jelaskan apa saja tahapan tahapan persiapan pameran

jelaskan apa saja tahapan tahapan persiapan pameran

Posted on

1. Menyiapkan dan memilih Karya
Syarat utama dalam tahap persiapan pameran adalah ketersediaan karya. Kamu dapat membuat karya seni rupa yang secara khusus dipertukan bagi pameran yang direncanakan tersebut atau memilih dari karya tugas yang pernah kamu buat dalam pembelajaran seni rupa pada semester yang lalu. tuk memperoleh karya yang akan dipamerkan, kamu dapat meminjam karya seniman dan atau perupa profesional tuk dipamerkan di sekolah.

Peminjaman dilakukan dengan menghubungi langsung senimannya atau menghubungi lembaga yang memiliki karya seniman tersebut seperti museum dan galeri seni rupa. Teknik dan prosedur pemilihan karya yang akan dipamerkan telah disampaikan dalam pembelajaran di kelas X dan XI. Secara khusus jika akan memilih karya seniman atau lembaga kesenian profesional, maka kriteria karya yang akan dihadirkan harus ditentukan terlebih dahulu.

Baca juga :  Apakah pengertian geografi menurut para ahli?

Kriteria karya yang akan dipilih tuk dipamerkan disesuaikan dengan tujuan dan tema pameran. Dalam hal ini sebaiknya kamu meminta bantuan seorang kurator karya seni rupa tuk memilih dan menentukan karya serta seniman yang akan diundang berpameran.

Cobalah cari informasi mengapa kamu membutuhkan tenaga kurator tuk memilih dan menentukan karya yang akan dipamerkan. Apakah sebenarnya tugas kurator itu. Diskusikanlah dengan teman dan guru di kelas, fungsi kurator dalam kegiatan pameran seni rupa.

Baca juga :  pengertian mitosis dan meiosis menurut para ahli

Dalam pemilihan dan penentuan karya seniman atau lembaga kesenian profesional yang akan dipamerkan harus dilakukan dengan cermat dan hatihati sebab mungkin saja karya yang akan dipamerkan memiliki nilai sejarah dan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Kelalaian dalam penyimpanan dan pemasangan karya-karya yang akan dipamerkan tersebut dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar, tak cuma kerugian materiil tetapi juga kredibilitas sekolah sebagai penyelenggara kegiatan pameran.