Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Alam Indah Kota Tegal

Thursday, March 21st, 2019 - Wisata
Advertisement

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam, flora dan fauna serta beraneka ragam budaya, yang semuanya itu dapat memberikan devisa yang cukup besar bagi dunia pariwisata. Secara umum pariwisata dipandang sebagai sektor yang dapat mendorong dan meningkatkan kegiatan pembangunan, membuka lapangan usaha baru, membuka lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta pendapatan asli daerah, apabila dapat dikelola dan dikembangkan secara maksimal. Usaha pembangunan di bidang pariwisata bukanlah suatu hal yang mudah di masa sekarang ini, karena banyaknya kendala akibat adanya dampak dari krisis multi dimensi, yang akhir-akhir ini melanda Indonesia. Kondisi ini sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya yang dimiliki Negara Indonesia.

Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Alam Indah Kota Tegal
Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Alam Indah Kota Tegal

Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang dilewati garis khatulistiwa menjadikan Indonesia memiliki iklim yang memunculkan beraneka ragam flora dan fauna yang mempesona para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Keadaan geografis Indonesia yang berupa hutan hujan tropis, gunung, pantai, dan juga lautan serta keanekaragaman budaya yang merupakan modal dasar yang sangat potensial untuk dijadikan Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang terkenal di dunia.

Dilatarbelakangi oleh keindahan alam dan keanekaragaman budaya, menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang terkenal akan objek wisata, baik itu objek wisata alam maupun objek wisata budaya. Selain untuk menjaga kelangsungan hidup para pelaku wisata, pendapatan dari objek-objek wisata juga dapat meningkatkan pemasukan bagi pemerintah daerah khususnya dan pemerintah pusat pada umumnya. Untuk kelancaran pengembangan pariwisata diperlukan beberapa pendorong yang penting antara lain seperti jalan yang baik, transportasi darat, laut, udara, dan akomodasi sebagai sarana yang tak kalah pentingnya dalam pengembangan pariwisata. Pengelolaan kegiatan pariwisata sangat diperlukan dalam rangka menahan wisatawan untuk tinggal lebih lama di daerah tujuan wisata dan bagaimana wisatawan membelanjakan uang sebanyak-banyaknya selama melakukan wisata. Makin lama wisatawan berada di suatu tempat wisata akan meningkatkan pengeluaran mereka, sehingga akan membangkitkan perusahaan jasa transportasi, hiburan, akomodasi, dan jasa lainnya.

Kawasan pariwisata alam memberikan keindahan panorama alam yang dapat menjadi potensi objek wisata, jika dikelola dengan bijak. Kegiatan-kegiatan di areal wisata yang dilakukan menekankan keterlibatan pada berbagai pihak seperti pemerintah setempat, pengelola, masyarakat sekitar dan pengunjung wisata. Dari kegiatan pariwisata ini tentunya membawa pengaruh terhadap ekonomi, sosial, budaya dan ekologi yang akan berdampak pada kesejahteraan ekonomi dan kelestarian budaya serta lingkungan hidup pada masyarakat sekitar kawasan ekowisata. Yoelianto (2008), menyatakan bahwa beberapa langkah konkret yang dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya pengembangan potensi objek-objek wisata alam antara lain dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang objek wisata dalam merawat dan melestarikan lingkungan serta menjalain kerja sama dengan pihak swasta. Hal tersebut dilakukan dengan harapan pengelolaan objek wisata yang ada lebih terjamin dan terarah.

Sekarang ini setiap daerah di Indonesia mulai berbenah dan menata diri kembali untuk mulai menyusun rencana pengembangan potensi daerah masing-masing. Salah satu daerah yang mengikuti langkah tersebut adalah Kota Tegal. Daerah Kota Tegal adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang mempunyai potensi dalam bidang perekonomian dan perdagangan di wilayah pantura (Pantai Utara Laut Jawa) yang baik. Di Tegal mempunyai beberapa wisata dan di antara nya dua kawasan pantai yaitu Purwa hamba Indah (Pur-In) dan Pantai Alam Indah (PAI) dll. Di satu sisi taman wisata Pantai Alam Indah tidak ada kemajuan yang pada akhirnya taman wisata ini sekarang sepi pengunjung karena tidak adanya perubahan yang signifikan dan sekarang ini taman wisata ini menjadi vakum.

Potensi wisata yang selama ini di kenal di Kota Tegal adalah Pantai Alam Indah atau biasa di kenal masyarakat dengan sebutan PAI. PAI merupakan satu-satunya objek wisata andalan bagi Kota Tegal, namun belum dikembangkan seluruh potensinya, hanya dibiarkan apa adanya dan sangat bersifat alami, artinya bahwa belum adanya fasilitas unggulan yang dapat di tawarkan pada wisatawan. Pantai Alam Indah Tegal memiliki kondisi air yang relatif tenang dan mempunyai letak yang strategis, yaitu terletak relatif dekat dengan jalur Pantura. Sebagai salah satu aset wisata Kota Tegal, PIA menjadi sangat potensial untuk dikembangkan sebagai objek wisata kota, mengingat objek wisata pantai lain di jalur Pantura terutama pantai Purwa hamba Indah (Pur-In) yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Tegal sudah lebih berkembang dibandingkan PAI. Upaya pengembangan PAI bukan ditujukan untuk menciptakan objek wisata yang menandingi objek wisata Pur-In, tapi justru diharapkan dapat mensupport dan menjadi satu rangkaian paket wisata dengan objek wisata Pur-In dan objek wisata lain di Jalur Pantura. Pengembangan ini diharapkan dapat dijadikan alternatif tujuan wisata pantai khususnya di jalur pantura dan diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan baru bagi pengembangan pariwisata perkotaan dan menjadi ciri khas / landmark yang menjadi tujuan wisata daerah Tegal sendiri maupun regional.

Salah satu sumber belajar geografi adalah lingkungan. Lingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi manusia. Bagi pembelajaran geografi, begitu banyak aspek dalam lingkungan yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran geografi adalah Pantai Alam Indah. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar lebih bermakna dan bernilai, karena peserta didik diharapkan dapat lebih memahami fenomena yang ada di lapangan. Aktivitas peserta didik akan lebih meningkat, karena peserta didik dapat membuktikan sesuatu, menguji fakta, dan memahami gejala yang ada di lapangan.

Upaya pengembangan Objek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal merupakan suatu terobosan untuk pengembangan pariwisata Kota Tegal. Pengembangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal, pengembangan tersebut juga diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran geografi sebagai upaya dalam memberikan informasi pada masyarakat dan wisatawan sehingga diharapkan peningkatan jumlah wisatawan di Pantai Alam Indah Kota Tegal.

Advertisement
Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Alam Indah Kota Tegal | admin | 4.5