definisi karakter menurut para ahli

Definisi karakter menurut para ahli ~ Di kehidupan sehari – hari, kita sering kali menyamakan istilah karakter dengan watak, sifat, atau pun kepribadian. Padahal, jika ditelisik lebih lanjut, arti kata karakter dengan watak atau pun sifat taklah sama.

Lantas apa sih arti kata karakter itu? Pada dasarnya karakter ialah akumulasi dari sifat, watak, dan juga kepribadian seseorang. Selain pengertian ini, ada banyak sekali pengertian kata karakter yg diungkapkan oleh para ahli sperti beberapa contohnya ialah sebagai berikut :

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Maxwell
Menurut Maxwell, karakter jauh lebih baik dari sekedar perkataan. Lebih dari itu, karakter ialah sebuah pilihan yg menentukan tingkat kesuksesan.

Baca juga: pengertian sistem secara umum menurut para ahli

Wyne
Menurut Wyne, karakter menandai bagaimana cara atau pun teknis tuk memfoukuskan penerapan nilai kebaikan ke dalam tindakan atau pun tingkah laku.

Kamisa
Menurut Kamisa, pengertian karakter ialah sifat – sifat kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti yg dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari orang lain. Berkarakter dapat diartikan memiliki watak dan juga kepribadian.

Doni Kusuma
Menurut Doni Kusuma, karakter ialah ciri, gaya, sifat, atau pun katakeristik diri seseorang yg berasal dari bentukan atau pun tempaan yg didapatkan dari lingkungan sekitarnya.

W. B. Saunders
Menurut W. B. Saunders, karakter ialah sifat nyata dan berbeda yg ditunjukkan oleh individu. Karakter dapat dilihat dari berbagai macam atribut yg ada dalam pola tingkah laku individu.

Baca juga: manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan

Gulo W.
Menurut Gulo W. Pengertian karakter ialah kepribadian yg dilihat dari titik tolak etis atau pun moral (sperti contohnya kejujuran seseorang). Karakter biasanya memiliki hubungan dengan sifat – sifat yg relatif tetap.

Alwisol
Menurut Alwisol, karakter ialah penggambaran tingkah laku yg dilaksanakan dengan menonjolkan nilai (benar – salah, baik – buruk) secara implisit atau pun ekspilisit. Karakter berbeda dengan kepribadian yg sama sekali tak menygkut nilai – nilai.

Proses Terbentuknya Karakter
Karakter yg dimiliki oleh seseorang pada dasarnya terbentuk melalui proses pembelajaran yg cukup panjang. Karakter manusia bukanlah sesuatu yg dibawa sejak lahir. Lebih dari itu, karakter ialah bentukan atau pun tempaan lingkungan dan juga orang – orang yg ada di sekitar lingkungan tersebut.

Karakter dibentuk melalui proses pembelajaran di beberapa tempat, sperti di rumah, sekolah, dan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Pihak – pihak yg berperan penting dalam pembentukan karakter seseorang yaitu keluarga, guru, dan teman sebaya.

Karakter seseorang biasanya akan sejalan dengan perilakunya. Bila seseorang selalu melakukan aktivitas yg baik sperti sopan dalam berbicara, suka menolong, atau pun menghargai sesama, maka kemungkinan besar karakter orang tersebut juga baik, akan tetapi jika perilaku seseorang buruk sperti suka mencela, suka berbohong, suka berkata yg tak baik, maka kemungkinan besar karakter orang tersebut juga buruk.

Leave a Reply