Pilihan Tujuan Wisata Pulau Terbaik di Pulau Selimpai

Sunday, June 9th, 2019 - Wisata
Advertisement

Pulau Selimpai merupakan andalan pariwisata alam di Provinsi Kalimantan Barat. Ini merupakan wisata pulau dimana banyak pulau yang bertebaran di sepanjang pantai di pesisir Kalimantan Barat. Dari berbagai destinasi wisata pulau yang ada, di pulau inilah merupakan pilihan tujuan wisata pulau yang terbaik di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas. Hal ini dilihat dari keunikan dan kelebihan yang dimiliki dari pulau ini.

Pilihan Tujuan Wisata Pulau Terbaik di Pulau Selimpai

Lokasi Pulau Selimpai

Secara administratif, lokasi pulau Selimpai berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Ini akan menjadi alternatif bagi anda dan keluarga yang ingin berlibur di sebuah pulau yang mungil dan cantik ini. Jauh dari polusi, dan udaranya yang masih sejuk serta memiliki pasir putih yang mengagumkan. Dan juga, di sekelilingnya terdapat hutan pinus yang rindang dengan keindahan laur Natuna, sungai yang membentang indah sekali. Dan tidak ketinggalan anda bisa juga menikmati sunset. Selain itu, di kejauhan anda juga akan dimanjakan sebuah pemandangan yang nampak di area tanjung Datuk yang langsung berbatasan dengan Negara Sarawak di Malaysia. Keunikan lainnya yang semakin membuat anda terpukau adalah keberadaan hutan pinus yang tinggi menjulang berderet dengan rapi di sepanjang bibir pantai. Pulau ini memang terpisah dengan daratan di Kabupaten Sambas, di sebelah barat hingga selatan berbatasan langsung dengan Laut Natuna dan di sebelah utara berbatasan langsung dengan Sungai Merbau. Di antara sisi bibir sungai dan garis laut jaraknya hanya selebar lapangan bola. Apabila anda berdiri di sebelah sungai, maka anda akan melihat ombak dari Laut Natuna. Hembusan anginnya sedang, ombak yang tertinggi di Laut Natuna mencapai 3 sampai 4 meter.

Tempat Bertelurnya Penyu

Satu lagi keeksotisan dari Pulau Selimpai ini adalah di daerah pantainya adalah tempat persinggahan dari penyu. Dalam setahun sekurangnya ada 5 kali satwa langka yang dilindungi ini mampir ke pulau orang bunian tersebut untuk bertelur. Menurut catatan, ada 4 penyu yang kerap mampir di pantai ini, yaitu :

  • Penyu hijau
  • Penyu sisik
  • Penyu lekang
  • Penyu belimbing

Di dunia saat ini hanya terdapat 7 jenis penyu, dan enam diantaranya ada di Indonesia, yaitu penyu sisik, penyu lekang, penyu belimbing, penyu hijau, penyu tempayan, dan penyu pipih. Hewan langkai ini termasuk dalam kategori langka. Ketika naik ke pantai dan bertelur biasanya pada malam hari. Maka dari itu, bila anda yang tidak ingin melewatkan momen tersebut hendaknya harus bermalam di sini. Maka dari itulah pengelola pariwisata lokal berinisiatif untuk membuat sebuah tempat penangkaran yang ada di Pulau Selimpai. Sehingga setiap wisatawan yang berkunjung bisa menyaksikan momen-momen bertelurnya penyu dan melihat anak penyu.

Advertisement
Pilihan Tujuan Wisata Pulau Terbaik di Pulau Selimpai | admin | 4.5