cara menanam tomat di pekarangan rumah

cara menanam tomat di pekarangan rumah

Whandi.Net ~ Tanaman tomat merupakan tanaman buah yang banyak ditanam di segala dataran. Pada umumnya dalam satu musim ternyata hanya 4 bulan saja. Tanaman tomat bisa tumbuh di segala media misalnya dilahan sawah, tegal, dan pekarangan rumah. Budidaya tanaman tomat dapat melalui biji dengan metode tanaman buah dalam pot. Namun ada pula beberapa orang yang menerapkan cara menanam tomat dengan sistem hidroponik.
1. Pelajari Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal
Tanaman tomat sangat membutuhkan kondisi lingkungan yang sangat ideal untuk tumbuh kuat dan menghasilkan buah yang enak. Lihat tanah yang kamu pakai apakah bagus untuk dijadikan lahan tanam atau tidak?

2. Pilih Jenis Tomat
Beberapa jenis tomat yang berbeda-beda, mulai dari warna, ukuran, dan rasa. Ada 2 jenis pertumbuhan tanaman tomat yaitu :
1. Determinate, tumbuh tegak ke atas dan cepat berbuah, daur hidupnya singkat.
2. Indeterminate, tumbuh merambat dan mirip seperti tanaman anggur, daur hidupnya lebih lama.
Selain itu juga warna buah tomat dapat mempengaruhi rasa. Misalnya jenis tomat yang sering dipakai pada masakan yaitu Tomat “Red Globe” atau “Beefsteak” yang memiliki rasa yang klasik. Tanaman tomat yang berwarna ungu atau coklat mempunyai kaya rasa dan lebih hangat sedangkan tomat kuning dan jingga mempunyai rasa yang lebih manis. Sedangkan untuk tomat yang berwarna hijau mempunyai rasa yang sangat cocok bila dipadukan dengan masakan gurih.

Baca juga :  Puisi Dihatiku Selalu Ada Cinta

3. Belah Tomat
Langkah selanjutnya menanam tomat di kebun adalah membelah tomat menjadi dua bagian. Setelah memilih jenis tomat yang ingin kamu tanam maka saatnya membelahnya menjadi dua bagian. Setelah di belah maka ambil bijinya dengan sendok dan letakkan dalam mangkuk bersih.

4. Biarkan Biji
Selanjutnya biarkan biji tomat dalam mangkuk kurang lebih selama 2-3 hari. Ini merupakan proses fermentasi yang mempunyai tujuan untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang tanaman saat tumbuh kembali.

5. Cuci Biji Tomat
Menanam tomat selanjutnya ialah mencuci sampai bersih biji dengan air segar. Namun perlu diperhatikan dengan baik saat proses mencuci ini seandainya melihat benih yang terapung maka harus dibuang karena itu merupakan benih yang sudah buruk kualitasnya. Tambahkan beberapa tetes cuka dan garam saat mencuci. Langkah terakhir yaitu keringkan benih.

6. Simpan Biji di Lemari Es
Sampai sini apa kah sudah boleh menanam? Tentu belum ! Karena langkah selanjutnya adalah menyimpan biji tomat ke dalam plastik. Biji tomat yang sudah dikeringkan tadi maka harus dimasukkan ke dalam plastik. Setelah itu tarun ke dalam lemari es kurang lebih selama 1-2 minggu.

Baca juga :  puisi untuk pujaan hati ku

7. Mulai Menebar Benih
Selanjutnya tebar benih ke dalam pot agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan mudah. Setelah itu taruh 2 -3 biji tomat ke dalam pot lalu tutup dengan tanah. Biarkan biji kurang lebih selama satu minggu dan jangan sampai lupa untuk menyiram pot dengan sedikit air agar kelembapannya tetap terjaga.

8. Simpan Pot di Tempat Hangat
Sekali-kali boleh menyimpan pot tomat di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Setelah itu maka letakkan kembali pot tanaman tomat di tempat yang teduh atau hangat.

9. Pindahkan ke Kebun
Menanam tomat berikutnya ialah memindahkannya ke kebun. Jika tomat sudah tumbuh sekitar 4- 5 cm. Hindari memangkas daun-daun tanaman tomat. Selanjutnya jangan lupa untuk menyiram tanaman tomat secara teratur.