10 Tempat Wisata Di Jombang Yang Menarik

10 Tempat Wisata Di Jombang Yang Menarik

Posted on

Whandi.Net ~ Kabupaten Jombang terletak tak jauh dari Kota Surabaya, Ibukota Provinsi Jawa Timur. Membutuhkan waktu kurang lebih sekitar satu jam perjalanan untuk menempuh jarak 76 kilometer dari Ibukota Jawa Timur ini, tentunya dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa motor ataupun mobil. Namun, bila hendak menggunakan transportasi umum, Kabupaten Jombang masih bisa diakses dengan menggunakan kereta api atau bus antarkota. Selain dikenal dengan cerita sejarah panjang mengenai kemerdekaan bangsa, Jombang memiliki beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja tempat wisata di Jombang yang menarik dan pastinya wajib untuk dikunjungi,  Berikut ulasannya :

10 Tempat Wisata Di Jombang Yang Menarik untuk di Kunjungi

  1. Wisata Jombang Air Terjun Genjreng

Berlokasi di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Air Terjun Genjreng ini sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana asri yang dapat  menenangkan pikiran penat. Untuk menuju lokasi, para pengunjung harus terlebih dahulu menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari tempat parkiran. Walaupun Air Terjun Genjreng ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 8 meter, namun sensasi keasrian tempat wisata ini dapat begitu terasa.

  1. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang pas bagi para wisatawan yang memiliki kegemaran mengabadikan wisata dengan kamera. Karena di dalam Alas Gedangan Mojoagung ini terdapat beberapa spot yang amat menarik, beberapa di antaranya ialah rumah kayu, gardu pandang, dan replika sarang burung. Salah satu yang tak boleh dilewatkan ialah momen melihat matahari terbit di Bukit Sunrise. Sesuai dengan namanya, di Bukit Sunrise ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise yang amat cantik. Lokasi tempat wisata ini terletak di Dusun Gedangan, Dewa kedung, Kecamatan  Mojoagung, Jombang Jawa Timur.

  1. Bukit Hijau Carangwulung

Bukit Hijau Cakrawulung merupakan sebuah tempat wisata baru yang sedang ramai dibicarakan di Jombang. Tempat wisata ini berisikan area pepohonan pinus yang dihiasi dengan spot gigi. Lokasi wisata ini terletak di Carangwulung,  Wonosalam kabupaten Jombang Jawa Timur. Di tempat wisata ini, para wisatawan bisa mengabadikan momen wisata dengan kamera pada spot-spot menarik, di antaranya sepeda gantung, rumah pohon, dan spot unik lainnya. Disarankan ketika para wisatawan hendak ke Bukit Hijau Carangwulung ini, hendaknya menggunakan kendaraan yang prima, dikarenakan jarak perjalanan menuju bukit  ini cukup berliku.

  1. Tempat Wisata Alam Banyu Mili di Jombang

Wisata Alam Banyu Mili ini merupakan tempat wisata yang menyajikan perjalanan dengan jalur trekking yang cukup menantang. Tetapi di sepanjang para wisatawan melakukan perjalanan, akan dimanjakan dengan keindahan alam yang akan melepas penat di pikiran.

Baca juga :  rekomendasi tempat wisata di yogyakarta yang populer saat ini

Selain lingkungan alamnya yang amat indah dan masih begitu asri, Wisata Alam Banyu Mili juga memberikan fasilitas berupa Hammock di area sekitar yang bisa digunakan apabila para pengunjung merasakan lelah saat mengitari tempat wisata ini. Wisata alam ini juga menyediakan beberapa warung. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Cadang Wulung Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang,  Jawa Timur.

  1. Taman Ponggok Banjarsari

Taman bunga satu ini menghadirkan berbagai macam jenis bunga gumitir atau marigold yang mana memiliki warna kuning-orange. Bunga-bunga ini ditata dengan sedemikian rupa sehingga menjadi spot yang menarik untuk diabadikan lewat kamera.

