pengertian geografi menurut para ahli

pengertian geografi menurut para ahli

Posted on

Pengertian geografi menurut para ahli ~ Penampakan bentuk bumi amatlah unik sebab terdapat ilmu yang secara khusus mempelajari struktur permukaan bumi ini disebut Ilmu Geografi. Banyak sekali para Ahli dan Pakar yang mendefinisikan apa itu Geografi dengan pandangan berbeda-beda. Oleh karena itu disni kami akan mengulas pengertian geografi menurut para ahli.

Inilah pengertian geografi menurut para ahli

Geografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang keadaan bumi baik itu bentuk, struktur dan lain sebagainya. Geografi berasal dari bahasa Inggris “geography” merupakan turunan dari bahasa Yunani ‘geo’ berarti bumi dan ‘graphien’ berarti tulisan atau penjelasan.

Sehingga dapat kita artikan bahwa Geografi merupakan ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Baca juga : Cara berhenti merokok cepat dan mudah

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pendapat yang berebeda-beda tentang Ilmu Geografi berikut adalah penjelasanya :

Alexander von Humboldt
Alexander manyatakan bahwa gegorafi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.

Bintarto (1977)
Menurut Bintarto Geografi merupakan sebuah Ilmu mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaanbumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secarafisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannyamelalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentinganprogram, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Claudius Ptolomaeus
Claudius Ptolomaeus mengartikan geografi sebagai suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Daldjoeni
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawai di muka Bumi.

Depdikbud (1989)
Pengertian Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Elsworth Huntington
Geografi adalah studi tentang fenomena pemukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.

Friederich Ratzel
Dalam bukunya yang berjudul “Politische Geographie” Friederich Ratzel menjelaskan bahwa wilayah geografis sebagai sarana bagi organism untuk berkembang.

Halford Mackinder
Menurut Mackinder, Geografi adalah ilmu yang fungsi utamanya menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.

Hartshorne (1950)
Pengertian Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsiyang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi.

Immanuel Kant
Geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yanb tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

Baca juga : Obat Sakit Kepala Alami Berdasarkan Jenisnya

John Mackinder
John Mackinder berpendapat bahwa sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.

Lobeck
Menurut Lobeck pada tahun 1939 yang dimaksud dengan geografi adalah studi atau ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan- hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik (baca: fungsi lingkungan).

Karl Ritter
Karl Ritter menyatakan Geografi sebagai ilmu tentang daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi (Different areal) dalam keragamannya.

Paul Vidal de La Blace (1915)
Paul Vidal de La Blace menyatakan Geografi sebagai sebuah ilmu tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung pada bagaimana cara manusia mengelola alam ini.

Richard Hartshorne
Menurut Richard Hartshorne Geografi merupakan suatu disiplin ilmu yang menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel – variabel dari suatu tempat ke tempat lain di permukaan bumi sebagai tempat hidup manusia.

Preston E. James
Pengertian Geografi adalah induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu dimulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing- masing.

Von Rithoffen
Von Rithoffen mengemukakan bahwa geografi adalah studi tentang gejala dan sifat- sifat permukaan Bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala- gejala dan sifat tersebut.

Baca juga : Resep Nasi Goreng Ikan Asin super enak

Demikian kajian Ilmu Geografi secara umum dan menurut pendapat para pakar. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan anda.

Leave a Reply