10 Makanan Peningkat Kesuburan pada Pria dan Wanita

10 Makanan Peningkat Kesuburan pada Pria dan Wanita

Posted on

Whandi.Net ~ Banyak masyarakat kita mulai percaya bahwa asupan makanan tertentu dapat meningkatkan kesuburan atau bahkan menambah peluang untuk hamil. Meskipun sebenarnya tidak terdapat makanan tertentu yang dapat meningkatkan kesuburan anda secara instant, tetapi beberapa makanan memang mampu membantu seseorang untuk meningkatkan kesuburannya baik untuk pria maupun wanita jika dikonsumsi secara teratur.

Tetapi perlu dicatat bahwa jika kurangnya kesuburan anda disebabkan oleh beberapa jenis kondisi kesehatan tertentu, seperti misalnya saluran tuba wanita yang tersumbat sehingga mencegah sperma untuk mencapai sel telur, maka makanan sehat saja tentu tidak akan banyak membantu. Tetapi bagi anda yang memiliki tubuh sehat dan ingin meningkatkan kesuburan melalui makanan, mungkin beberapa daftar makanan di bawah ini bisa membantu anda mencapai apa yang anda inginkan!

1. Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari yang dipanggang tanpa garam sangatlah kaya akan vitamin E, yaitu sejenis nutrisi penting yang telah terbukti dapat meningkatkan jumlah dan mobilitas sperma pada pria. Selain itu, biji bunga matahari juga sangat penuh dengan zinc, folat, dan selenium, yang mana semua nutrisi tersebut sangatlah penting terhadap kesuburan seseorang baik bagi pria maupun wanita. Kuaci juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik.

2. Buah Jeruk

Buah Citrus seperti jeruk sudah terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, yang mana mampu membantu menstabilkan ovulasi dan mendorong pelepasan sel telur. Buah ini juga dikemas dengan kalsium, kalium, dan folat.
Jeruk bali juga sangat tinggi akan poliamina putresin, yang dapat meningkatkan kesehatan sel telur dan sperma. Selain dapat meningkatkan kesehatan reproduksi diri anda sendiri, putresin tersebut juga dapat menurunkan resiko cacat kromoson pada telur yang mengalami ovulasi sebanyak 50%.

3. Keju Matang

Keju matang seperti keju cheddar tua, parmesan, dan manchego juga dapat meningkatkan kesehatan sperma anda. Keju matang sendiri sangatlah tinggi akan kandungan poliamina, yaitu sejenis protein yang bisa anda temukan di dalam produk hewani dan nabati. Mereka juga secara alami hadir dalam tubuh manusia.
Menariknya, penelitian telah menemukan bahwa poliamina mampu memainkan peranan penting terhadap sistem reproduksi seseorang. Keju matang secara khusus mengandung poliamina putresin dalam jumlah besar untuk meningkatkan kesehatan sperma bagi pria. Putresin juga diduga dapat meningkatkan kesehatan sel telur terutama bagi wanita yang sudah berusia 35 tahun ke atas.

4. Susu Kaya Lemak

Susu sapi yang telah menjalani proses pasteurisasi merupakan pilihan yang sangat baik bagi anda untuk kesuburan dan mencapai kehamilan. Tetapi perlu hati-hati untuk mengkonsumsinya jika tubuh anda cenderung tidak toleran terhadap laktosa. Namun bagi anda yang mampu mengkonsumsinya, maka bisa mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa. Kandungan lemak jenuh di dalamnya sangatlah bermanfaat terhadap kesuburan seseorang.

Tak berhenti sampai di sana, minuman ini juga merupakan sumber yang sangat baik akan vitamin larut lemak termasuk vitamin A, vitamin E, vitamin D, vitamin K, dan vitamin K2. Sebuah penelitian dari Harvard menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi produk susu berlemak tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi produk susu berlemak rendah.

Beberapa contoh produk susu rendah lemak diantaranya susu skim, yogurt, dan keju cottage. Nah, jika anda berniat untuk meningkatkan kesuburan anda, gantilah makanan tersebut dengan produk susu berlemak tinggi seperti susu sapi, es krim, keju krim, dan jenis keju lainnya selain keju cottage.

