Bersama Untan Membangun Negeri Indonesia

Bersama UNTAN membangun Negeri Indonesia tercinta ~ Jika kita baca lebih mendalam akan makna kata tersebut “Bersama UNTAN membangun negeri“, motto itu tidaklah terlalu muluk-muluk karena UNTAN (Universitas Tanjungpura) merupakan sebuah Universitas terbesar di Kalimantan Barat bahkan masuk ke jajaran universitas favorit di Indonesia. Letak UNTAN berada di lokasi yang cukup strategis yang bisa mempermudah orang yang berkunjung ke Kota Pontianak (ibukota Kalimantan Barat) baik itu wisatawan lokal maupun manca negara atau orang Kalimantan Barat pastinya mudah untuk menemukan lokasi dimana UNTAN (Universitas Tanjungpura) berada yang lokasinya berada di pusat Kota Pontianak dengan lebih mudah untuk mencarinya dengan menemukan Bundaran Digulis yang dulunya Bundaran Bambu Runcing.

Sejarah berdirinya Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak

Universitas Tanjungpura (UNTAN) didirikan sejak tanggal 20 Mei 1959 dengan menggunakan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Pendiri lembaga ini merupakan para tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat yang berasal dari Kalimantan Barat. Pada saat berdiri Universitas Daya Nasional (belum UNTAN) ini memiliki hanya dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan juga Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar saat itu adalah para sarjana dan sarjana muda yang berdomisisi di daerah Kalimantan Barat.

Pada tahun 1963 Universitas Daya Nasional ini akhinya berubah status dari swasta menjadi negeri dan berubah nama menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Penetapan status Universitas Negeri Pontianak ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai dengan dibukanya dua fakultas baru yakni Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama salah satu fakultas yaitu Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.

Pada tahun 1965, Universitas Negeri Pontianak diubah menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965, sekaligus dengan pembukaan satu fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Pada tahun 1967, Universitas Dwikora berganti menjadi Universitas Tanjungpura (Untan), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967.  Nama Universitas Tanjungpura atau disingkat UNTAN ini diambil dari nama Kerajaan Tanjungpura. Sampai saat ini Universitas Tanjungpura (UNTAN) memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Leave a Reply