Keindahan Panorama Air Terjun Riam Merasap Kalbar

Tuesday, June 11th, 2019 - Wisata
Advertisement

Air terjun riam merasap merupakan sebuah objek wisata yang berupa air terjun berada di Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada di Desa Batang Air, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Untuk aksesnya dari kota Pontianak menuju air terjun tersebut bisa ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 8 jam perjalanan yang jaraknya 300 km. Sedangkan jarak tempuh dari Kecamatan Sajingan Besar, Sambas sekitar 15 kilometer, dari pusat kota Bengkayang sekitar 63 km, dari sebelah timur kota Singkawang sekitar 130 km, dan dari perbatasan Indonesia – Malaysia hanya berjarak sekitar 10 km.

Keindahan Panorama Air Terjun Riam Merasap Kalbar

Demografi Air Terjun Riam Merasap Kalimantan Barat

Objek wisata air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan lebar sekitar 8 meter. Airnya yang jernih mengalir memberikan sebuah panorama rimba tropis khas ala Kalimantan yang makin membuat keindahan dari air terjun ini. Tidak jauh dari alirannya, terdapat sebuah aliran air terjun lagi yang dinamakan Riam Naik Kubik yang tingginya sekitar 8 meter dan juga panoramanya tidak kalah mengagumkan. Pemerintah setempat memanfaatkan air terjun ini sebagai sumber listrik dan dibangun PLTA karena debit airnya yang tinggi. Maka tidak heran bila banyak yang menganggap bahwa air terjun ini merupakan miniatur dari air terjun Niagara di Amerika Serikat. Di kawasan wisata ini para pengunjung bisa menikmati sensasi rappeling dan arung jeram. Sungguh ini merupakan pengalaman yang sangat mengesankan bagi para wisatawan yang hobi berpetualang.

Kondisi Alam Air Terjun Riam Merasap

Untuk mencapai lokasi dari air terjun tersebut, anda harus berhati-hati karena jalannya yang cukup terjal dan licin. Karena belum dibuatkan tangga untuk turun, meskipun demikian anda bisa menikmati panoramanya yang sangat mengagumkan tersebut sambil anda berhati-hati dalam melintasinya. Di air terjun riam merasap, anda tidak akan menemukan fasilitas apapun. Karena memang objek wisata ini masih alami. Dan untuk memasuki lokasi air terjun ini pun tidak dikenakan biaya apapun kecuali hanya untuk parkir kendaraan karena untuk mencapai lokasinya harus berjalan kaki.

Di sekitar bulan Mei dan Oktober banyak pengunjung yang mendatangi lokasi air terjun ini karena di bagian hulu air terjun ini terdapat Gua Maria yang merupakan tempat ziarah umat Katholik. Di mana pada bulan-bulan tersebut merupakan penutupan untuk bulan MAria yang diyakini para pemeluknya. Menarik bukan? Bila anda menyenangi wisata alam yang masih asri dan alami, air terjun riam merasap merupakan pilihan tujuan wisata anda. Anda bisa melakukan perjalanan wisata sembari berpetualang dengan rangkaian kegiatan olahraga-olahraga ekstrem yang bisa anda ikuti seperti rapelling dan juga arung jeram yang mampu memacu adrenalin anda dalam memanfaatkan waktu libur anda. Agendakan liburan anda untuk mengunjungi air terjun riam merasap untuk pilihan wisata dan petualangan anda.

Advertisement
Keindahan Panorama Air Terjun Riam Merasap Kalbar | admin | 4.5