5. Hati

Hati merupakan salah satu jenis makanan yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak dengan tekstur unik yang dimilikinya, hati (terutama hati sapi) ternyata merupakan jenis makanan yang kaya nutrisi. Makanan ini sarat dengan vitamin yang larut dalam lemak, terutama vitamin A.

Selain sebagai sumber makanan dari vitamin A alami, hati juga dikemas dengan zat besi yang mudah diserap yang membantu mencegah keguguran dan anemia pada ibu. Vitamin B12 yang juga hadir dalam hati dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA. Hati juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti kolin, asam lemak omega-3 dan folat.

6. Tomat yang Telah Dimasak

Tomat merupakan buah yang kaya akan nutrisi likopen, yaitu sejenis antioksidan kuat yang dapat membantu menambah kesuburan anda. Likopen sendiri telah dipelajari secara ekstensif untuk peran potensialnya terhadap kesuburan pada pria.

Suplemen likopen telah banyak diteliti sebagai pengobatan yang memungkinkan untuk pengobatan terhadap kesuburan pada pria. Bahkan dalam sebuah penelitian menemukan bahwa asupan suplemen likopen sebanyak 4 hingga 8 mg setiap hari selama 8 hingga 12 bulan menunjukkan terdapat peningkatan kesehatan air mani pada pria dan kemungkinan hamil pada wanita.

Meskipun tomat mentah dan tomat yang telah dimasak keduanya memang mengandung likopen, tetapi kadarnya akan bertambah 2 kali lipat jika anda memasaknya terlebih dahulu. Jadi jika bisa, pastikan anda memasaknya sebelum dimakan dengan cara dicampurkan ke dalam sup, atau berbagai macam cara proses memasak lainnya.

7. Asparagus

Meskipun dapat membuat cairan urin anda berbau busuk, tetapi asparagus masih mampu memberikan anda berbagai macam nutrisi untuk kesehatan anda. Jenis makanan nabati ini rendah akan kalori tetapi masih mampu membuat anda merasa kenyang. Dikatakan pula bahwa asparagus mampu meningkatkan kesuburan anda. Dari satu batang asparagus saja sudah mencakup kebutuhan anda akan vitamin K, 60% folat, dan lebih dari 20% nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B tiamin.

8. Tiram

Tiram bisa muncul di hampir semua daftar makanan yang mampu meningkatkan kesuburan seseorang. Satu porsi dari 6 tiram mentah hanya mengandung 139 kalori tetapi masih dikemas dengan vitamin dan mineral yang penting untuk kesuburan anda, termasuk:
Vitamin B12: 408% dari rekomendasi harian anda.
Zinc: 188%
Selenium: 187%
Zat Besi: 43%
Cara terbaik untuk mengkonsumsi tiram adalah dengan memakannya secara mentah, tetapi jika anda tidak menyukainya, dimasak terlebih dahulu pun tidak jadi masalah.

9. Buah Delima

Terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa buah delima mampu meningkatkan kesuburan karena memiliki banyak sekali biji. Meskipun dugaan ini tidak didukung dengan bukti ilmiah, tetapi ternyata sudah banyak penelitian yang mempelajari keterkaitannya dengan kesuburan pada seseorang.
Jika dilihat secara sekilas, buah delima memang sudah sarat dengan antioksidan yang mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2014 melibatkan 70 orang pria dewasa yang mengkonsumsi ekstrak buah delima dan bubuk akar Galanga selama 3 bulan menunjukkan peningkatan motilitas sperma hingga 62%.

10. Kacang Kenari

Kacang kenari sangatlah kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6, yang mana membuat para peneliti berpendapat bahwa jenis kacang yang satu ini bisa menjadi makanan pembantu peningkat kesuburan pada pria.
Dugaan ini diperkuat oleh penelitian yang melibatkan sebanyak 117 pria dan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok yang mengkonsumsi 75 gram kacang kenari selama 12 minggu berturut-turut memperlihatkan peningkatan vitalitas, pergerakan, dan bentuk dari sperma yang mereka keluarkan.
Para peneliti juga melihat lebih sedikit kelainan kromosom pada contoh sperma tersebut setelah pemiliknya mengkonsumsi kacang kenari secara teratur. Sementara kelompok lainnya yang tidak mengkonsumsi kacang-kacangan cenderung tidak mengalami perubahan.