cara membuat kinerja laptop menjadi seperti baru

cara membuat kinerja laptop menjadi seperti baru

Posted on

Whandi.Net ~ Bila laptop kita telah dipakai dalam jangka waktu yang panjang apalagi hitungan tahun, kemungkinan besar kecepatan kinerja laptop sudah tidak seperti dulu layaknya saat baru beli bukan? Bila benar begitu keadaannya, lambatnya kinerja pada laptop biasanya membuat kita jengkel, berselancar di internet saja lambat terlebih kalau sampai produktivitas kerja atau tugas kita terganggu. Hal semacam ini bisa kita atasi dengan beberapa cara.

6 cara membuat kinerja laptop menjadi seperti baru yang patut dilakukan

1. Merapihkan Desktop

Berbagai file yang kita tampilkan pada desktop memang betul membuat kita praktis mengaksesnya, tetapi ketika sudah terlalu banyak dan penuh menumpuk, fil-file ini akan sedikit menggangu kinerja laptop kita menjadi lambat dan juga mengganggu pemandangan, belum tentu juga kita akan selalu membuka fil-file tersebut setiap harinya. Luangkanlah waktu sejenak untuk merapihkan fil-file ini, mungkin Anda bisa membuat satu folder saja pada desktop untuk fil-file yang Anda anggap penting dan agar mudah tetap dicari.

2. Menghapus Start-up Program

Tahukah Anda ketika kita menyalakan laptop, terdapat banyak program yang berjalan otomatis juga ikut berjalan dibelakang? Itulah mengapa laptop baru sangat cepat saat dinyalakan ketimbang dengan laptop yang sudah dipakai lama, karena kemungkinan laptop lama Anda sudah banyak terinstall berbagai program dengan setingan berjalan pada saat start up. Tanpa Anda sadari program-program ini membuat lambat kinerja laptop Anda, tidak perlu menghapus program-program tersebut, tetapi rubah setingannya menjadi tidak start up program, untuk yang belum tahu bagaimana caranya, berikut dikutip dari Opera Software: Pada Windows 8, klik Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager, pilih tab startup lalu non-aktifkan item apapun yang tidak kamu inginkan mulai secara otomatis. Pengguna Mac juga bisa menuju ke System Preferences > Users & Groups/Accounts > Login Items untuk menghapus program.

Baca juga :  Rincian Spesifikasi Samsung Galaxy A50 dan Harga Terbaru Update

3. Hapus Temporary File

Semua yang pernah kita kerjakan atau buka pada browser tetap disimpan oleh laptop kita berupa “Temporary File.” Luangkanlah waktu untuk menghapus file sementara ini, mudahnya silahkan search pada start menu di windows Anda dan ketikan “Disk Cleanup”, biasanya laptop yang aktif dipakai tahunan terdapat temporary file sebesar 2GB, tinggal ikuti petunjuknya dan hapus temporary file, karena file-file ini tidak akan terlalu berguna untuk Anda.

4. Simpan File Besar Ditempat Lain

File besar seperti film atau musik biasanya berkonstribusi besar terhadap habisnya memory laptop kita, ada baiknya memindahkan file-file besar ini kedalam harddisk external sehingga laptop Anda akan dapat bernafas lebih lega seperti saat baru.

5. Scan Virus

Kinerja lambat pada laptop bukan hanya disebabkan karena kelebihan muatan atau banyaknya program yang berjalan, tapi kebanyakan juga bisa terjadi karena virus, semakin lama Anda memakai laptop terkadang kita tidak sadar laptop kita terinfeksi oleh virus entah dari website atau dari koneksi-koneksi USB yang sudah terinfeksi virus sebelumnya. Rajinlah melakukan Scan pada laptop Anda dengan antivirus, sehingga laptop Anda bebas dari virus yang melambatkan kinerja laptop Anda, beberapa virus sangat berbahaya sehingga bisa memperparah kinerja laptop bahkan mengganggu file-file penting Anda.

Baca juga :  begini cara setting keyboard hp xiaomi dengan tepat

6. Disk Defragment

Bila memory sudah lega, virus sudah tidak ada, lalu laptop masih lambat? ada satu hal terakhir yang mungkin dan sangat umum menjadi masalah, yaitu adalah fragmentasi Disk, melakukan disk defragmenter sangat sederhana tetapi lumayan memakan waktu yang agak lama, jadi luangkang waktu Anda saat tidak memakai laptop untuk melakukan hal ini. Caranya cukup mudah yaitu cukup dengan mencari di start menu dan ketikan “disk defragment” di kolom search.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membuat laptop lama Anda seperti laptop baru? hanya beberapa langkah sederhana Anda bisa kembali meningkatkan produktivitas kerja, mengerjakan tugas atau sekedar berselancar dengan nyaman dan cepat di internet. Pastinya tips cara diatas juga bisa di aplikasikan di komputer tidak hanya laptop.