Inilah Tempat Wisata Di Semarang Yang Unik Dan Menarik

Inilah Tempat Wisata Di Semarang Yang Unik Dan Menarik

Posted on

Whandi.Net ~ Selain dikenal sebagai ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah, Semarang juga dikenal sebagai salah satu kota yang mempunyai beragam potensi tempat wisata. Mulai dari wisata alam, ekowisata, wisata sejarah, wisata bahari, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata religi, dan jenis-jenis wisata lainnya. Semarang juga memiliki lokasi yang begitu strategis, sehigga tak heran bila banyak dari para wisatawan yang menaruh minat untuk mengunjungi ibu kota yang satu ini.

8 Tempat Wisata Di Semarang Yang Unik dan Menarik untuk dikunjungi

Nah, berikut kami ulaskan beberapa tempat wisata yang sekiranya recommended untuk dikunjungi oleh para wisatawan :

1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang yang terletak di Jl. Letjen Suprapto no. 31 ini adalah sebuah area di Kota Semarang yang dikenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya, di mana terdapat banyak gedung tua bergaya eropa yang menarik mata. Pada abad 19-20, Kota Lama Semarang ialah sebuah pusat perdagangan yang ada di Kota Semarang.
Untuk mengunjungi Kota Lama Semarang ini, para pengnjung tak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, dikarenakan gratis. Banyak cara untuk menikmati suasana kota lama ini, para contohnya, pengunjung bisa mengabadikan momen dengan kamera di depan berbagai gedung bergaya Eropa di Kota Lama Semarang ini, atau hanya sekadar bersantai di Taman Srigunting yang letaknya di tengah. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengunjungi Gereja Blenduk, yaitu Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, yang mempunyai kubah atau dome ikonik.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong dikenal sebagai peningalan tempat pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho yang berasal dari Tiongkok. Tujuan dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong ialah untuk mengenang kedatangan Cheng Ho atau Zheng He. Selain menjadi tempat wisata karena bentuknya yang menarik dan menjadi spot foto para wisatawan, di sekitar Klenteng Sam Poo Kong juga sering digunakan untuk acara festival juga acara keagamaan.
Bila hendak berkunjung, para wisatawan bisa menggunakan bantuan google maps untuk menemukan lokasi klenteng ini, yaitu di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kecamatan Semarang Bar. Selain itu, nantinya bila sudah memasuki klenteng, para wisatawan akan dibandrol harga tiket masuk sebesar Rp 17.000 – Rp 55.000.

Baca juga :  aneka kue tradisional daerah kalimantan barat

3. Tempat wisata Semarang Lawang Sewu

Bila menyebut nama Semarang, pasti akan teringat oleh salah satu wisata ikonik, yaitu Lawang Sewu. Salah satu tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang gemar berwisata sejarah. Lawang Sewu dulunya menjadi kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda. Tak hanya itu saja, Lawang Sewu juga dulunya sempat dijadikan kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.
Saat sudah tak terpakai masyarakat setempat akhirnya merevitalisasi dan menkonservasi bangunan tua ini menjadi sebuah museum serta tempat wisata. Dinamakan Lawang Sewu karena pintu dari bangunan tua ini berjumlah banyak, sehingga dinamai Pintu Seribu atau Lawang Sewu. Lokasi Lawang Sewu tak jauh dari Simpang Lima, tepatnya di Jl. Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, jadi sangatlah strategis dan mudah diakses apabila hendak berkunjung ke sana. Untuk masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung harus membayar tiket yang berkisar Rp 10.000 – Rp 30.000.

4. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda yang memiliki ketinggian pertama di Indonesia, yaitu dengan tinggi kurang lebih mencapai 45 meter. Pagoda valokitesvara juga merupakan salah satu dari dua bangunan utama yang ada di Vihara Buddhagaya Watugong, bangunan lainnya bernama Pagoda Dhammasala. Di antara keduanya, Pagoda Avalokitesvara jauh lebih dikenal oleh masyarakat dan ikonik.
Pagoda yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kecamatan. Banyumanik ini sangat menarik minat para pengunjug dengan keindahannya saat matahari masih terbit maupun saat malam hari.

5. Kampung Pelangi

Tak hanya Kota Malang saja yang memiliki kampung pelangi, Kota Semarang juga memiliki destinasi wisata yang serupa. Sesuai dengan namanya, kampong yang terletak di Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan ini mempunyai warna-warni yang cerah seperti sebuah pelangi, padahal dulunya kampung ini dianggap kampung yang kumuh. Karena masyarakat yang gigih, maka kampung ini ditransformasi menjadi tempat wisata yang indah. Warna-warni yang diberikan di tiap atap, tembok, dan jalanan di Kampung Pelangi Semarang ini memberikan kesan yang menarik minat para wistawan karena keunikannya. Sangat direkomendasikan bagi para pengunjung yang memiliki hobi hunting.

6. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park berlokasi di Kabupaten Semarang, tepatnya di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang. Untuk menuju lokasi dari Kota Semarang, para wisatawan membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam dengan menggunakan mobil. Lokasi Saloka Theme Park ini rupanya tidak jauh dari Danau Rawa Pening, juga bisa dituju dengan mudah dari Ungaran dan Salatiga.
Wahana yang terdapat di taman bermain ini pun bervariasi, dari yang untuk anak hingga yang menantang seperti contohnya Bengak Bengok. Bengak Bengok adalah wahana yang memiliki bentuk lingkaran yang nantinya akan bergerak berputar lalu maju-mundur secara cepat. Bahkan Bengak Bengok bisa berposisi miring hingga 90 derajat. Selain itu terdapat wahana lain bernama Paku Bumi, yaitu wahana yang membuat para wisatawan merasakan dijatuhkan dari ketinggian sekitar 38 meter, lalu diangkat kembali dengan menggunakan kecepatan tinggi.

Baca juga :  Serunya Berwisata di Danau Sebedang Sambas Kalimantan Barat

7. Puri Maerakaca

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Puri Maerakaca merupakan destinasi wisata yang menyajikan Jawa Tengah dalam versi mini di dalamnya. Apabila hendak menuju ke lokasi tempat ini, para pengunjung terlebih dahulu menempuh jarak 5 km dari Tugu Muda. Selain terkenal akan hutan mangrovenya, tempat wisata ini juga menyajikan aneka rumah dat dari 35 Kota Madya dan Kabupaten yang terdapat di Jawa Tengah. Di dalam rumah-rumah tersebut, telah dilengkapi dengan berbagai hasil industri serta berbagai kerajinan yang diproduksi oleh daerahnya masing-masing. Taman Wisata Puri Maerakaca juga menyediakan fasilitas rekreasi air, seperti perahu, sepeda air dan kereta. Terdapat juga apotek hidup, taman bunga, burung-burung, taman kaktus, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung hanya akan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja.

8. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita ialah museum yang menyimpan berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah, baik yang bersifat budaya maupun geologi. Museum Ranggawarsita juga meerupakan museum yang paling terkenal di Jawa Tengah, karena Museum Ranggawarsita ini dikenal dengan koleksinya yang begitu lengkap serta gedung dan fasilitas yang dimilikinya begitu terawat.
Beralamat di Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, salah satu tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang hendak mengajak liburan anak sekaligus memberikan edukasi tentang sejarah. Karena di Museum Ranggawarsita ini terdapat pelajaran sejarah budaya, perkembangan bumi dan manusia, serta kemerdekaan.