Selain terdapat bunga marigold, ada ditemukan pula tanaman bunga matahari, padi, labu, dan kedelai. Terdapat kurang lebih sekitar 200 jenis tanaman pangan juga non pangan yang ditanami di tempat wisata ini. Pemilik taman ini berharap, para wisatawan yang kunjung ke tempat ini tidak sekedar untuk kepentingan memotret, namun juga bisa memperdalam wawasan mereka tentang berbagai macam jenis pertanian dari berbagai macam tanaman yang ditanam di tempat ini. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kecamatan Bandar.

  1. Bale Tani Banjaragung

Bale Tani merupakan sebuah tempat wisata terbaru yang menggunakan konsep edukasi di Kabupaten Jombang. Tempat wisata ini menawarkan berbagai  macam pelajaran menyenangkan seputar pertanian. Jenis pertanian yang dikembangkan pada tempat wisata ini ialah tanaman hidroponik, holkultitura, persawahan, lading, peternakan sapi, dan perikanan. Wisata ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, berupa mushola, kolam renang anak, tujuh buah rumah panggung, karaoke keluarga dan spot foto yang kekinian.

Untuk masuk ke Bale Tani, para wisatawan dipatok harga sekitar Rp5.000 – Rp10.000. Tempat wisata ini terletak di Dusun Sering, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

  1. Kampoeng Djawi Wonosalam

Kampoeng Djawi memiliki kondisi udara yang amat segar, dikarenakan di sekitar tempat ini terdapat hamparan sawah dan pegunungan yang membentang. Kampung Djawi merupakan sebuah tempat yang cocok bagi para wisatawan yang hendak melepas penat dari lelahnya berkegiatan, karena para wisatawan akan disajikan oleh suasana perkampungan dengan sentuhan arsitektur Jawa, sesuai dengan namanya, juga keramahan para penduduk Desa Carangwulung. Selain disajikan dengan suasana yang asri, Kampoeng Djawi juga memberikan fasilitas kegiatan outdoor seperti kolam renang, flying fox, dan yang lainnya. Kampoeng Djawi berlokasi di Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

  1. Air Terjun Sangar

Air Terjun Sangar berlokasi di Dusun Sanggar, Desa Jarak kecamatan Wonosalam. Asal mula air terjun ini diberi nama “Sangar” karena destinasi wisata satu ini terkenal dengan keunikannya, yaitu apabila kita mengamati secara seksama akan terlihat seperti bentuk pocong. Selain dikenal dengan kesangarannya, air terjun satu ini juga memiliki aliran yang menawan, bersih, jernih dan juga menyegarkan.

Baca juga :  aneka kue tradisional daerah kalimantan barat

Selain digunakan sebagai spot untuk mengabadikan momen berkunjung dengan kamera, Air Terjun Sangar juga memberikan fasilitas camping di area sekitar mereka bagi para wisatawan yang gemar dengan camping.

  1. Goa Sriti

Berlokasi di Dusun Sidolegi, Sumberejo, Wonosalam, Goa Sriti Jombang dikenal dengan destinasi wisata yang menjaga keasriannya. Karena saat para pengunjung melakukan perjalanan menuju tempat ini, akan disajikan pemandangan hutan yang hijau dan begitu alami. Akses untuk menuju Goa Sriti Jombang juga telah mudah untuk dilewati, lantaran dulunya mulut goa ini tertutup oleh rerumputan serta akar pepohonan, sehingga aksesnya begitu sulit untuk dilewati. Sekarang warga telah memberikan akses mudah dengan menambahkan anak tangga untuk mempermudah perjalanan para wisatawan menuju Goa Sriti Jombang.

  1. Kedung Cinet

Kedung Cinet merupakan sebuah tempat wisata alam yang terbentuk dari kombinasi tebing bebatuan kapur dengan aliran air yang memiliki nuansa hijau di sekitarnya, yang mana akan membuat suasana semakin menjadi asri dan tak akan membuat siapapun yang berkunjung akan merasa bosan. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi para pengunjung yang memiliki hobi hunting. Kedung Cinet berlokasi di Desa Klitih, Kecamatan Pandaan. Walaupun akses untuk menuju lokasi tempat ini belum begitu memadai, namun keindahan dari tempat wisata satu ini akan membuat  perjalanan para pengunjung akan semakin terkesan, karena akan tersaji pemandangan yang asri dengan pepohonan yang hijau.