Pengertian teks eksplanasi menurut para ahli

Friday, October 18th, 2019 - Edukasi
Advertisement

Whandi.Net ~ Apakah teks eksplanasi? Mungkin banyak diantara kita bertanya-tanya tentang teks eksplanasi ini, apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks eksplanasi ini. Teks eksplanasi ialah teks yang berisikan mengenai proses bagaimana dan mengapa suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, budaya, sosial, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa yang terjadi baik itu peristiwa alam maupun peristiwa sosial yang terjadi, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan juga proses. Dibawah ini sudah kami siapkan penjelasan lengkap tentang pengertian teks eksplanasi menurut para ahli dan secara umum.

pengertian teks eksplanasi menurut ahli

Pengertian teks eksplanasi secara umum

Secara umum, teks eksplanasi adalah suatu paragraf ataupun teks yang isinya memberikan informasi tentang proses terjadinya suatu fenomena baik fenomena alam, ilmu pengetahuan serta kehidupan budaya dan sosial. Teks eksplanasi ini sering kita jumpai di buku-buku geografi, sains dan juga sejarah.

Baca juga: Inilah pengertian kewirausahaan menurut para ahli

6 pengertian teks eksplanasi menurut para ahli

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) “teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya maupun terbentuknya sesuatu baik itu fenomena alam, kejadian, sosial maupun budaya yang terjadi dalam kehidupan kita.”

Pengertian teks eksplanasi bahasa inggris adalah “Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena.”

Menurut Anton M Moeliono, “teks eksplanasi merupakan sejumlah rentetan kalimat yang saling berhubungan dengan proporsi satu dan yang lainnya. Dalam membuat teks eksplanasi ini dibutuhkan kemampuan menganalisis informasi yang berfungsi untuk memperoleh teks eksplanasi yang lengkap, standar dan sederhana.”

Menurut Wahidi, teks eksplanasi terbagi menjadi beberapa jenis yakni teks eksplanasi yang berisi penjelasan “bagaimana” dan teks eksplanasi yang menjelasnya “mengapa”.

Menurut D.H Fischer, “teks eksplanasi berasal dari explain (penjelasan). Eksplanasi berarti membuat jelas, terang dan bisa dimengerti.{”

Menurut Mahsun, “teks eksplanasi ialah teks yang disusun dengan struktur yang terdiri dari bagian-bagian yang menampilkan pernyataan umum (pembukaan), penjelasan (isi) dan interpretasi (penutup).”

Baca juga: Pengertian sejarah menurut para ahli

Struktur-struktur teks eksplanasi

Ada 3 struktur atau bagian yang ada pada teks eksplanasi yaitu:

  1. Pernyataan umum (pembukaan). Berisikan pernyataan umum tentang topik yang akan dijelaskan di proses terjadinya peristiwa.
  2. Penjelasan (isi) atau urutan sebab akibat. Berisikan tentang atau mengenai detail penjelasan suatu proses terjadinya peristiwa yang disajikan secara urut / bertahap (awal sampai akhir).
  3. Interpretasi (penutup). Berisi mengenai kesimpulan dari topik yang sudah dijelaskan.

Apa saja ciri ciri teks eksplanasi

  1. Punya Pernyataan Umum (pembukaan)
  2. Punya deretan Penjelasan (isi)
  3. Punya Interpretasi (penutup)
  4. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
  5. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan

Jenis-jenis teks eksplanasi menurut para ahli

Sangat perlu untuk kita ketahui bersama, menurut NWS Departement School and Education ada beberapa jenis teks eksplanasi yang sering digunakan, sebagai berikut:

  1. Eksplanasi Faktorial. Jenis teks eksplanasi ini memberikan penjelasan tentang akibat dan hasil dari proses yang terjadi pada peristiwa sebagai contoh proses perubahan iklim dan proses transmigrasi.
  2. Eksplanasi Kausal. Jenis teks eksplanasi ini memberikan informasi tentang sebab dan urutan kejadian secara bertahap sebagai contoh bagaimana banjir bisa terjadi ataupun apa penyebab dari tanah longsor.
  3. Eksplanasi Sequential. Memberikan informasi secara detail tentang proses sebuah kejadian, contohnya metamorfosis pada hewan.
  4. Eksplanasi Teoritis. Teks yang memberikan informasi tentang peluang terjadinya sesuatu akibat sebuah fenomena. Seperti apa yang bisa terjadi jika ada gunung meletus ataupun banjir.

Tujuan Teks eksplanasi

Tujuan dari sebuah teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengenai proses terjadinya suatu fenomena (kejadian) alam dan fenomena sosial.

Manfaat teks eksplanasi

Manfaat teks eksplanasi yaitu menambah wawasan tentang informasi kejadian (fenomena), informasi lebih detail berdasarkan pendapat mayoritas dan juga data faktual suatu fenomena.

Advertisement
Pengertian teks eksplanasi menurut para ahli | admin | 4.5