Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

5 Trik Jitu Cara Mendapatkan Beasiswa di Kampus Luar Negeri

Posted on

Whandi.Net ~ Trik atau cara mendapatkan beasiswa di kampus luar negeri memang perlu Anda coba loh. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk bisa sekolah tanpa biaya di luar negeri. Tentu saja pasti Anda pengen bisa berkesempatan kuliah di luar negeri, bukan?

Lalu, apa saja sih keuntungan yang bisa diperoleh ketika bisa mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri? Dan bagaimana tipsnya untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut? Yuk langsung aja ya dibaca penjelasan berikut ini.

Keuntungan Bisa Kuliah Di Luar Negeri

Coba deh saya tanya, siapa yang tidak pengen bisa kuliah di luar negeri? Apalagi Anda kuliah dibiayai oleh pemerintah alias melalui jalur beasiswa. Pastinya deh banyak orang yang pengen bisa mengambil kesempatan ini.

Saat ini ada banyak sekali universitas di luar negeri yang menawarkan beasiswa pendidikan. Bahkan yang menawarkan program beasiswa ini tidak hanya universitas yang biasa namun ada beberapa universitas terkenal di luar negeri yang menawarkan beasiswa pendidikan. Misalnya saja Harvard University, Cambridge University dan sebagainya.

Jika Anda berhasil mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri ini, tentu saja Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang mungkin tidak akan di dapatkan oleh orang lain. Berikut keuntungan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, yaitu :

1. Biaya kuliah full dibiayai oleh pemerintah setempat

Keuntungan utama ketika bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri, Anda akan mendapatkan biaya pendidikan gratis dari pemerintah. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk biaya pendidikan Anda.

Meskipun di biaya pemerintah, Anda tetap bisa kok menikmati semua fasilitas yang ada dalam universitas tersebut. Siapa sih yang gak mau kuliah di universitas ternama di dunia dengan gratis? Pasti mau kan? Hehe

2. Mendapatkan pengalaman yang luar biasa

Pastinya setiap hal yang kita lakukan pasti akan menciptakan sebuah pengalaman yang menyenangkan. Tidak terkecuali dengan kuliah di luar negeri. Dengan kuliah di luar negeri Anda tentunya akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Misalnya saja, Anda akan bertemu dengan orang dari berbagai macam dunia yang mempunyai ras, budaya, dan adat istiadat yang berbeda-beda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman atau mungkin Anda bisa bertukar budaya dengan mereka. Anda juga bisa mempelajari budaya negara lain. Jadi bisa tambah pengetahuan deh.

3. Kuliah sambil wisata

Siapa sih yang gak pengen wisata? Apalagi wisata di luar negeri. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen kuliah Anda ini sembari berwisata di luar negeri. Di waktu selama kuliah atau liburan Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk berwisata ke beberapa tempat terkenal yang menjadi icon dari negara tersebut. Ya, sambil menyelam minum air.

4. Bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri

Jika Anda sudah terbiasa hidup sendiri di negara orang, pastinya Anda akan menjadi seorang yang mempunyai jiwa mandiri. Di sana Anda akan belajar untuk melakukan segala hal dengan mandiri. Mulai dari masak, menyiapkan segala keperluan, mengatur keuangan, dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Kampus Luar Negeri Dengan Mudah

Pada dasarnya, mendapatkan sebuah beasiswa menjadi salah satu cara yang terbaik untuk bisa melanjutkan pendidikan. Apalagi jika Anda punya keinginan buat kuliah di luar negeri tanpa harus mengeluarkan uang selama pendidikan. Tidak ayal, saat ini ada banyak orang yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa luar negeri ini.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri, sebenarnya gampang. Anda tinggal mengikuti tips cara mendapatkan beasiswa di kampus luar negeri berikut ini, yaitu :

1. Jangan mudah buat bertanya dan mencari informasi tentang beasiswa

Anda bisa mencari dan mendapatkan informasi mengenai beasiswa melalui internet atau juga bisa bertanya kepada pihak kampus, penasehat akademik atau dosen yang mengetahui mengenai program beasiswa tersebut. Gali informasi hingga benar-benar Anda paham mengenai hal tersebut.

2. Buatlah list program beasiswa yang pengen kamu lamar

Anda harus lebih dalam mencari tahu mulai dari jenis beasiswa, kualifikasi yang dibutuhkan, dan program studi yang ditawarkan pada program beasiswa tersebut. Anda harus memulai membuat sebuah list untuk mempermudah Anda dalam pencarian program beasiswa.

Ada juga beberapa poin yang sangat perlu Anda perhatikan yaitu Anda harus memasukkan ke dalam sebuah spreadsheet misalnya saja nama universitas, negara, bahasa yang digunakan dan juga program study. Ini bisa dijadikan sebagai bahan acuan untuk melamar beasiswa.

3. Memahami visi dan misi dari program tersebut

Sebelum memulai untuk melamar beasiswa kuliah ke luar negeri, akan sangat baik jika Anda juga harus memahami visi dan misi dari organisasi yang menyediakan program beasiswa tersebut. Anda harus memahami seperti apa visi serta misi dari organisasi tersebut.

Cari tahulah hal-hal yang sangat penting seperti concern dari organisasi tersebut. Anda bisa mengindentifikasi semua informasi yang Anda peroleh mengenai organisasi dan Anda bisa membuat aplikasi Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara mereka melakukan evaluasi kepada pada kandidat penerimaan beasiswa.

4. Pilih negara dengan pelamar beasiswa yang sedikit

Ketika Anda ingin mengajukan beasiswa sebaiknya pilih negara yang peminat program beasiswa sedikit. Ini akan menambah peluang Anda untuk bisa mendapatkan program beasiswa tersebut.

Misalnya saja negara Inggris diminati oleh 500 pelamar maka peluang Anda adanya di angka 1:500. Untuk mempermudah, Anda bisa membuat daftar negara-negara yang peminatnya lebih sedikit dan juga cari tahu lebih dalam mengenai beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut.

5. Buatlah motivation letter yang anti mainstream

Untuk bisa mencapai sesuatu yang kita inginkan pasti harus dilengkapi dengan motivasi terlebih dahulu. Begitu pun ketika Anda ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Dalam pengajuan lamaran beasiswa di luar negeri Anda harus membuat sebuah motivation letter. Motivation letter ini nantinya akan dijadikan sebagai pertimbangan diterima tidaknya lamaran beasiswa Anda.

Buatlah motivation letter yang bagus dan menarik sesuai dengan motivasi Anda kenapa mengikuti program beasiswa kuliah luar negeri. Lengkapi dengan berbagai fakta bahwa Anda benar-benar tertarik untuk mengikuti program tersebut. Cara mendapatkan beasiswa di kampus luar negeri ini sangat ampuh.

Jangan lupa juga untuk membuat tulisan yang rapi dan menarik agar petugas yang mengecek aplikasi lamaran beasiswa kuliah luar negeri menjadi tertarik. Lamaran Anda akan diterima deh.

Itulah tadi lima tips cara mendapatkan beasiswa di kampus luar negeri dengan sangat mudah dan sangat cepat. Jadi, yuk mulai sekarang persiapan diri Anda untuk mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri ini. Saat ini sudah banyak universitas luar negeri yang membuka lowongan beasiswa loh dengan berbagai macam jurusan yang bisa Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *