Pengertian sejarah menurut para ahli

Friday, October 18th, 2019 - Edukasi
Advertisement

Whandi.Net ~ Apa sih itu sejarah? Seringkali kita mendengar kata-kata sejarah baik itu sejarah bangsa, sejarah kehidupan maupun sejarah percintaan. Mau tau lebih lanjut apa itu pengertian sejarah menurut para ahli dan juga pengertian sejarah secara umum? silahkan lanjutnya membaca ulasan lengkapnya dibawah ini.
Pengertian sejarah menurut para ahli

Pengertian sejarah secara umum

Secara umum, definisi sejarah adalah serangkaian kejadian yang terjadi dimasa lalu (lampau) yang disusun berdasarkan dari peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan tersebut merupakan sumber sejarah. Sejarah bisa juga didefinisikan sebagai cabang ilmu yang mengkaji dengan sistematis semua perkembangan proses perubahan serta dinamika kehidupan masyarakat dengan aspek kehidupan dimasa lampau/lalu.

Baca juga: definisi karakter menurut para ahli

Pengertian sejarah secara etimologi

Berdasarkan etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa Arab yakni syajarah (syajaratun) berarti pohon. Di Indonesia sejarah bisa berarti silsilah, riwayat, asal-usul, dan apabila dibuat skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang, ranting, serta daun. Di dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau silsilah.

Pengertian sejarah sebagai ilmu dan contohnya

Sejarah bisa diartikan sebagai ilmu, mengapa demikian? Karena sejarah bisa menjadi sumber pengetahuan mengenai apa yang terjadi di masa lampau. Sejarah merupakan ilmu yang punya fungsi yang sangat besar dalan menyelidiki dan meneliti setiap kejadian-kejadian apa yang  dialami oleh manusia dimasa lampau. Untuk melakukan penelitian sejarah, sangatlah penting untuk menguasai metode ilmiah karena tidak bisa asal atau sembarangan dalam melakukan sebuah penelitian sejarah, karena apa yang akan ditermukan/didapatkan dari penelitian sejarah nantinya akan menjadi sebuah ilmu yang bisa menentukan kondisi di masa selanjutnya.

Baca juga: Inilah pengertian sistem secara umum menurut para ahli

Pengertian sejarah dari berbagai bahasa

  • Dalam bahasa arab, sejarah disebut dengan kalimat sajaratun (syajaroh) bermakna pohon dan keturunan dapat diartikan bahwa sejarah merupakan silsilah keturunan raja-raja yang bermakna peristiwa pemerintahan keluarga raja dimasa lalu/lampau.
  • Pengertian sejarah dalam bahasa inggris, sejarah berasal dari kata Historia berarti masa lampau; masa lampau seluruh umat manusia.
  • Dalam bahasa Yunani, sejarah disebut dengan istoria berarti belajar, sehingga disimpulkan sejarah adalah ilmu pengetahuan yang pelajari semua kejadian, peristiawa yang terjadi dimasa lampau pada kehidupan manusia.
  • Dalam bahasa belanda, sejarah disebut dengan kata gescheiedenis berarti terjadi. Jadi dapat didefinisikan bahwa sejarah adalah sesuatu yang pernah terjadi dimasa lampau kehidupan manusia.
  • Sejarah dalam bahasa jerman berasal dari kata geschichte berarti sesuatu yang terjadi atau yang telah terjadi dimasa lampau kehidupan manusia.

Pengertian sejarah menurut para ahli

Menurut herodotus, sejarah ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi dimasa lampau. Atau satu kajian buat menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

Definisi sejarah menurut moh ali adalah ilmu yang menyelidiki seluruh perubahan dan kejadian yang benar terjadi dimasa lampau.

Menurut ibnu khaldun, sejarah ialah catatan mengenai masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang benar terjadi pada sifat masyarakat tersebut.

Moh yamin mendefinisikan sejarah adalah pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan banyak kejadian dimasa lampau yang bisa dibuktikan dengan banyak kenyataan.

