Berbagai Manfaat Travelling Bagi Kesehatan

Saturday, June 15th, 2019 - Kesehatan
Advertisement

Whandi.Net ~ Liburan memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, benarkah itu bahwa ada manfaat travelling bagi kesehatan? Liburan atau travelling adalah waktu yang paling banyak ditunggu setiap orang, termasuk Anda bukan? Untuk liburan banyak hal yang bisa kita lakukan mulai dari liburan yang sederhana hingga liburan yang memakan biaya tinggi.

Berbagai Manfaat Travelling Bagi Kesehatan

Tahukah kamu? Ternyata Liburan sangat dianjurkan oleh para dokter karena memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesehatan. Berikut beberapa manfaat travelling / liburan bagi kesehatan:

Menambah Energi
Energi Anda akan terus terkuras ketika melakukan pekerjaan dalam periode waktu yang lama. Hal ini dapat mengakibatkan menurunnya produktivitas, mental, daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah dan bahkan anda akan rentan terkena stress. Hal itu dapat mempengaruhi kesehatan. Gejala-gejalanya termasuk perasaan lelah, tidak memiliki dorongan, tidak tertarik melakukan sesuatu, tidak antusias dan bahkan perasaan takut.

Anda mulai merasakan gejala-gejala diatas ? Maka segeralah luangkan waktu dan rencanakan perjalanan liburan anda, dengan energy yang sudah terisi penuh maka produktivitas anda dalam bekerja juga akan meningkat. Peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Tel Aviv. Mina Westman dan Dove Eden menemukan perasaan tertekan dalam 76 pegawai menurun signifikan selama liburan.

Menjaga Jantung Tetap Sehat
Dengan terkurasnya energi karena rutinitas akan membuat anda rentan terkena stress, seperti yang sudah diketahui bahwa stress adalah salah satu pemicu serangan jantung. Framingham Heart Study menemukan bahwa wanita yang melakukan liburan atau travelling hanya 1 kali dalam 6 tahun atau kurang berpotensi 8 kali terkena serangan jantung dibanding laki-laki.

Penelitian ini pun menyebutkan bahwa laki-laki berumur antara 20 – 50 tahun yang melewatkan liburan dalam waktu 5 tahun, 30% lebih rentan terkena serangan jantung dibandingkan dengan yang setidaknya melakukan liburan 7 kali dalam satu tahun. Jadi liburan dan menjauh dari rutinitas yang berhubungan dengan pekerjaan dapat mengurangi stress dan membantu jantung untuk tetap sehat bukan?

Meningkatkan Kreatifitas
Orang yang melakukan liburan dan rehat dari rutinitas pekerjaannya akan kembali dengan ide-ide yang lebih baik. Jadi berikan dirimu sendiri waktu untuk rehat dan istirahatkan pikiran dari semua beban yang ada dengan melakukan liburan dan travelling.

Ketika berlibur atau travelling anda akan bertemu dengan banyak orang baru, mendapatkan inspirasi, dan bahkan membuka semua kemungkinan baru.Nicholas Woodman, Founder GoPro pun menyetujui bahwa travelling dan bertemu dengan orang-orang baru dapat meningkatkan daya kreativitas.

Memperkuat Relationship
Dilaporkan dalam An experiment in leisure (Science Journal, 1968), W.J. Kaiser menganalisa respon dari 390 pegawai pabrik baja yang melakukan liburan selama 13 minggu. Ia menemukan liburan ternyata dapat memberikan keuntungan bagi kehidupan keluarga. Para pekerja dilaporkan lebih tertarik dan berbagi kegiatan dengan pasangan dan anak-anak mereka.

Liburan memberikan kesempatan untukmu dan orang yang kau sayangi untuk fokus dalam menghabiskan waktu bersama, menciptakan ingatan bersama yang indah dan menemukan ketertarikan yang baru.

Liburan dan travelling dapat membuatmu lebih termotivasi, memungkinkanmu untuk kembali bekerja dengan semangat baru, meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan meningkatkan produktifitas. Banyak orang berpikir makin banyak mereka bekerja maka mereka akan semakin produktif. Kamu bisa bekerja seharian, sepanjang waktu, sementara itu diakhir hanya melakukan sedikit kemajuan. Disisi lain, kamu bisa memilih untuk mengambil liburan atau travelling sesekali dan kembali dengan pikiran, semangat, ide yang segar dan membuat sebuah gebrakan baru!

Advertisement
Berbagai Manfaat Travelling Bagi Kesehatan | admin | 4.5