9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Posted on

Whandi.Net ~ Bagi anda yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, maka anda bisa memilih susu kedelai sebagai minuman alternatif yang sangat menyehatkan. Bahkan diantara para vegetarian yang menghindari makanan berbasis hewani lebih memilih susu kedelai daripada susu sapi untuk mendapatkan asupan protein yang dibutuhkan. Susu kedelai sendiri dibuat dengan cara direndam, digiling, dan kemudian direbus menggunakan air putih, sehingga hasil akhirnya akan tercipta susu kedelai yang penuh dengan nutrisi.

Pada dasarnya, kedelai sendiri merupakan sejenis makanan yang kaya akan berbagai macam jenis kandungan menyehatkan termasuk asam lemak esensial, protein, serat, vitamin dan mineral. Dari satu cangkir (155 gram) dari edamame atau kacang kedelai muda saja sudah mencakup nutrisi sebagai berikut:

Kalori: 189
Karbohidrat: 11,5 gram
Protein: 16,9 gram
Serat: 8,1 gram
Lemak: 8,1 gram
Vitamin C: 16% dari asupan yang direkomendasikan (RDI)
Vitamin K: 52% RDI
Tiamin: 21% RDI
Riboflavin: 14% RDI
Folat: 121% RDI
Zat Besi: 20% RDI
Magnesium: 25% RDI
Fosfor: 26% RDI
Kalium: 19% RDI
Zinc: 14% RDI
Mangan: 79% RDI
Tembaga: 19% RDI

Tak berhenti sampai di sana, kacang kedelai pun memiliki sejumlah kecil dari vitamin E, niasin, vitamin B6, dan asam pantotenat. Selain itu, disertai pula dengan serat prebiotik dan beberapa fitokimia lainnya seperti sterol, isoflavon daidzen, dan genistein. Jenis nutrisi-nutrisi tersebut dapat menyediakan energi dan menjaga agar tubuh anda tetap berfungsi dengan baik hingga tingkat optimal. Jadi sudah jelas bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai yang lezat, anda pun bisa memetik berbagai macam manfaat kesehatan di dalamnya.

9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Adapun beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda petik dari susu kedelai secara spesifik telah kami uraikan dengan terperinci di bawah ini.

1. Meningkatkan Profil Lipid

Atribut paling penting dari susu kedelai adalah kemampuannya dalam meningkatkan profil lipid darah anda. Berbeda dengan susu sapi yang biasanya tinggi akan lemak jenuh dan kolesterol, lemak dari susu kedelai sebagian besar termasuk ke dalam jenis lemak tak jenuh dengan nol kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda di dalam kacang kedelai mampu menghambat transportasi kolesterol ke dalam aliran darah anda.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang kedelai secara teratur dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat LDL di dalam tubuh anda, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik HDL di saat yang bersamaan. Efek kombinasi ini tentunya dapat membuat susu kedelai menjadi salah satu minuman ideal bagi anda yang tengah menderita kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit jantung koroner.

2. Memperkuat Integritas Pembuluh Darah

Asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan fito yang terdapat di dalam kacang kedelai dapat secara efektif menjaga pembuluh darah anda dari lesi dan pendarahan. Senyawa ini dapat mengikat lapisan pembuluh darah anda sekaligus mempertahankan lapisan-lapisan sel anda dari serangan radikal bebas dan penumpukan kolesterol.
Pengikatan nutrisi ini juga dapat meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka bisa jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan dalam darah di tubuh anda.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai secara alami sudah sangat rendah akan gula dibandingkan dengan susu sapi biasa. Susu sapi sendiri mencakup 12 gram gula per cangkirnya, yang mana susu kedelai hanya memiliki kadar gula sebanyak 7 gram saja. Inilah alasan kenapa susu sapi hanya memiliki 80 kalori setara dengan susu skim yang banyak dijual di pasaran.
Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal di dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak usus sehingga menjadi bantuan tambahan bagi anda yang tengah berusaha dalam menurunkan berat badan.
Mengkonsumsi susu kedelai juga dapat memberikan anda dosis serat ekstra agar anda merasa tetap kenyang lebih lama dan terhindar dari mengkonsumsi berbagai macam camilan yang kurang menyehatkan.

4. Cegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber yang kaya akan fitoestrogen, yaitu hormon tanaman unik yang dapat menghambat pertumbuhan testosteron pada pria. Dengan mengurangi kadar testosteron di dalam tubuh ternyata sudah dikaitkan dengan berkurangnya resiko seseorang terkena kanker prostat.
Bahkan beberapa penelitian juga sudah menunjukkan bahwa pria yang memiliki pola makan tinggi akan kacang kedelai lebih mampu terhindar dari perkembangan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

5. Mencegah Sindrom Pasca Menopause

Selama masa menopause, produksi estrogen seorang wanita akan menurun hingga batas minimal. Pengurangan estrogen yang sangat tiba-tiba tersebut dapat menciptakan berbagai macam masalah kesehatan bagi wanita setelah atau pasca menopause.
Pasca menopause sendiri sudah terkenal mampu meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas pada wanita. Mereka juga lebih rentan terkena depresi, perubahan suasana hati, insomnia, dan berbagai macam masalah psikologi lainnya.
Fitoestrogen di dalam kacang kedelai sendiri dapat menjadi pengganti estrogen di tubuh seseorang secara efektif. Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur bisa menjadi salah satu cara terbaik demi mencegah dan mengurangi berbagai macam gejala pasca menopause yang sudah menyerang puluhan juta wanita di seluruh dunia.

6. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis juga merupakan penyakit lainnya yang terkait dengan hormon dan usia. Tetapi untungnya, fitoestrogen di dalam kacang kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh anda dan mencegah hilangnya massa tulang.
Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pastikan anda membeli susu kedelai yang telah diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Pastikan untuk selalu melihat komposisi atau kadar nutrisi yang terkandung di dalam produk susu kedelai sebelum anda membelinya.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa susu kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik HLD di tubuh seseorang, tentunya manfaat ini berdampak terhadap kesehatan jantung anda. Selain itu, susu kedelai juga mampu meningkatkan kadar lipid plasma sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung di kemudian hari. Susu kedelai sangat kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda yang bersama-sama mempromosikan kesehatan jantung anda menjadi lebih baik lagi.

8. Menyembuhkan Masalah Kulit

Jika anda seringkali berhadapan dengan munculnya jerawat di wajah anda, cobalah anda masukkan makanan berbasis kedelai ke dalam daftar pola makan anda. Jenis kacang yang satu ini memiliki kemampuan dalam mengurangi hiperpigmentasi, yaitu sebuah kondisi penggelapan kulit. Tak berhenti sampai di sana, bahkan penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa senyawa yang ditemukan di dalam kedelai memiliki sifat anti-penuaan pada kulit seseorang.

9. Antidepresan

Susu kedelai juga dapat meningkatkan suasana hati anda, karena mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan mood atau suasana hati seseorang. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan magnesium yang akan membantu tubuh melepaskan hormon serotonin yang berfungsi sebagai antidepresan untuk mengurangi stres atau depresi yang mungkin tengah anda alami saat ini.