Pengertian sejarah menurut aristoteles adalah satu sistem yang bertujuan untuk meneliti suatu kejadian yang terjadi dimasa lampau disusun sejak awal kejadian dalam bentuk kronologi.

Abdul ghani mendefinisikan sejarah sebagai ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis seluruh perkembangan masyarakat atau manusia dimasa lampau serta kejadian-kejadiannya dengan bermaksud menilai secara kritis hasil penelitian yang diperoleh untuk dijadikan pedomain bagi penilaian dan penentuan arah progres masa depan.

Pengertian sejarah menurut ahmad yamin adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil penelitian/penyelidikan beberapa peristiwa yang bisa dibuktikan dengan kenyataan yang terjadi.

pengertian sejarah menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), adalah 1) Asal-usul (silsilah), 2) Peristiwa dan kejadian yang benar terjadi dimasa lampau, 3) Pengetahuan tentang peristiwa

pengertian sejarah menurut kuntowijoyo, yakni hal-hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis (berhubungan dengan waktu), ideografis (sejarah menggambarkan dan menceritakan sesuatu), unik (berisi hasil penelitian yang cukup unik), dan empiris (bersandar pada mengalaman manusia dimasa lampau yang benar-benar terjadi).

Pengertian sejarah menurut collingwood adalah penyelidikan tentang suatu tindakan manusia yang terjadi dimasa lampau. Sejarah sangat berguna untuk mempelajari tindakan manusia lalu mempelajari hakikat manusia.

Menurut cicero sejarah ialah cahaya kebenaran, guru kehidupan, saksi waktu, atau historia magistar vitae

Definisi sejarah menurut carr adalah studi mengenai  peristiwa dimasa lampau yang faktual bukan kisah fiktif apalagi rekayasa.

Pengertian sejarah menurut cleveland adalah sebuah konsep yang dilihat bertujuan mengenali kehidupan manusia dimasa lampau.

Makna sejarah menurut drs moh hatta, sejarah bukanlah hanya melahirkan kriteria dari kejadian dimasa lampau, melainkan pemahaman masa lampau yang terkandung ragam dinamika, bisa saja berisi problematik pelajaran untuk manusia masa selanjutnya.

Pengertian sejarah menurut diakronik, suatu kejadian yang diceritakan secara kronologis waktunya untuk memahami sejumlah rangkaian peristiwa yang berkaitan pada kurun waktu tertentu.

David Gordon menyebutkan pengertian sejarah adalah sebuah pengalaman kolektif suatu bangsa pada masa lampau.

pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah masa lampau manusia dan seputarnya yang disusun dengan ilmiah dan lengkap mencakup urutan fakta masa itu dengan tafsiran dan juga penjelasan yang memberikan pengertian dan pemahaman mengenai kejadiannya.

Menurut dithley sejarah adalah pengetahuan tentang rasa, sebab sejarah bersifat abstrak tidak mudah untuk menganalisanya. Pemahaman imajinatid mampu membuat fakta sejarah menjadi lebih hidup dan lebih berarti.

Menurut sudut pandang Ernst Bernheim, sejarah adalah sebuah ilmu untuk menelusuri dan menempatkan peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang tentang perkembangan manusia, baik perorangan atau kolektif, sebagai makhluk sosial hubungan sebab akibat baik lahi maupun bathin.

Francis Bacon menjelaskan bahwa sejarah adalah sebagai ilmu atau pengetahuan bersifat individual untuk membedakan dengan philosophia (filsafat) yang membahas tentang hal bersifat umum.

Sejarah menurut Ir Soekarno adalah suatu yang sempurna, satu rangkaian yang lainnya saling berhubungan dengan sebab dan akibat.

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo adalah peristiwa masa lampau yang menjadi dasar untuk masa kini serta menjadi landasan berpijak membangun masa depan.

Makna sejarah menurut Vico adalah disiplin ilmu pertama kali manusia menjadi pusat manusia karena manusialah yang menciptakan sejarah itu.

Advertisement
Pengertian sejarah menurut para ahli | admin | 4.5