Lemang Simbol Makanan Pribumi Kalimantan Barat

Tuesday, July 9th, 2019 - Resep Masakan, Wisata
Advertisement

Whandi.Net ~ Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang makanan khas Kalimantan Barat yang banyak digemari masyarakat setempat, yaitu Lemang atau juga sering disebut sebagai Pulut. Lemang merupakan makanan khas suku dayak dan melayu di Kalimantan Barat. Makanan ini dimasak di dalam bambu yang berbahan dasar nasi yang sudah dicampur dengan santan dan diberi bumbu khas.

Baca juga: Keindahan Panorama Air Terjun Riam Merasap Kalbar

Kalbar merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan letaknya di bagian barat Pulau Kalimantan dengan ibukota di Kota Pontianak. Kalimantan Barat ini pun merupakan provinsi yang terluas keempat setelah Papua. Mendapat julukan Seribu Sungai menyebabkan transportasi andalan yang ada di daerah ini memang perahu. Daerah ini pun memiliki ratusan sungai yang besar maupun kecil dan beberapa di antaranya sering dilayari. Nah, berbicara mengenai makanan khas dari Kalimantan Barat ini memang tak ada habisnya karena sangat beragam mulai dari makanan berat hingga makanan ringan dan juga mulai dari yang gurih hingga asin.

Lemang Simbol Makanan Pribumi Kalimantan Barat

Sebelum di masak, bambu tersebut di dalamnya dilapisi dengan daun pisang terlebih dahulu tujuannya supaya nanti nasi pulut tidak akan lengket dan mudah untuk diambil. Kemudian bambu yang di dalamnya telah terisi dengan beras pulut tersebut langsung dipanggang menggunakan perapian tradisional. Banyak orang menggemari makanan pulut ini ketika sedang bersantai sembari ditemani dengan secangkir kopi ataupun teh, karena akan terasa lebih nikmat.

Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Selain ditemani dengan secangkir kopi ataupun teh, pada umumnya masyarakat Pontianak juga senang menyantap makanan pulut ini dengan cara asin atau disantap bersama rendang, telur,sambal dan lauk-pauk lainnya. Sedangkan di daerah lain cara menyantap lemangg juga berbeda-beda dari daerah ke daerah. Ada yang senang menikmatinya dengan cara manis ditambah selai, kinca, serikaya dan ada juga yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian.

Lemang juga dikenal sebagai makanan favorit multi etnik orang-orang di Pontianak selama Ramadhan, bisa dikatakan penjual musiman lemang merupakan penyelamat makanan tradisional Kalimantan Barat dari kepunahan. Lemang sebagai simbol makanan pribumi Kalimantan Barat tidak cuma disenangi masyarakat setempat saja namun juga oleh orang-orang non pribumi.

Advertisement
Lemang Simbol Makanan Pribumi Kalimantan Barat | admin | 4.5