cara menanam bawang merah di pot rumah

cara menanam bawang merah di pot rumah

Whandi.Net ~ Menanam bawang merah di pot rumah sangat bisa dilakukan oleh semua orang, mengingat tanaman bawang merah merupakan sebagai salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya. Yang kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia, baik sub-tropis maupun tropis.

Selain itu juga bawang merah digunakan sebagai bumbu wajib memasak dan rempah-rempah, bawang merah ternyata juga bisa dikonsumsi dengan cara lain. Contohnya saja dijadikan bawang goreng, acar sebagai pelengkap masakan bahkan di makan mentah.

Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan, bawang merah biasa juga digunakan untuk pengobatan tradisional maka dari itu banyak fungsi bawang merah ini karena bawang merah memiliki banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Bawang merah banyak digunakan sebagai alat tradisional contohnya bawang merah untuk kerik untuk mengatasi masuk angin, selain itu juga bawang merah memiliki khasiat lain seperti menyembuhkan mag, menurunkan kolestrol, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan mengobati kencing manis.

Selain banyaknya manfaat dari bawang merah maka tak ada salahnya jika ingin menanamnya sendiri di rumah seperti didalam pot atau didalam polibag. Jika tertarik untuk  dapat membudidayakan bawah merah maka bisa mencobanya sendiri menanam di rumah. Berikut cara menanam bawang merah di pot.

Baca juga :  cara memperbaiki hp android yang lemot

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Langkah pertama yang perlu disiapkan dama menanam bawang merah didalam pot yaitu :

  1. Pot
  2. Tanah subur
  3. Bibit bawang merah

Untuk bibit bawang merah ini bisa mendapatkan bibit dari bawang merah di rumah atau bisa beli di pasar-pasar.

  1. Cara Menanam Bawang Merah di Pot
  2. Yang pertama siapkan pot dan tanah subur untuk sebagai media tanamnya kemudian campurkan sedikit pupuk ke dalam tanah tersebut.
  3. Selanjutnya Pilihlah bawang merah yang bagus sebagai bibit untuk ditanam dan hindari bawang merah yang sudah mempunyai bercak hitam karena hal ini bisa mengakibatkan penyakit.
  4. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja hal ini agar daun bawang merah bisa cepat tumbuh. Tetapi apabila sudah ada daun di bawang merahnya maka tidak perlu dipotong bawang merahnya.
  5. Setaah itu letakkan beberapa siung bawang merah yang sudah tua dan yang sudah di potong atasnya dikit tadi ke dalam pot. Biasanya bawang merah yang sudah tua mempunyai ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.
  6. Kemudian taruh di kedalaman 5 hingga 7 cm ke dalam pot yang telah di isi tanah setelah itu timbun kembali dengan tanah. Jangan menekan saat menanamnya.
  7. Jangan lupa untuk menyiram calon bawang merah setiap pagi dan sore dan ketika menyiram bibit bawang merah yang di tanam maka harus hindarkan air menggenang dalam pot.
  8. Waktu panen bawang merah biasanya baru bisa dipanen setelah berumur kurang lebih 60 – 90 hari. Kemudian tanda-tanda bawang merah yang sudah bisa dipanenialah ketika bawang merah sudah memiliki daun yang layu dan sedikit kering namun jika menanamnya di pot maka biasanya terdapat bawang yang menjulang ke atas.
  9. Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya dijemur kurang lebih 1 – 2 minggu biar kandungan air dalam bawang merah berkurang. Sehingga bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.
Baca juga :  menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan santan

Itu lah artikel singkat cara menanam bawang  merah di dalam pot yang tidak perlu dengan lahan yang luas. Selamat mencobah ya!