Pengertian menstruasi atau haid menurut ahli

Friday, October 18th, 2019 - Edukasi
Advertisement

Whandi.Net ~ Tahukah Anda apa itu Menstruasi atau haid? Pastinya kita sering sekali mendengar kalimat ini dari keluarga (ibu atau saudara perempuan) atau kawan-kawan kita yang cewek bahwa mereka sedang halangan untuk solat atau puasa karena sedang haid atau menstruasi. Haid atau menstruasi merupakan suatu siklus alami pada tubuh setiap wanita (kaum hawa) yakni keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi sebab luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam. Berikut kami berikan informasi lengkap tentang pengertian menstruasi menurut ahli dan juga manfaat dari haid bagi wanita.

Baca juga: pengertian mitosis dan meiosis menurut para ahli

pengertian menstruasi menurut para ahli

Pengertian menstruasi atau haid menurut ahli

Pengertian menstruasi menurut islam adalah darah yang keluar dari dalam rahim perempuan dalam keadaan sehat dan tidak disebabkan melahirkan atau sakit pada waktu tertentu.

Pengertian menstruasi menurut depkes merupakan proses luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak sekali mengandung pembuluh darah.

Menurut sarwono menstruasi ialah gejala periodik pelepasan darah serta mukosa jaringan lapisan dalam rahim lewat vagina.

Pengertian ovulasi

Ovulasi ialah fase yang kedua darisiklus ovarium dimana telur matang yang dilepaskan dari folikel ovarium masuk kedalam saluran telur.

Baca juga: pengertian kewajiban warga negara dan contohnya

Fungsi fungsi menstruasi

Ada beberapa fungsi menstruasi yang terjadi pada kaum hawa yang sangat mengejutkan, apa saja itu? Simak dibawah ini:

  1. Mengenali gejala dan mencegah penyakit. Kok bisa? Silahkan simak pernjelasan berikut ini. Menurut Dr. Lauri Grossman, Chair of the Department of Medicine and Humanistic Studies di American Medical College of Homeopathy, darah, tekstur dan bau darah menstruasi bisa memberikan informasi berharga untuk mengenali gejala awal apakah wanita tersebut memiliki penyakit atau tidak sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan lebih dini.
  2. Bisa menghambat proses penuaan. Nah lo, kok bisa ya menstruasi bisa menghambat proses penuaan? Menurut Dr. Thomas Perls, ahli umur panjang di US, bahwa kaum hawa biasanya proses penuaannya lebih lambat dibandingkan laki-laki karena kandungan zat besi pada tubuh mereka berkurang ketika menstruasi dan lebih hebatnya lagi dengan berkurangnya zat besi pada wanita bisa mengurangi peningkatan penyakit jantung, Alzheimer (pikun) dan stroke.
  3. Pembersih alami. Menstruasi akan melepaskan banyak bakteri jahat dalam sistem repodruksi dan kelebihan zat besi dalam tubuh wanita sehingga bisa mengurangi resiko kanker kardiovaskular dan banyak penyakit lainnya.
  4. Menghilangkan kemarahan dan frustasi. Dipercaya bahwa menstruasi bisa melepaskan frustasi hati yang “mandek”. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, hati memiliki peran yang cukup penting dalam siklus menstruasi dimana ketika energi hati ‘mandek’ maka para wanita akan sering marah, sesak di dada dan frustasi.
  5. Mood dan penampilan bisa makin baik. Menurut Dr. Rebecca Booth, untuk mood dan penampilan yang lebih baik diperoleh dari hormon yang hadir saat menstruasi, biasanya dihari ke-3 atau ke-4 menstruasi, wanita akan memiliki perasaan dan penampilan yang lebih baik jika dibandingkan sebelumnya.
  6. Kepuasan hubungan suami istri yang tinggi. Selama terjadinya menstruasi, testosteron dan libido meningkat sehingga pada wanita tertentu, mereka melakukan hubungan suami istri ketika haid bisa menambah kepuasan yang sangat-sangat jika dibandingkan saat tidak haid.
Advertisement
Pengertian menstruasi atau haid menurut ahli | admin | 4.5