cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan santan

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan santan – Masalah ketombe adalah hal begitu menyebalkan. Selain membuat gatal, ketombe yang tampak di rambut atau berjatuhan di baju membuat rasa percaya diri hilang. Faktor penyebab ketombe adalah jamur, kulit berminyak, keringat berlebih dan kulit kepala yang tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang digunakan misal shampoo dan minyak rambut. Pada umumnya ketombe dialami oleh semua orang karena sel kulit kepala akan terus melakukan regenerasi. Namun ketombe yang berlebih akan menyebabkan rambut gatal dan mengganggu penampilan.

Baca juga: cara menjaga kesehatan mata secara alami

Untuk menghilangkan ketombe, Anda dapat menggunakan shampoo, kondisioner ataupun produk perawatan rambut lain yang memang digunakan untuk menghilangkan ketombe. Selain itu Anda juga dapat melakukan perawatan sendiri dirumah dengan bahan-bahan alami. Jeruk nipis dapat digunakan untuk perawatan menghilangkan ketombe. Ambillah 1-2 buah jeruk nipis, lalu belah. Gosokkanlah jeruk nipis ke kulit kepala secara merata dan lakukanlah pemijatan. Jangan garuk kulit kepala karena dapat menyebabkan luka sehingga terasa pedih. Diamkanlah 20-30 menit lalu cuci dan bilaslah rambut hingga bersih.

Ramuan jeruk nipis, nanas dan santan juga dapat membantu Anda menghilangkan ketombe. Siapkan masing-masing 100 ml air perasasan jeruk nipis, air perasan nanas dan santan lalu campurkanlah ketiga bahan tersebut. Gunakan untuk membasuh rambut sambil sesekali dipijat secara merata pada kulit kepala. Lakukan cara ini 2 kali seminggu.

Baca juga: bagaimana cara mencegah penyakit jantung koroner

Bahan lain yang dapat digunakan adalah pandan. Siapkan 5-7 lembar daun pandan dan 100 ml air. Tumbuk halus daun pandan lalu campurlah dengan air. Aduklah hingga rata lalu saringlah. Oleskan air sari daun pandan ini ke kulit kepala secara merata lalu diamkanlah selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lidah buaya juga berkhasiat menghilangkan ketombe di kulit kepala. Ambillah sebatang lidah buaya lalu ambil dagingnya. Oleskan daging lidah buaya ke kepala lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian keramaslah hingga bersih.

Imbangilah perawatan dari luar tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanlah sayuran berdaun hijau karena dapat menyehatkan rambut, kulit dan kuku. Konsumsi juga minyak ikan karena dapat mengurangi ketombe Anda atau mencegahnya. Cobalah juga makan protein seperti telur, ikan, daging dan kacang-kacangan. Protein membantu membangun rambut dan kulit agar sehat.

Leave a Reply