12 Tips Kesehatan Gigi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Posted on

Gigi berlubang adalah salah satu penyebab gigi anda tidak dikategorikan menjadi gigi yang sehat. Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat dan bebas dari namanya gigi berlubang, maka anda sebaiknya memperhatikan tips kesehatan gigi berikut ini, karena tips ini nantinya bisa anda jadikan referensi untuk mendapatkan gigi impian setiap orang, yaitu gigi yang sehat. Maka dari itu, simak informasi berikut ini.

12 Tips Kesehatan Gigi Agar Tetap Sehat dan Kuat
12 Tips Kesehatan Gigi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Tips kesehatan gigi yang pertama adalah menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Sebaiknya anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride supaya kuman-kuman penyebab penyakit gigi tersebut bisa dibasmi dengan tuntas. Waktu menyikat gigi yang tepat adalah setelah makan dan sebelum anda tidur. Tips kedua, usahakan seminggu sekali anda menggunakan obat kumur sehabis anda menyikat gigi supaya tidak timbul plak dan karang gigi yang bisa membuat gigi anda menjadi rusak.Tetapi, jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena bisa mematikan bakteri baik yang ada dalam mulut anda.

Tips kesehatan gigi yang ketiga, anda harus tahu cara menyikat gigi yang baik dan benar, yaitu menyikat gigi dengan menjangkau seluruh permukaan gigi, yaitu dari gusi ke arah gigi atau dengan meletakkan sikat gigi 45 derajat di atas gusi. Keempat, sebelum anda menyikat gigi, alangkah baiknya anda membersihkan sisa-sisa makanan yang ada dalam gigi dengan menggunakan benang gigi sehingga nantinya akan mempermudah anda ketika menggosok gigi. Dalam istilah kedokteran, kegiatan membersihkan gigi tersebut sering disebut dengan flossing. Kelima, anda sebaiknya mengganti sikat gigi anda 3 bulan sekali karena sikat gigi yang sudah lama digunakan tidak akan bisa membersihkan gigi secara sempurna. Hal itu disebabkan karena bulu sikatnya yang sudah tidak rapi sehingga tidak bisa menjangkau semua permukaan gigi.

Tips kesehatan gigi yang keenam adalah jangan sembarangan menggunakan pemutih gigi karena bisa merusak email pada gigi anda. Selanjutnya, jangan terlalu sering menggunakan tusuk gigi karena jika anda menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi, takutnya gusi anda bisa tertusuk karena luka tersebut bisa menjadi sarang bakteri yang dapat merusak gigi anda.Tips kedelapan, tak hanya gigi yang anda bersihkan. Anda juga sebaiknya membersihkan lidah karena lidah adalah tempat bersarangnya bakteri yang dapat membuat gigi anda sakit.

Tips kesehatan gigi yang kesembilan, untuk memperoleh gigi yang sehat maka anda harus pintar mengkonsumsi makanan. Pilihlah makanan yang tidak mudah melekat pada gigi supaya tidak meninggalkan bekas-bekas makanan yang dapat menimbulkan plak atau karang pada gigi. Konsumsilah buah dan sayur yang bisa membuat gigi anda sehat dan kurangi mengkonsumsi makanan yang manis, seperti permen karena dapat membuat gigi anda berlubang. Anda juga harus mengurangi konsumsi minuman yang mengandung zat pewarna berlebih, seperti anggur, kopi, dan the karena minuman-minuman tersebut dapat membuat gigi anda hitam dan bernoda.

Tips kesehatan gigi selanjutnya, bagi anda yang termasuk perokok berat, maka anda harus mengurangi porsi merokok anda. Kalau perlu anda bisa mulai belajar menghindari rokok dari sekarang karena nikotin yang terdapat pada tembakau bisa membuat gigi anda hitam dan keropos dari waktu ke waktu. Terakhir, jangan takut untuk berkonsultasi ke dokter gigi tentang keadaan gigi anda. Usahakan anda memeriksa gigi anda secara rutin setiap 6 bulan sekali supaya gigi anda sehat dan kuat. Jika, terdapat plak atau karang, maka bisa cepat dibersihkan sehingga gigi anda bebas dari yang namanya gigi berlubang. Setelah mengetahui tips menjaga gigi agar tetap sehat, maka anda bisa langsung mempraktekannya sekarang juga karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Selamat mempraktekkan.

Leave a Reply