Pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Friday, October 18th, 2019 - Edukasi
Advertisement

Whandi.Net ~ Pastinya kita sudah sangat awam dengan kata yang satu ini wirausaha / kewirausahaan. Namun, apakah kita sudah mengetahui apa arti kewirausahaan yang sebenarnya baik secara umum maupun menurut para ahli. Dibawah ini sudah kami uraikan penjelasan mengenai Pengertian kewirausahaan menurut para ahli secara rinci dan lengkap, silahkan simak saja.

Inilah pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Pengertian kewirausahaan secara umum

Wirausaha berasal dari kata Wira yang bermakna utama, luhur, berani, teladan, gagah atau pejuang dan juga kata usaha yang bermakna suatu kegiatan yang dikerjakan secara berkelanjutan dalan mengelola sumber daya demi sebuah keuntungan. Jadi dapat disimpulkan bahwa makna wirausaha adalah seseorang yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dengan kemampuan yang dimemilikinya. Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses dalam melakukan sesuatu yang kreatif atau baru atau berbeda dengan yang lainnya (inovatif) yang sangat berguna dalam memberikan sebuah nilai yang lebih.

Baca juga: Inilah pengertian konsep menurut beberapa ahli

Pengertian kewirausahaan dari beberapa ahli

Menurut A. Pekerti

Pengertian kewirausahaan ialah kemampuan seseorang untuk mendirikan, mengembangkan, mengatur dan melembagakan perusahaan yang dimiliki.

Menurut Zimmerer

Pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan suatu permasalahan dan memperbaiki kehidupan usaha dengan menemukan peluang.

Menurut KBBI

Pengertian kewirausahaan ialah orang yang pandai atau memiliki bakat mengenai produk baru, menyusun operasi baru untuk membuat produk baru, menentukan cara produksi baru lalu memasarkannya serta mengaturkan permodalan operasi produk baru.

Pengertian kewirausahaan menurut Gede Prama

Kewirausahaan adalah seseorang yang punya keberanian untuk memaksimalkan diri menjadi pelayan bagi orang lain.

Menurut Savary

kewirausahaan adalah sama halnya dengan Enterpreneur yakni orang yang membeli barang dengan harga pasti walaupun dia belum mengetahui berapa harga ekonomisnya nanti akan dijual olehnya.

Menurut Arif F Hadipranata

Kewirausahaan adalah personal ataupun individu yang punya keinginan untuk mengelola dan mengatur urusan yang bisa menghasilkan keuntungan baik berupa finansial atau tidak. Orang yang punya jiwa wirausaha pasti punya keberanian dalan mengambil resiko yang kemungkinan menimpanya selama menjalankan sebuah bisnis.

Menurut Harvey Leibenstein

Pengertian kewirausahaan menurut Harvey Leibenstein adalah berbagai usaha yang dibutuhkan untuk melakukan dan membuat/menciptakan perusahaan disaat pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi secara jelas atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi dengan penuh.

Kewirausahaan menurut INPRES No 4 Tahun 1995 tentang GNMMK (Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan)

Kewirausahaan merupakan semangat, perilaku, sikap dan juga kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang menuju pada upaya (mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan juga produk baru dengan cara meningkatkan efisiensi demi memberikan pelayanan yang jauh lebih baik dan keuntungan yang pastinya lebih besar).

Pengertian kewirausahaan menurut Hisrich Peters

Kewirausahaan merupakan sebuah proses menciptakan sesuatu yang berbeda dan bernilai dengan menggunakan waktu dan sebuah upaya, mengasumsikan kebutuhan financial, resiko sosial, psikis, dan menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan dengan cara personal.

Kewirausahaan menurut Hisrich

Kewirausahaan ialah process of creating something new and assumming the risk and rewards, yaitu  proses membuat/menciptakan sesuatu yang baru (inovatif) dan mengasumsikan resiko dan imbalan.

Pengertian kewirausahaan menurut Richard Cantillon

Kewirausahaan memiliki arti pekerjaaan itu sendiri (wirausaha). Pengusaha membeli sebuah barang pada saat inidengan harga tertentu (pasti) dan akan menjualnya dimasa yang akan datang dengan harga yang tidak menentu. Dengan demikian bisa didefinisikan bagaimana seorang pengusaha berani mengambil resiko atau ketidakpastian akan suatu barang yang dibelinya.

Baca juga: pengertian sistem secara umum menurut para ahli

Menurut Raymond W.Y Kao

Kewirausahaan merupakan proses penciptaan sesuatu yang masih baru dan membuat sesuatu yang sangat berbeda dengan yang sudah ada bertujuan untuk tercapainya kesejahteraan dan nilai tambah bagi masyarakat.

Menurut ahli ekonomi islam

Kewirausahaan merupakan suatu usaha  untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan cara mawujudkan gagasan inovatif (bertindak melakukan sesuatu) dan kreatif (memikirkan sesuatu yang baru).

Menurut ahli psikologi

Definisi wirausaha ialah seseorang yang punya dorongan (motif) kekuatan dari dalam diri untuk mencapai sebuah tujuan, suka melakukan percobaan (eksprimen) untuk menunjukkan kebebasan dirinya lepas dari kekuasaan orang lain.

Menurut ahli ByGrave

Menurut ahli ByGrave, wirausaha merupakan seseorang yang memiliki karakteristik seperti dream, decisiveness, determination, dedication, devotion, details, destiny, distribute dan dollars.

Menurut ahli manajemen

Dalam ilmu manajemen, definisi wirausaha ialah seseorang yang punya kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti material, tenaga kerja, proses produksi, keuangan dan lainnya menjadi peluang usaha yang baru.

Advertisement
Pengertian kewirausahaan menurut para ahli | admin | 4.5