Apakah Pengertian teks eksplanasi menurut para ahli

Apakah Pengertian teks eksplanasi menurut para ahli?

Posted on

Apa saja ciri ciri teks eksplanasi

  1. Punya Pernyataan Umum (pembukaan)
  2. Punya deretan Penjelasan (isi)
  3. Punya Interpretasi (penutup)
  4. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
  5. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan

Jenis-jenis teks eksplanasi menurut para ahli

Sangat perlu untuk kita ketahui bersama, menurut NWS Departement School and Education ada beberapa jenis teks eksplanasi yang sering digunakan, sebagai berikut:

  1. Eksplanasi Faktorial. Jenis teks eksplanasi ini memberikan penjelasan tentang akibat dan hasil dari proses yang terjadi pada peristiwa sebagai contoh proses perubahan iklim dan proses transmigrasi.
  2. Eksplanasi Kausal. Jenis teks eksplanasi ini memberikan informasi tentang sebab dan urutan kejadian secara bertahap sebagai contoh bagaimana banjir bisa terjadi ataupun apa penyebab dari tanah longsor.
  3. Eksplanasi Sequential. Memberikan informasi secara detail tentang proses sebuah kejadian, contohnya metamorfosis pada hewan.
  4. Eksplanasi Teoritis. Teks yang memberikan informasi tentang peluang terjadinya sesuatu akibat sebuah fenomena. Seperti apa yang bisa terjadi jika ada gunung meletus ataupun banjir.
Baca juga :  pengertian sistem secara umum menurut para ahli

Tujuan Teks eksplanasi

Tujuan dari sebuah teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengenai proses terjadinya suatu fenomena (kejadian) alam dan fenomena sosial.

Manfaat teks eksplanasi

Manfaat teks eksplanasi yaitu menambah wawasan tentang informasi kejadian (fenomena), informasi lebih detail berdasarkan pendapat mayoritas dan juga data faktual suatu fenomena.