Pengertian Konsep Menurut Beberapa Ahli

Thursday, July 25th, 2019 - Edukasi
Advertisement

Menurut istilah konsep berasal dari bahasa latin “Conceptum” bermakna sesuatu yang dipahami. Secara garis besar konsep bermakna gambaran atau abstraksi ide yang dinyatakan dengan kata maupun simbol. Terdapat banyak sekali pendapat yang mengartikan pengertian dari konsep tergantung dari sudut pandangnya masing-masing. Seperti arti konsep sebagai bagian dari pengertian yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Pengertian konsep lainnya adalah sebagai absatraksi dari suatu ciri yang digunakan untuk mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir. Untuk menambah ilmu pengetahuan anda, berikut ini merupakan beberapa pendapat yang dikemukakan para ahli tentang definisi konsep.

Menurut Soedjadi (2000:14) pengertian konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata.

Pengertian Konsep Menurut Beberapa Ahli
Menurut Bahri (2008:30) pengertian konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek yang dihadapi, sehingga objek-objek ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep sendiri pun dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata (lambang bahasa).
Menurut Singarimbun dan Effendi (2009) pengertian konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan barbagai fenomena yang sama.” Konsep merupakan suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan. Dalam merumuskan kita harus dapat menjelaskannya sesuai dengan maksud kita memakainya.

Ciri-Ciri Konsep
Di dalam sebuah konsep memiliki beberapa ciri-cir, apa saja ciri-ciri dari konsep mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai konsep.

  1. Konsep itu mempunyai sifat abstrak dan merupakan gambaran mental tentang benda, peristiwa ataupun kegiatan.
  2. Konsep ialah kumpulan dari benda-benda yang mempunyai karakteristik ataupun kualitas secara umum. Jadi yang ada di dalam konsep terdapat beberapa hal yang bisa di satukan.
  3. Konsep mempunyai sifat personal, pemahaman orang mengenai konsep “kelompok” misalkan mungkin berbeda dengan pemahaman orang lainnya.
  4. Konsep dipelajari melalui sebuah pengalaman dengan belajar.
  5. Konsep bukanlah persoalan arti dari sebuah kata seperti yang ada di dalam kamus, kamus sendiri memiliki makana lain yang lebih luas.

Fungsi Dari Konsep
Di dalam sebuah konsep terdapat fungsi di dalamnya, untuk mengetahui apa saja fungsi dari konsep mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai konsep ini.

  1. Fungsi Kognitif
  2. Fungsi Evaluatif
  3. Fungsi Operasional
  4. Fungsi Komunikasi Itu saja penjelasan yang dapat di berikan mengenai
Advertisement
Pengertian Konsep Menurut Beberapa Ahli | admin | 4.5