kampus yang terbukti ampuh dan efektif. Ingat! Carilah teman dan perluas jangkauan teman yang kalian miliki. Karena, kalian tidak akan tahu, di masa depan nanti, teman seperti apa yang tetap bertahan mendampingi kalian di masa-masa sulit. Sekian.