6 Manfaat Menyehatkan Susu Kambing Bagi Tubuh Anda

6 Manfaat Menyehatkan Susu Kambing Bagi Tubuh Anda

Posted on

Whandi.Net ~ Bagi beberapa orang, susu sapi bukanlah sebuah pilihan karena selain susah dicerna oleh perut, juga sangat tinggi akan allergen, dan dipenuhi dengan laktosa yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Jika anda salah seorang yang anti terhadap susu sapi, mungkin anda ingin mencoba alternatif susu yang berasal dari kambing betina.

Susu kambing sendiri sangatlah kaya akan nutrisi dan menjadi susu alternatif dengan rasa yang nikmat, mudah dicerna oleh usus anda, serta lebih sedikit memunculkan peradangan dibandingkan dengan susu sapi biasa. Untuk alasan inilah, kebanyakan dari mereka yang tengah menjalani pola makan tinggi akan produk susu seperti diet paleo, diet rendah kaborhidrat, dan diet ketosis cenderung lebih merekomendasikan susu kambing.

Dari satu gelas saja (244 gram), susu kambing memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat memukau, diantaranya:
Kalori: 168
Karbohidrat: 10,9 gram
Protein: 8,7 gram
Lemak: 10,1 gram
Kalsium: 327 mg (33% dari kebutuhan yang direkomendasikan)
Fosfor: 271 mg (27%)
Riboflavin: 03 mg (20%)
Kalium: 498 mg (14%)
Vitamin A: 483 IU (10%)
Magnesium: 34,2 mg (9%)
Tiamin: 0,1 mg (8%)
Asam Pantotenat: 0,8 mg (8%)
Vitamin D: 29,3 IU (7%)
Vitamin B6: 0,1 mg (6%)
Tembaga: 0,1 mg (6%)
Selenium: 3,4 mikrogram (5%)
Vitamin C: 3,2 mg (5%)

Tidak hanya dipenuhi dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anda, tetapi juga sangatlah serbaguna. Susu kambing cenderung lebih mudah dibuat menjadi keju sehat, sabun, smoothie, produk perawatan kulit, makanan penutup, dan lebih banyak lagi.

6 Manfaat Menyehatkan Susu Kambing Bagi Tubuh Anda

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh anda dengan mengkonsumsi susu kambing sudah kami paparkan di bawah ini.

1. Lebih Mudah Dicerna

Sementara kandungan lemak dari susu kambing dan susu sapi serupa, tetapi butiran lemak dari susu kambing jauh lebih kecil, sehingga membuat tubuh anda lebih mudah ketika mencernanya.
Saat sampai di perut anda, protein dari susu kambing tersebut akan membentuk dadih yang lebih lembut daripada susu sapi. Hanya sekitar 2 persen saja dadih yang terdapat dalam susu kambing, sementara susu sapi sekitar 10 persen. Dengan begitu, tubuh anda akan mengalami lebih sedikit iritasi saat mencernanya.
Selain itu, susu kambing juga lebih rendah laktosa. Dikarenakan banyak orang merasa intoleran terhadap laktosa, maka susu kambing bisa menjadi alternatif susu sapi yang sangat baik untuk diminum.

2. Lebih Sedikit Alergen dan Peradangan

Mereka yang intoleransi terhadap susu sapi sebenarnya merasa sensitif terhadap salah satu jenis protein yang disebut sebagai A1 kasein, dan kurangnya kemampuan tubuh dalam mencernanya. Bahkan susu sapi bisa dikatakan menjadi allergen nomor wahid diantara anak-anak dan akan terus dialami oleh mereka hingga dewasa nanti. Hal ini karena susu sapi mengandung lebih dari 20 jenis allergen berbeda (salah satunya A1 kasein) yang mana dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh.
Alergi susu sapi seringkali disalah-artikan sebagai gejala alergi musiman, sehingga banyak orang yang sebenarnya merasa intoleran terhadap susu sapi malah tidak menyadarinya. Beberapa gejala umum dari alergi susu sapi adalah dimulai dari gatal-gatal dan pilek, hingga kram perut.
Lantas, kenapa A1 kasein bisa begitu merugikan tubuh? Sebenarnya tidak untuk semua orang. Tetapi bagi bebreapa orang protein ini bisa membuat tubuh anda meradang, dan peradangan sendiri merupakan salah satu akar dari berbagai macam jenis penyakit.
Seperti contohnya A1 kasein ini dapat berkontribusi terhadap berbagai macam masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, usus bocor, dan kolitis. Juga berperan penting dalam memberikan beberapa jenis kondisi kesehatan yang sulit dideteksi seperti jerawat, penyakit autoimun, dan masalah kulit seperti eksim.
Berbeda dengan jenis protein A2 kasein yang sama sekali tidak akan menyebabkan efek peradangan seperti di atas, dan tentunya protein susu kambing hanya berjenis A2 kasein. Dengan begitu membuat susu kambing begitu mirip dengan susu manusia dari wanita yang menyusui.

