Wisata Chinatown di Kota Singkawang

Saturday, June 8th, 2019 - Wisata
Advertisement

Kota Singkawang yang berada di Kalimantan Barat menjadi pilihan tujuan wisata yang ideal dan menarik bagi siapapun yang berkunjung ke Pontianak. Di sana akan menemukan berbagai pesona wisata baik alam, budaya, kuliner, dan panorama Chinatown yang sangat kental dengan suasana oriental. Di sini akan disuguhkan berbagai tujuan wisata terlengkap yang berada di Kalimantan Barat. Demi mewujudkan kota jasa, perdagangan, dan agro industri, Walikota Singkawang dan jajarannya terus melakukan pembenahan dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk terus meningkatkan infrastruktur serta sarana penunjang seperti transportasi, hotel, dan tata kota.

Wisata Chinatown di Kota Singkawang

Suasana Wisata Chinatown Singkawang

Di Kota Singkawang, anda akan merasakan suasana yang begitu damai di siang hari dan akan berubah menjadi penuh gempita bagaikan kota metropilitan di malam hari. Kehidupan malamnya lebih ramai dan hidup yang ditandai dengan kerlap kerlip lampu kota, vihara, lampion, serta aktivitas masyarakat yang sedang menikmati sejuknya angin malam serta berbagai wisata kuliner yang khas dan dikenal dengan Pasar Hongkong. Pasar malam ini sangat ramai dengan ragam-ragam penjual makanan. Barisan-barisan gerobag kaki lima yang terdiri dari beragam etnis dan usaha berbaris rapi di tepi Jalan Setiabbudi. Klenteng-klenteng dengan patung Budha mewarnai kota ini, karena sebagian masyarakatnya memeluk agama Budha serta Konghucu. Jadi tidak mengherankan bila kota ini kemudian dikenal dengan sebutan Kota Seribu Klenteng yang merah melentik di bawah langit biru dan jumlahnya yang menyebar di seluruh kota.

Kehidupan Sosial di Kota Singkawang

Di kota ini, dilihat dari aspek sosial memiliki daya tarik serta warna tersendiri. Dimana mayoritas masyarakatnya yang terdiri dari 3 etnis besar yakni Tionghoa, Melayu, dan Dayak serta ditambah beberapa suku yang hidup berdampingan, rukun, serta harmonis. Keharmonisan inilah yang menjadikan masyarakat di Kota Singkawang semakin nampak saat perayaan hari ke 15 tahun baru Imlek yang biasa dikenal dengan Cap Go Meh. Dimana diadakan sebuah festival yang telah dikenal baik di dalam dan luar negeri. Festival Cap Go Meh menjadi agenda budaya kolosal dan dilaksanakan setiap tahun serta dimeriahkan juga dengan kehadiran parade Tatung yaitu manusia yang dimasuki roh dewa atau nenek moyang dari etnis Tionghoa, Melayu, dan juga Dayak.

Maka dari itu, oleh pemerintah pusat, kota ini ditetapkan sebagai salah satu Kota Pusaka Indonesia. Selain budayanya yang terkenal, Singkawang juga terkenal dengan alam nya yang subur dan mampu menghasilkan produk pertanian, perkebunan, serta perikanan yang bisa mendukung pendapatan daerah dan masyarakat. Tidak hanya itu, di sini juga memiliki industri keramik yang motifnya sudah terkenal akan keunikannya dengan pembuatan yang berbeda. Dimana tempat pembakaran keramik tersebut sangat khas berbentuk panjang layaknya hewan naga yang hanya ada di Kota Singkawang.

Advertisement
Wisata Chinatown di Kota Singkawang | admin | 4.5