manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kulit buah Semangka – Anda pasti bingung, apa iya kulit semangka ada gizinya? Padahal kan cuman kulit, lagi pula rasanya tidak manis dan kurang sedap saat dimakan. Jangan salah, didalam kulit semangka terkandung nutrisi yang tinggi bahkan tidak kalah dengan daging buahnya.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA) salah satu departemen di Amerika serikat yang menangani masalah pertanian menyebutkan bahwa, didalam kulit semangka terdapat kandungan salah satu asam amino yaitu citrulline, asam amino jenis ini banyak terdapat didalam kulit semangka dari pada daging buahnya, kulit semangka yang dimaksud adalah yang mempunyai warna putih bukan yang hijau.

Baca juga: cara menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah

Apa sih manfaat dari asam amino citrulline? Menurut beberapa peneliti asam amino jenis ini dapat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

Karena rasa kulit semangka yang hambar dan teksturnya yang keras kebanyakan orang malas untuk mengkonsumsinya, maka dari itu kami dari Whandi.Net akan memberikan tips bagaimana mengolah kulit semangka sehingga dapat dikonsumsi dan rasanya lezat.

Cara mengolah kulit semangka, dan berbagai macam olahan kulit semangka yang lezat
Dibuat jus segar
Untuk cara mengolah kulit semangka anda dapat mengupas kulit semangka hanya pada bagian hijaunya saja, kemudian setelah bersih hancurkan dengan menggunakan blender, dengan begitu anda tetap akan merasakan manisnya buah semangka dalam bentuk jus, walaupun itu bersama dengan kulitnya, dan tentunya khasiatnya juga meningkat.

Dilapisi dengan karamel
Anda dapat melapisi kulit semangka dengan karamel, dengan begitu kulit semangka akan berasa manis dan anda akan suka memakannya, atau bisa juga dimakan bersamaan dengan es krim sebagai topping yang lezat.

Masakan tumis kulit semangka
Kulit semangka juga dapat ditumis lho, jika anda senang dengam makanan seperti tumis kangkung, daging atau yang lainnya, anda dapat menambahkan kulit semangka yang di iris tipis-tipis. Usahakan saat menambahkan kulit semangka ketika tumis sudah hampir matang, sehingga tekstur renyah dari kulit semangka tetap terjaga.

Baca juga: cara berhenti merokok dengan cepat dan mudah

Acar kulit buah semangka
Karena teksturnya yang renyah, kulit semangka juga dapat dibuat menjadi acar, rasanya juga enak lho, hampir sama seperti timun, sehingga anda tidak akan menyangka bahwa itu sebenarnya adalah kulit semangka.

Selai kulit semangka
Selai? Apakah benar bisa? Tentu saja bisa, di sebagian negara timur tengah kulit semangka bahkan dijadikan selai. Cara pengolahannya mungkin hampir sama dengan pembuatan selai pada umumnya.

Itulah khasiat dan manfaat kulit buah semangka, tidak hanya kulit manggis tapi kulit semangka juga ada ekstraknya.

Leave a Reply