3. Tinggi Kalsium

Banyak orang yang mengagung-agungkan susu sapi sebagai salah satu sumber makanan terbaik dari kalsium, padahal susu kambing juga memiliki kandungan kalsium yang tidak kalah memukaunya. Bahkan bisa dikatakan susu kambing mengandung mineral yang lebih kaya.
Susu kambing mengandung sekitar 33 persen dari kebutuhan harian anda, dibandingkan dengan susu sapi yang hanya mencakup 28 persen saja.
Kalsium sendiri sangatlah penting terhadap berbagai macam aspek kesehatan tubuh anda. Terutama jika berbicara tentang kesehatan tulang. Faktanya, lebih dari 99 persen kalsium di tubuh anda di temukan di tulang dan gigi. Mineral ini membantu meningkatkan massa tulang dan memberikan kekuatan pada jaringan untuk memaksimalkan kekuatannya.

4. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat utama dari susu kambing baik untuk pria dan wanita adalah kemampuannya dalam memberikan efek terapi terhadap kesehatan jantung. Hal ini karena susu kambing mengandung kadar asam lemak rantai sedang yang tinggi.
Faktanya, terdapat sekitar 30 hingga 35 persen asam lemak rantai sedang di dalam susu kambing, dibandingkan dengan susu sapi yang hanya berisi 15 hingga 20 persen. Alih-alih disimpan sebagai lemak di tubuh, asam lemak ini justru akan memberikan anda dorongan energi demi membantu mengurangi kolesterol.
Asam lemak ini akan membantu mengobati kondisi seperti penyakit jantung koroner dan gangguan usus. Tidak berhenti sampai di sana, susu kambing juga mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL sekaligus mengurangi kolesterol jahat LDL di saat yang bersamaan.

5. Membantu Membuat Kulit Bercahaya

Asam lemak dan trigliserida yang ditemukan di dalam susu kambing tidak hanya membuat bagian dalam tubuh anda berjalan dengan lancar, tetapi juga akan membuat anda nampak bersinar dari luar, karena kualitas pelembabnya akan membantu menjaga kulit anda tetap lembut.
Susu kambing juga memiliki kadar vitamin A yang sangat tinggi, dimana mampu memperbaiki masalah kulit, melawan jerawat, serta meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Sementara itu, asam laktat-nya mampu membantu membersihkan sel-sel kulit mati serta meningkatkan kehalusan dan ketebalan kulit.
Karena susu kambing memiliki kadar pH yang mirip dengan manusia, maka kulit anda dapat menyerapnya dengan sedikit iritasi dan membantu membuatnya tetap jauh dari jangkauan bakteri jahat. Oleh karena alasan inilah, banyak produk kesehatan seringkali memasukkan susu kambing ke dalam lotion dan sabun untuk perawatan kulit alami konsumennya.

6. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Meskipun susu sapi memiliki kadar mineral yang memukau, tetapi jika dibandingkan dengan susu kambing, maka susu kambinglah yang masih menjadi juaranya. Fakta ini telah didukung oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa nutrisi seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor di dalam susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh anda.
Dikarenakan bioavailabilitas dari mineral-mineral inilah susu sapi bisa dijadikan sebagai pengobatan yang menjanjikan untuk mereka yang mengalami defisiensi nutrisi seperti anemia dan demineralisasi tulang. Selain itu, dapat pula dijadikan sebagai pembantu dalam mengatasi kekurangan zat besi dan magnesium di tubuh seseorang.
Faktanya, beberapa penelitian bahkan menyarankan untuk selalu mengkonsumsi susu kambing secara teratur bagi mereka yang tengah menderita masalah malabsorsi, anemia, osteoporosis, atau perawatan dengan suplemen zat besi dalam jangka panjang.
Dengan mengkonsumsi susu kambing secara teratur, maka dapat meningkatkan kemampuan tubuh anda dalam menggunakan zat besi, dan meningkatkan regenerasi hemoglobin. Gabungan ini tentunya menjadikan susu kambing sebagai cara alami dan aman dalam melawan osteoporosis dan anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *