cara memperbaiki hp yang jatuh ke dalam air

Whandi.net ~ Dikesempatan baik ini kami akan membahas mengenai hal yang sangat penting apabila HP mengalami kecelakaan dan masuk kedalam air. Bayangkan kalau itu terjadi dan Anda salah penanganan, pastinya Anda akan mengalami syok. Anda akan kehilangan kontak / no telpon keluarga, teman, pacar, mungkin selingkuhan (kalau kontak telp, Anda save di memori HP). Selain itu Anda juga akan kehilangan kenangan dan memori kebersamaan Anda (kalau gambar kamera, Anda save di memori HP). Namun jangan bingung nan khawatir dulu Sobat, lakukan langkah berikut ini dulu dan semoga cara dibawah ini bisa membantu memperbaiki HP / Ponsel / Smartphone Anda bisa menyala lagi dengan normal.

Berikut Tips / Cara Memperbaiki HP Jatuh Kedalam Air:

  1. Dengan sigap, ambil HP / Ponsel Anda yang jatuh ke air.

Anda harus dengan segera mengambil HP yang jatuh ke air tersebut, karena air akan sangat cepat masuk ke komponen yang berujung konsleting. Berdoa saja air tidak sampai merusak komponen dalam dari HP Anda.

  1. Kalau HP / Ponsel Anda masih menyala, langsung matikan.

Tidak perlu buka aplikasi sana sini, langsung saja matikan HP Anda karena air masih disekitas body HP. Jadi kita keringkan dulu baru nantu kalau sudah kering dinyalakan lagi.

  1. Kalau HP / Ponsel Anda mati, jangan dinyalakan.

Kalau HP Anda mati saat terkena air, berarti air sudah masuk ke komponen yang mengakibatkan konsleting dan Ponsel mati. Namun Sobat jangan panik dulu semoga itu hanya konsleting kecil, tidak sampai merusak komponen penting di HP. Anda juga jangan mencoba untuk menyalakannya, karena air masih di dalam, jadi dikeringkan dulu sampai benar – benar kering dan baru dinyalakan lagi.

  1. Segera lepas Baterai HP / Ponsel.

Untuk menghindari yang lebih parah lagi, maka segera lepas baterai ponsel Anda. Baterai merupakan sumber listrik utama yang menyuluhkan semua daya ke komponen. Jadi untuk menhindari konsleting, kaberai dilepas saja dulu agar komponen tidak teraliri listrik.

  1. Keluarkan Memori MicroSD dan SIM.

MicroSD dan SIM adalah benda yang sangat penting, dengan tetapnya Memori MicroSD dan SIM di dalam HP itu bisa mengakibatkan kerusakan pada Memori MicroSD dan SIM. Anda pastinya tidak ingin kehilangan no kontak, foto dan data – data penting kan jadi lepas saja Memori MicroSD dan SIM tersebut sampai proses pengeringan beres 100%.

  1. Keringkan Sampai benar-benar kering.

Anda bisa mengeringkan HP dengan Tissu / kain yang mampu menyerap air dengan baik / Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner. Lakukan pengeringan ini dan pastikan air sudah tidak ada lagi, lalu kemudian HP bisa Anda diamkan beberapa saat sampai air sudah benar – benar hilang. Untuk mempercepat pengeringan, saat didiamkan setelah di lap kengan kain, Anda juga bisa menaruh HP di dekat cahaya lampu.

  1. Rendam ke dalam beras

Beras dapat menghisap air dengan sangat baik, jadi Anda juga bisa melakukan cara ini, setelah Anda lap dengan kain, Anda bisa merendamnya ke dalam beras beberapa jam, lebih baik kalau sampai 1 hari / 24 jam.

Beberapa Hal penanganan yang tidak dianjurkan saat HP / Ponsel Anda jatuh ke air.

  1. Mengeringkan dengan cahaya matahari

Bila melakukan pengeringan dengan cara di jemur di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, itu akan mengakibatkan kerusakan pada layar smartphone Anda. Maka ini sangat tidak dianjurkan!.

  1. Mengeringkan dengan Kipas

Tidak disarankan kalau mengeringakan dengan kipas angin, hembusan angin yang dihasilkan mesin kipas angin mampu mendorong air makin dalam lagi yang mengakibatkan air masuk ke komponen lebih dalam lagi.

  1. Menggunakan Hair Dryer

Hair Dryer merupakan alat untuk pengering rambut, yang mampu mengeluarkan angin panas. Kalau disematkan untuk mengeringkan HP, angin panas tersebut akan merusak komponen yang ada. Jadi sebaiknya jangan menggunakan Hair Dryer ini, agar hal buruk tidak menimpa smartphone Anda.

  1. Menggunakan Micro wave

Panas serta gelombang micro yang dihasilakan Micro wave dapat merusak komponen makin parah, bahkan bisa sampai meledak.

Jika semua langkah diatas tidak mampu membuat Ponsel Anda menyala dengan normal lagi, berarti air sudah merusak komponen pada ponsel. Kemungkinan Ponsel milik Anda sudah rusak terenggut oleh ganasnya air. Untuk tindak lanjut, sebaiknya Ponsel bawa ke tukang service untuk diperiksa lagi dan semoga kerusakan tidak parah dan bisa tertolong lagi.

Oke Gays demikian yang bisa kami sampaikan semoga “Tips / Cara Memperbaiki HP Jatuh Kedalam Air” bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa di share ya, terima kasih!!!..