Inilah cara melihat pengumuman sbmptn

Thursday, July 4th, 2019 - Edukasi
Advertisement

Whandi.Net ~ UTBK dan pendaftaran SBMPTN sudah berakhir dan tiba waktu yang ditunggu-tunggu oleh peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) untuk melihat hasilnya apakah peserta atau calon mahasiswa lulus di universitas negeri yang dipilihnya. Dibawah ini sudah saya jelaskan bagaimana cara melihat pengumuman sbmptn 2019, untuk cara lengkapnya bisa disimak diartikel saya ini.

cara melihat pengumuman sbmptn

Mungkin banyak yang bertanya-tanya pengumuman sbmptn 2019 tanggal berapa atau pengumuman sbmptn 2019 kapan ? sesuai dengan jadwal yang sudah diedarkan oleh pihak LTMPT (Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi), bahwa pengumuman kelulusan SBMPTN akan ditetapkan pada hari Selasa tanggal 9 Juli 2019 yang bisa di cek di ltmpt.ac.id atau sejumlah laman mirror perguruan tinggi negeri.

Baca juga: syarat dan tata cara mendaftar sbmptn 2019

Jika calon mahasiswa sudah mengetahui bagaimana cara melihat pengumuman sbmptn dan dinyatakan lulus di Universitas Negeri yang dipilihnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan daftar ulang yang jadwal dan lokasi daftar ulang sesuai dengan ketentuan Universitas Negeri yang dipilih.

Adapun Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk proses daftar ulang seperti berikut ini:
1. Mengisi Biodata Pendaftaran Ulang
Untuk mengisi biodata pendaftaran ulang, maka silahkan buka website resmi Universitas tujuan anda. Kemudian mengisi semua data pendaftaran ulang. Jika telah selesai, maka cetaklah formulir pendaftaran ulang tersebut dan serahkan kepada panitia pada saat penyerahan berkas registrasi ulang. Agar lebih paham, silahkan baca dan ikuti alur pendaftaran ulang yang telah ditentukan.

2. Pembayaran Biaya UKT
Mahasiswa baru yang telah lulus SBMPTN diwajibkan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) (untuk yang non Bidikmisi), sedangkan untuk yang lulus jalur Bidikmisi SBMPTN tidak perlu membayar UKT. Pembayaran dilakukan melalui Bank yang telah bekerja sama dengan Universitas tujuan anda. Misalnya saja pembayaran UKT Universitas Sriwijaya, maka pembayaran UKT dilakukan melalui Bank Sumsel Babel atau Bank BNI. Besarnya Biaya UKT yang harus dibayar bisa dilihat pada website resmi Universitas tujuan anda. Ingat, jangan sampai anda telat membayar biaya UKT karena itu akan merugikan diri anda sendiri.

3. Tes Kesehatan/Narkoba
Tes Kesehatan/Narkoba dimaksudkan untuk mengetahui apakah mahasiswa baru tersebut benar-benar sehat dan terbebas dari narkoba atau tidak. Setiap mahasiswa baru diharuskan mengikuti Tes Kesehatan/Narkoba di Universitas masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tes Kesehatan/Narkoba yang dilakukan tergantung dari Universitas tujuan anda, biasanya ada yang berupa tes kesehatan mata dan tes urine. Apabila di Universitas tersebut tidak mengadakan tes kesehatan, maka anda perlu membuat Surat keterangan sehat dari Dokter Pemerintah dengan datang langsung ke Puskesmas / Rumah Sakit terdekat.

4. Penyerahan Berkas Pendaftaran Ulang 
Berkas pendaftaran ulang diserahkan kepada panitia penyelenggara SBMPTN di Universitas tujuan anda. Biasanya berkas pendaftaran ulang yang harus dibawa berupa :

  • Kartu tanda peserta SBMPTN
  • Print out formulir registrasi ulang
  • Membawa ijazah beserta fotocopy-nya atau surat keterangan lulus dari Sekolah
  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
  • Pas foto ukuran 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6
  • Materai Rp. 6000
  • Surat keterangan telah mengikuti Tes Kesehatan/Narkoba atau Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah
  • Mengisi lembar surat pernyataan, dilihat website universitas (jika ada)
  • Bukti telah membayar UKT semester 1
  • Membawa Kartu Keluarga asli dan foto copy
  • Slip gaji orangtua atau surat keterangan penghasilan dari pemerintah/kelurahan setempat
  • Bukti pembayaran Pajak bumi dan bangunan terakhir
  • Rekening listrik
  • Lulusan Program paket C, harus melampirkan foto copy rapor tiga tahun terakhir.

Dari berkas-berkas yang telah disebutkan di atas, tidak semua Universitas mewajibkan anda untuk membawa semua berkas di atas. Anda hanya perlu membawa berkas sesuai ketentuan dari Universitas tujuan anda. Berkas-berkas yang anda bawa tersebut diserahkan kepada Panitia atau BAAK Universitas tujuan anda untuk diverifikasi.

5. Mengikuti Opdik dan Perkuliahan

Opdik merupakan suatu tahapan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Salah satu tujuannya adalah agar mahasiswa baru mengetahui bagaimana sistem perkuliahan di Universitas tersebut. Pada tahap Opdik inilah, mahasiswa baru belajar untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Setelah mengikuti Opdik, maka mahasiswa baru mengikuti perkuliahan di Universitas yang telah dipilihnya.

Advertisement
Inilah cara melihat pengumuman sbmptn | admin | 4.5